kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%
AKTUAL /

8 Manfaat Buah Cempedak Untuk Kesehatan, Simak Ya!


Rabu, 22 November 2023 / 13:29 WIB
8 Manfaat Buah Cempedak Untuk Kesehatan, Simak Ya!

Penulis: Ryan Suherlan

Manfaat Buah Cempedak - Manfaat buah cempedak untuk kesehatan tubuh penting untuk diketahui dan cukup menarik perhatian. Selain itu, manfaat buah cempedak juga telah teruji khasiatnya.

Buah cempedak (Artocarpus integer) adalah buah tropis yang tumbuh di wilayah Asia Tenggara, termasuk Indonesia, Malaysia, dan Thailand. 

Selain rasanya yang lezat, cempedak juga kaya akan nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Baca Juga: Jadwal Piala Dunia U-17 2023 Babak 16 Besar, Daftar Squad Jerman vs Amerika Serikat

Merangkum dari Medindia, berikut beberapa manfaat buah cempedak untuk kesehatan:

1. Kaya akan Nutrisi Penting

Buah cempedak mengandung berbagai nutrisi penting, termasuk vitamin C, vitamin A, vitamin B6, riboflavin, niacin, asam pantotenat, asam folat, dan vitamin K. Selain itu, cempedak juga mengandung mineral seperti kalium, magnesium, fosfor, dan zat besi.

Baca Juga: 6 Rekomendasi Tempat Wisata di Bandung yang Murah dan Menarik Perhatian

2. Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh

Kandungan vitamin C dalam cempedak berperan penting dalam memperkuat sistem kekebalan tubuh. Vitamin C merupakan antioksidan yang membantu melawan radikal bebas, meningkatkan produksi sel darah putih, dan mempercepat proses penyembuhan.

3. Mendukung Kesehatan Mata

Kandungan vitamin A dalam cempedak memberikan manfaat untuk kesehatan mata. Vitamin A diperlukan untuk menjaga kesehatan retina dan mempertahankan penglihatan yang baik, serta melindungi mata dari risiko penyakit mata degeneratif.

Baca Juga: Catat 7 Manfaat Selada Air Untuk Kesehatan, Banyak Khasiatnya Loh!

4. Menyehatkan Kulit

Vitamin C dan antioksidan dalam cempedak membantu menjaga kelembaban kulit dan melawan tanda-tanda penuaan dini. Konsumsi cempedak secara teratur dapat memberikan nutrisi pada kulit dan membantu mengatasi masalah kulit seperti jerawat.

5. Mengatur Tekanan Darah

Kalium dalam cempedak berperan dalam mengatur tekanan darah. Konsumsi makanan kaya kalium dapat membantu mengurangi risiko hipertensi dan penyakit jantung.

Baca Juga: Kenali 7 Manfaat Manggis Untuk Kesehatan yang Luar Biasa

6. Meningkatkan Kesehatan Pencernaan

Cempedak mengandung serat yang penting untuk kesehatan pencernaan. Serat membantu memperbaiki fungsi usus, mencegah sembelit, dan mengurangi risiko penyakit usus besar.

7. Menyediakan Energi

Cempedak adalah sumber karbohidrat yang baik, menyediakan energi yang dibutuhkan tubuh untuk beraktivitas sehari-hari. Karbohidrat kompleks dalam cempedak juga membantu menjaga kadar gula darah tetap stabil.

Baca Juga: 7 Manfaat Buah Kedondong Untuk Kesehatan yang Tersembunyi, Apa Saja?

8. Mendukung Pertumbuhan Sel dan Jaringan

Kandungan vitamin B6 dalam cempedak berperan dalam sintesis protein dan pertumbuhan sel dan jaringan tubuh. Ini penting untuk perkembangan sel-sel baru dan pemeliharaan jaringan tubuh.

Meskipun buah cempedak memiliki banyak manfaat kesehatan, seperti halnya dengan makanan lainnya, konsumsilah dengan porsi yang seimbang sebagai bagian dari pola makan yang sehat dan bergizi. Selalu konsultasikan dengan profesional kesehatan jika Anda memiliki kondisi kesehatan tertentu atau alergi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU

×