kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45910,20   20,40   2.29%
  • EMAS1.333.000 0,45%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%
AKTUAL /

8 Manfaat Jambu Mede Untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui


Jumat, 17 November 2023 / 13:19 WIB
8 Manfaat Jambu Mede Untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui
ILUSTRASI. Manfaat jambu mede untuk kesehatan.

Penulis: Ryan Suherlan

Manfaat Jambu Mede - Ada beberapa manfaat jambu mede untuk kesehatan tubuh yang jarang diketahui. Padahal, jambu mede menyimpan banyak manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh. 

Jambu mede, atau yang juga dikenal dengan sebutan jambu mete, bukan hanya enak dijadikan camilan, tetapi juga memiliki sejumlah manfaat kesehatan yang luar biasa. 

Jambu mede ini  juga mengandung berbagai nutrisi penting yang dapat memberikan kontribusi positif untuk kesehatan tubuh.

Baca Juga: Jadwal Piala Dunia U-17 2023, Daftar Skuad Laga Inggris vs Brasil

Merangkum dari Healthline, berikut bebebrapa manfaat jambu mede:

1. Sumber Nutrisi Tinggi

Jambu mede mengandung sejumlah nutrisi penting, termasuk vitamin C, vitamin E, vitamin K, vitamin B6, riboflavin, folat, magnesium, fosfor, potassium, zinc, dan selenium. Kandungan nutrisi ini dapat membantu menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Baca Juga: 8 Manfaat Mentimun Untuk Kesehatan Tubuh, Kenali Yuk!

2. Menjaga Kesehatan Jantung

Kandungan magnesium dalam jambu mede dapat membantu menjaga kesehatan jantung. Magnesium membantu mengatur tekanan darah dan mengurangi risiko penyakit jantung koroner. Selain itu, asam oleat dalam jambu mede dapat membantu meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) dan menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL).

3. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Vitamin C, vitamin E, dan selenium dalam jambu mede memiliki peran penting dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Nutrisi-nutrisi ini dapat membantu melawan radikal bebas dan infeksi, sehingga tubuh lebih tahan terhadap penyakit.

Baca Juga: 9 Manfaat Daun Pepaya untuk Kesehatan Tubuh yang Penting Diketahui

4. Mendukung Kesehatan Mata

Kandungan vitamin A dalam jambu mede penting untuk menjaga kesehatan mata. Vitamin A berperan dalam memelihara kornea mata, memastikan penglihatan yang baik, dan mengurangi risiko terjadinya masalah mata, seperti degenerasi makula.

5. Membantu Pencernaan

Serat dalam jambu mede dapat membantu meningkatkan proses pencernaan. Serat membantu melancarkan pergerakan usus, mencegah sembelit, dan mendukung kesehatan saluran pencernaan secara keseluruhan.

Baca Juga: Ini 10 Manfaat Daun Kencur untuk Kesehatan yang Luar Biasa

6. Menyediakan Energi

Kandungan karbohidrat dan protein dalam jambu mede membuatnya menjadi sumber energi yang baik. Makan jambu mede dapat memberikan dorongan energi yang dibutuhkan oleh tubuh, sehingga baik untuk dikonsumsi sebagai camilan sehat.

7. Menjaga Kesehatan Kulit

Vitamin C dan vitamin E dalam jambu mede memiliki sifat antioksidan yang dapat membantu melawan tanda penuaan dini dan menjaga kesehatan kulit. Keduanya berperan dalam merangsang produksi kolagen, yang membuat kulit tetap kencang dan elastis.

Baca Juga: 5 Manfaat Buah Melon untuk Kesehatan yang Tidak Terduga, Catat Ya!

8. Mengontrol Diabetes

Meskipun kaya karbohidrat, jambu mede memiliki indeks glikemik rendah, yang dapat membantu mengontrol kadar gula darah. Serat dalam jambu mede juga membantu mengatur penyerapan gula darah.

Meskipun jambu mede memiliki sejumlah manfaat kesehatan, tetaplah penting untuk mengonsumsinya secara moderat sebagai bagian dari pola makan seimbang. Jangan ragu untuk menambahkan buah ini ke dalam menu harian Anda untuk mendukung kesehatan tubuh secara menyeluruh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

×