kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45886,18   -14,64   -1.62%
  • EMAS1.338.000 0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%
AKTUAL /

8 Manfaat Toge Untuk Kesehatan, Ternyata Punya Banyak Khasiatnya!


Selasa, 21 November 2023 / 13:19 WIB
8 Manfaat Toge Untuk Kesehatan, Ternyata Punya Banyak Khasiatnya!
ILUSTRASI. Toge

Penulis: Ryan Suherlan

Manfaat Toge Untuk Kesehatan - Manfaat toge untuk kesehatan tubuh nampaknya tidak asing dan menarik diketahui. Tidak hanya itu, manfaat toge untuk kesehatan juga telah teruji secara klinis.

Toge, atau tauge, adalah tunas kecil dari kacang-kacangan, khususnya kacang hijau atau kacang kedelai, yang tumbuh setelah direndam dalam air. 

Meskipun mungkin sering dianggap hanya sebagai bahan pelengkap dalam hidangan, toge memiliki sejumlah manfaat kesehatan yang luar biasa.

Baca Juga: Jadwal Piala Dunia U-17 2023 Babak 16 Besar, Daftar Squad Jerman vs Amerika Serikat

Merangkum dari WebMD, berikut beberapa manfaat toge untuk kesehatan tubuh:

1. Kaya Nutrisi

Toge mengandung berbagai nutrisi esensial seperti vitamin C, vitamin A, vitamin K, vitamin B kompleks, dan mineral seperti zat besi, kalsium, magnesium, dan fosfor. Nutrisi ini penting untuk menjaga keseimbangan tubuh dan mendukung fungsi-fungsi vital.

Baca Juga: 6 Rekomendasi Tempat Wisata di Bandung yang Murah dan Menarik Perhatian

2. Serat Tinggi

Toge mengandung serat tinggi yang mendukung sistem pencernaan. Serat membantu mencegah sembelit, menjaga kesehatan usus, dan mengontrol kadar gula darah. Konsumsi yang cukup serat juga dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung dan penyakit usus.

3. Sumber Antioksidan

Toge mengandung antioksidan seperti flavonoid dan karotenoid yang melawan radikal bebas dalam tubuh. Antioksidan dapat membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan dan mengurangi risiko penyakit kronis, termasuk kanker.

Baca Juga: Catat 7 Manfaat Selada Air Untuk Kesehatan, Banyak Khasiatnya Loh!

4. Mendukung Kesehatan Mata

Kandungan vitamin A dalam toge mendukung kesehatan mata. Vitamin A penting untuk menjaga kesehatan retina dan dapat membantu mencegah masalah penglihatan seperti rabun malam.

5. Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

Toge dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung karena mengandung senyawa seperti folat dan kalium yang berperan dalam menjaga tekanan darah normal. Serat dalam toge juga dapat membantu mengurangi kadar kolesterol dalam darah.

Baca Juga: 7 Manfaat Buah Kedondong Untuk Kesehatan yang Tersembunyi, Apa Saja?

6. Mendukung Kesehatan Tulang

Toge mengandung kalsium, magnesium, dan fosfor yang penting untuk kesehatan tulang. Kalsium mendukung pembentukan dan pemeliharaan tulang, sedangkan magnesium dan fosfor berperan dalam penyerapan kalsium.

7. Menurunkan Risiko Diabetes

Kandungan serat tinggi dalam toge dapat membantu mengontrol kadar gula darah, sehingga dapat membantu menurunkan risiko diabetes tipe 2. Serat juga membantu menjaga berat badan yang sehat, faktor penting dalam pencegahan diabetes.

Baca Juga: 7 Manfaat Kacang Polong untuk Kesehatan yang Teruji Khasiatnya, Simak Ini!

8. Menyokong Sistem Kekebalan Tubuh

Vitamin C dalam toge memiliki peran penting dalam mendukung sistem kekebalan tubuh. Konsumsi vitamin C yang cukup dapat membantu melawan infeksi dan mempercepat proses penyembuhan.

Toge bukan hanya sekadar bahan pelengkap dalam hidangan, tetapi juga merupakan sumber nutrisi penting yang dapat memberikan sejumlah manfaat kesehatan. Dengan mengonsumsi toge secara teratur, kita dapat mendukung kesehatan tubuh, menjaga fungsi-fungsi vital, dan mengurangi risiko berbagai penyakit kronis. Oleh karena itu, sebaiknya pertimbangkan untuk menyertakan toge dalam menu makanan sehari-hari Anda untuk mendapatkan manfaat maksimal bagi kesehatan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

×