kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45906,64   6,79   0.75%
  • EMAS1.395.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.17%
  • RD.CAMPURAN 0.09%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.03%
AKTUAL /

Apa itu Clean Eating dalam Diet? Ini Pengertian, Prinsip, Manfaat, dan Menunya


Rabu, 24 Januari 2024 / 11:17 WIB
Apa itu Clean Eating dalam Diet? Ini Pengertian, Prinsip, Manfaat, dan Menunya
ILUSTRASI. Makanan sehat

Penulis: Bimo Kresnomurti

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Ikuti panduan pola makan clean eating yang menyehatkan tubuh. Salah satu istilah populer dalam dunia kesehatan ini bisa dicoba bagi Anda yang ingin mengatur pola makan sehat.

"Clean eating" adalah pendekatan terhadap pemilihan makanan yang berfokus pada konsumsi makanan alami, utuh, dan tidak atau minim diolah.

Prinsip utama dari clean eating adalah menghindari makanan olahan, bahan tambahan kimia, serta menekankan pada makanan segar dan nutrisi yang seimbang.

Meskipun tidak ada pengertian jelas clean eating dalam penerapan pola hidup sehat, ada beberapa prinsip yang dipakai.

Baca Juga: Pahami 7 Penyebab Perut Perih Setelah Makan, Waspadai Gangguan Pencernaan

Prinsip Clean Eating

Makanan sehat

Dalam menerapkannya, Anda perlu memprioritaskan makanan utuh, seperti buah-buahan, sayuran, biji-bijian utuh, kacang-kacangan, dan daging tanpa hormon atau antibiotik.

Selain itu, Anda pelru menghindari makanan yang diolah secara berlebihan, termasuk makanan yang mengandung pemanis buatan, pewarna, pengawet, dan bahan tambahan lainnya.

Pilih sumber protein berkualitas, karbohidrat kompleks, dan konsumsi lemak sehat. Selain itu, pastikan asupan serat yang cukup melalui konsumsi buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian utuh untuk mendukung pencernaan yang sehat.

Anda perlu membatasi konsumsi gula tambahan dan garam, dan berupaya untuk mendapatkan rasa makanan dari bahan alami daripada bahan tambahan.

Minum air dalam jumlah yang cukup dan menghindari minuman bersoda atau minuman berenergi yang tinggi gula.

Anda perlu memperhatikan ukuran porsi dan mendengarkan sinyal lapar dan kenyang dari tubuh.

Baca Juga: Kenali 8 Bahaya Konsumsi Mie Instan Berlebihan bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat clean eating

Clean eating memiliki potensi untuk memberikan berbagai manfaat kesehatan dibandingkan dengan pola makan yang kurang terkontrol atau asal-asalan. Ketahui manfaat clean eating saat dilakukan dengan pola makan yang teratur, dirangkum dari Clean Eating Kitchen.

  1. Peningkatan Asupan Nutrisi: Dengan memprioritaskan makanan alami dan utuh, clean eating dapat membantu meningkatkan asupan nutrisi. Makanan segar dan minim diolah cenderung kaya akan vitamin, mineral, serat, dan nutrisi esensial lainnya.
  2. Manajemen Berat Badan: clean eating seringkali melibatkan konsumsi makanan yang lebih rendah kalori dan lemak jenuh, dan tinggi serat, yang dapat mendukung manajemen berat badan yang sehat.
  3. Peningkatan Energi dan Kesehatan Umum: Makanan alami yang sehat dapat memberikan energi yang lebih stabil dan kesehatan yang lebih baik secara umum. Hindari makanan olahan dan tinggi gula dapat membantu mengurangi fluktuasi gula darah dan meningkatkan tingkat energi.
  4. Dukungan Pencernaan yang Sehat: Makanan tinggi serat, seperti buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian utuh, dapat mendukung fungsi pencernaan yang sehat dan mencegah masalah pencernaan seperti sembelit.
  5. Penurunan Risiko Penyakit Kronis: Pola makan clean eating yang kaya akan nutrisi dapat membantu mengurangi risiko penyakit kronis seperti penyakit jantung, diabetes tipe 2, dan obesitas.
  6. Peningkatan Kualitas Kulit: Nutrisi yang cukup dan hidrasi yang baik dari clean eating dapat berkontribusi pada peningkatan kesehatan kulit.
  7. Peningkatan Fokus dan Produktivitas: Makanan yang sehat dapat memainkan peran dalam meningkatkan fungsi otak, konsentrasi, dan produktivitas. Hindari gula tambahan dan makanan olahan dapat membantu mengurangi fluktuasi energi yang dapat mempengaruhi fokus.
  8. Dukungan Sistem Kekebalan Tubuh: Nutrisi yang baik dari clean eating dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh, membantu melindungi tubuh dari infeksi dan penyakit.

Nah, setelah Anda mengenal beberapa manfaat dari clean eating, Anda bisa mencoba dengan memilah makanan yang bisa dikonsumsi secara teratur.

Makanan untuk clean eating adalah makanan alami, utuh, dan minim diolah. Berikut adalah beberapa contoh makanan yang sering dimasukkan dalam pola makan clean eating dilansir dari laman Healthline.

1. Sayuran Segar

Anda bisa konsumsi brokoli, bayam, wortel, kubis, kacang hijau, tomat, paprika, dan sayuran lainnya yang tidak diolah secara berlebihan.

2. Buah-buahan

Nah, camilan sehat dalam menu clean eating salah satunya adalah buah. Anda bisa mecoba Apel, pisang, stroberi, blueberry, anggur, jeruk, dan buah-buahan lainnya yang segar dan tidak ditambahkan gula.

3. Biji-bijian Utuh

Kebutuhan karbohidrat dan serat dapat didapat dari biji-bijian utuh. Pilih Quinoa, beras merah, gandum utuh, oatmeal, dan biji-bijian lainnya yang tidak diolah.

4. Protein Tanpa Hormon atau Antibiotik

Daging tanpa lemak, ikan, telur, tahu, tempe, kacang-kacangan, dan produk sumber protein lainnya yang berasal dari sumber yang bermutu tinggi.

Makanan kaya nutrisi

5. Minyak Sehat

Minyak Zaitun kaya akan lemak tidak jenuh tunggal, minyak zaitun telah terkait dengan manfaat kesehatan jantung dan antiinflamasi. Penggunaannya dalam sajian dingin atau dipanaskan pada suhu rendah adalah cara yang baik untuk menjaga kualitasnya.

6. Kacang-kacangan

Anda bisa memilih kacang Almond yang engandung protein, serat, lemak sehat, serta vitamin dan mineral seperti magnesium dan vitamin E. Ada juga opsi Chia Seeds dengan serat, omega-3, protein, dan memiliki kemampuan menyerap air, memberikan rasa kenyang lebih lama.

7. Produk Susu Pilihan

Alternatif susu yang rendah kalori dan rendah lemak. Biasanya diperkaya dengan kalsium dan vitamin D adalah Susu almond. Ada juga konsumsi Yogurt Yunani Rendah Lemak beserta tinggi protein, rendah gula, dan dapat membantu menjaga kesehatan pencernaan karena mengandung bakteri baik.

8. Rempah-rempah

Beberapa rempah memiliki sifat antimikroba dan antiinflamasi, bawang putih dapat meningkatkan rasa pada makanan tanpa tambahan garam. Jahe juga memiliki sifat antiinflamasi dan dapat membantu meredakan mual serta meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

8. Ikan Berlemak

Ikan Salmon memiliki tinggi asam lemak omega-3 yang mendukung kesehatan jantung dan otak. Nah, ikan Sarden juga menjadi alternatif vitamin D, kalsium, dan omega-3. Pastikan Anda memasaknya dengan cara yang sehat.

9. Oatmeal dan Gandum Utuh

Oatmeal yang kaya serat larut yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dan menjaga kadar gula darah stabil. Pola clean eating ini dapat membantu menjaga kesehatan pencernaan dan memberikan energi secara bertahap.

Demikian penjelasan terkait clean eating beserta informasi terkait manfaat dan menu makanan yang bisa dicoba.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU

×