kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45872,59   17,81   2.08%
  • EMAS1.371.000 1,18%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%
AKTUAL /

Apa Kunci untuk Hidup Bahagia Menurut Warren Buffett? Jawabannya Bukan Uang


Jumat, 29 Maret 2024 / 10:42 WIB
Apa Kunci untuk Hidup Bahagia Menurut Warren Buffett? Jawabannya Bukan Uang
ILUSTRASI. Apa konsep bahagia menurut investor miliarder Warren Buffett? Sumber foto : thestreet.com

Reporter: Barratut Taqiyyah Rafie | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

PETUAH WARREN BUFFETT - Semua orang ingin hidup bahagia. Tapi, apa konsep bahagia menurut investor miliarder Warren Buffett? Apakah punya uang yang banyak? 

Melansir Business Insider, dalam kuliah tahun 1998 kepada mahasiswa MBA Universitas Florida, tokoh bisnis Warren Buffett, CEO Berkshire Hathaway, mengajukan sejumlah pertanyaan tentang investasi dan penilaian sebelum seorang siswa melontarkan pertanyaan, "Apa yang akan Anda lakukan untuk menjalani kehidupan yang lebih bahagia jika Anda bisa hidup lagi?"

Lantas, apa jawaban Warren Buffett? 

"Cara melakukannya adalah dengan memainkan permainan dan melakukan sesuatu yang Anda sukai sepanjang hidup Anda dan berhubungan dengan orang yang Anda sukai. Saya bekerja hanya dengan orang yang saya sukai."

"Jika saya bisa menghasilkan $100 juta dolar dengan seorang pria yang menyebabkan perut saya mual, saya akan mengatakan tidak karena dengan cara yang sangat mirip menikah demi uang - yang mungkin bukan ide yang sangat baik dalam keadaan apapun, tetapi jika Anda sudah kaya, gila."

Meskipun mudah-mudahan Anda belum (atau tidak akan) menikah demi uang, ada kemungkinan besar Anda melakukan hal serupa di tempat kerja. Apakah itu mempertahankan klien yang tidak Anda sukai atau bekerja untuk bos yang merupakan manusia yang buruk, orang cenderung membayangkan bahwa mereka tidak punya pilihan selain bertahan dengan individu yang tidak mereka sukai.

Baca Juga: Warren Buffett Punya 2 Metodologi dalam Menyimpan Dana di Saham, Menarik Disimak

Tidak ada yang lebih jauh dari kebenaran - faktanya, tetap berada di sekitar orang-orang itu bisa jadi menghambat Anda. 

Dalam pembicaraan tahun 2017 dengan Bill Gates di Universitas Columbia, Buffett menjelaskan bahwa "Anda akan lebih condong bergerak ke arah orang-orang yang bergaul dengan Anda. Jadi, penting untuk bergaul dengan orang-orang yang lebih baik dari diri Anda sendiri."

Semua orang pernah mendengar pepatah terkenal yang mengklaim bahwa Anda adalah rata-rata dari lima orang yang paling sering menghabiskan waktu bersama Anda, dan penelitian lebih lanjut semakin menarik hubungan antara hubungan kita dan kesehatan kita. Satu studi Harvard secara khusus bahkan mengatakan bahwa tidak memiliki teman dekat sama buruknya dengan merokok bagi kesehatan Anda.

Jelas, jika Anda masih bertahan dengan orang yang tidak Anda sukai hanya untuk gaji, inilah saatnya untuk melakukan perubahan.

Baca Juga: 3 Kata-Kata Bijak Investasi ala Warren Buffett yang Menarik untuk Disimak

Tidak perlu 'keberuntungan' untuk bahagia

Melansir CNBC, Buffett mengakui bahwa tidak semua orang seberuntung dirinya karena itu semua tergantung pada sistem di mana seseorang dilahirkan.

″ [Bill] Gates mengatakan bahwa jika saya dilahirkan tiga juta tahun yang lalu, saya akan menjadi santapan hewan. Dia berkata, 'Kamu tidak bisa berlari sangat cepat, kamu tidak bisa memanjat pohon, kamu tidak bisa melakukan apapun. Anda baru saja dikunyah pada hari pertama,'” kata Buffett.

Dia menutup kuliahnya dengan mendorong semua orang untuk berpikir tentang kebahagiaan dari sudut pandang yang lebih praktis.

Buffett bilang, tidak seorang pun dari kita dapat menjalani hidup lagi, tetapi kita dapat meningkatkan kebahagiaan kita secara keseluruhan dengan memilih untuk melakukan perubahan dalam karier, tujuan, keuangan, kesehatan, dan hubungan kita. 

Baca Juga: Kaum Muda yang Ingin Kaya, Simak Petuah Menarik Warren Buffett Ini

“Cara melakukannya adalah dengan memainkan permainan dan melakukan sesuatu yang Anda nikmati sepanjang hidup Anda,” katanya. 

Dia melanjutkan: “Saya mendorong Anda untuk bekerja dalam pekerjaan yang Anda sukai. Anda gila jika terus mengambil pekerjaan yang tidak Anda sukai karena menurut Anda itu akan terlihat bagus di resume Anda."

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



Terpopuler
Kontan Academy
Supply Chain Management on Efficient Transportation Modeling (SCMETM) Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

×