kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45886,18   -14,64   -1.62%
  • EMAS1.338.000 0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%
AKTUAL /

Berapa Kadar Normal Asam Urat? Ini Cara Menurunkan Asam Urat Tinggi Secara Alami


Selasa, 26 Maret 2024 / 14:33 WIB
Berapa Kadar Normal Asam Urat? Ini Cara Menurunkan Asam Urat Tinggi Secara Alami
ILUSTRASI. Kadar normal asam urat.

Penulis: Ryan Suherlan

Kadar Normal Asam Urat - Tak sedikit orang kerap luput memerhatika kadar normal asam urat. Padahal, hal tersebut penting untuk diketahui karena kadar asam urat tinggi bisa membahayakan kesehatan.

Kadar Normal Asam Urat

Kadar normal asam urat dalam darah bervariasi berdasarkan jenis kelamin dan usia. Secara umum, berikut adalah rentang kadar normal asam urat dalam mikrogram per desiliter (μg/dL):

- Untuk pria: 3,4 - 7,0 μg/dL
- Untuk wanita: 2,4 - 6,0 μg/dL

Namun, perlu diingat bahwa setiap laboratorium mungkin memiliki rentang referensi yang sedikit berbeda. Jika kadar asam urat Anda berada di luar rentang normal, itu bisa menjadi tanda adanya masalah kesehatan, seperti penyakit asam urat atau risiko tinggi untuknya.

Baca Juga: Apa Manfaat Bawang Putih Untuk Kesehatan? Ada 8 Hal Menarik

Selain itu, banyak cara menurunkan asam urat tinggi secara alami yang bisa dan mudah dilakukan. Selain itu, cara menurunkan asam urat tinggi juga bisa memberikan manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Asam urat adalah zat sisa yang dihasilkan oleh tubuh ketika purin, senyawa yang terdapat dalam makanan tertentu, dipecah. Ketika kadar asam urat dalam tubuh meningkat, hal ini dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan, seperti nyeri sendi, pembengkakan, dan bahkan batu ginjal. 

Mengelola asam urat tinggi secara alami adalah pilihan yang bijak untuk mengurangi risiko efek samping obat-obatan. 

Merangkum dari Medical News Today, berikut beberapa cara menurunkan asam urat tinggi secara alami di antaranya:

1. Diet Sehat

Diet memainkan peran penting dalam mengontrol asam urat. Hindari makanan yang kaya purin, seperti daging merah, hati, dan makanan laut, termasuk ikan sarden dan ikan teri. Sebaliknya, konsumsi makanan yang rendah purin, seperti buah-buahan, sayuran, biji-bijian, dan produk susu rendah lemak. Beberapa makanan yang dapat membantu mengurangi asam urat adalah cherry, apel, dan delima. Minum banyak air juga sangat penting untuk membantu menghilangkan asam urat dari tubuh.

Baca Juga: Kenali Manfaat Labu Kuning Untuk Kesehatan Jika Diolah Dengan Benar

2. Kontrol Berat Badan

Orang yang mengalami obesitas lebih rentan terhadap asam urat tinggi. Kegemukan dapat meningkatkan produksi asam urat dalam tubuh. Dengan menurunkan berat badan melalui diet sehat dan olahraga teratur, Anda dapat mengurangi risiko asam urat tinggi.

3. Olahraga Teratur

Aktivitas fisik yang teratur dapat membantu mengontrol asam urat dan mencegah serangan. Berolahraga membantu meningkatkan sirkulasi darah, mengurangi berat badan, dan meningkatkan kesehatan sendi. Pilihan olahraga yang baik meliputi berjalan kaki, bersepeda, dan berenang. Namun, hindari aktivitas yang terlalu intens yang dapat memicu serangan asam urat.

4. Minum Teh Hijau

Teh hijau mengandung senyawa yang disebut epigallocatechin gallate (EGCG), yang telah terbukti memiliki efek mengurangi asam urat dalam tubuh. Minum teh hijau secara teratur dapat membantu mengontrol kadar asam urat dan memberikan manfaat kesehatan lainnya.

Baca Juga: Manfaat Daun Binahong untuk Kesehatan, Catat 8 Hal Penting Ini

5. Hindari Alkohol dan Makanan Cepat Saji

Alkohol dan makanan cepat saji dapat meningkatkan risiko asam urat tinggi. Alkohol dapat menghambat pengeluaran asam urat dari tubuh, sementara makanan cepat saji seringkali mengandung purin tinggi. Hindari atau batasi konsumsi alkohol dan makanan cepat saji untuk menjaga kadar asam urat tetap dalam batas normal.

6. Minum Air Lemon

Air lemon adalah minuman yang baik untuk membantu mengontrol asam urat. Lemon mengandung vitamin C, yang dapat membantu mengurangi kadar asam urat dalam tubuh. Anda dapat mencampur air perasan lemon dengan air hangat dan minumnya setiap pagi.

Mengatasi asam urat tinggi secara alami adalah pendekatan yang bijak dan sehat. Dengan mengadopsi gaya hidup sehat, termasuk diet yang tepat, olahraga teratur, dan menghindari faktor risiko seperti alkohol dan makanan cepat saji, Anda dapat mengurangi risiko serangan asam urat dan menjaga kesehatan sendi Anda.

Selalu konsultasikan dengan dokter Anda sebelum memulai perubahan signifikan dalam pola makan atau rutinitas olahraga, terutama jika Anda memiliki riwayat medis yang terkait dengan asam urat tinggi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

×