kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%
AKTUAL /

Berapa Lama Masa Nifas Setelah Melahirkan dan Bagaimana Tanda Berakhirnya Masa Nifas?


Rabu, 21 Februari 2024 / 16:14 WIB
Berapa Lama Masa Nifas Setelah Melahirkan dan Bagaimana Tanda Berakhirnya Masa Nifas?
ILUSTRASI. Berapa Lama Masa Nifas Setelah Melahirkan dan Seperti Apa Tanda Berakhirnya Masa Nifas?

Penulis: Virdita Ratriani

Masa Nifas  - Masa nifas adalah periode pemulihan paska persalinan hingga seluruh organ reproduksi wanita pulih kembali. Masa nifas berapa lama juga menjadi salah satu hal yang sering ditanyakan oleh banyak ibu yang baru melahirkan. 

Selain itu, masih ada pertanyaan seputar tanda berakhirnya masa nifas. 

Pada periode masa nifas adalah periode di mana rahim membuang darah dan sisa-sisa jaringan ekstra setelah bayi dilahirkan selama masa persalinan. 

Lalu, masa nifas berapa lama dan seperti apa tanda berakhirnya masa nifas?

Baca Juga: Rasa Ingin Menyakiti, Kenali Gejala Depresi Pasca Melahirkan dan Tangani Segera

Masa nifas berapa lama?

Pada masa nifas terjadi pengeluaran darah kotor atau lokia dari kemaluan wanita. Proses keluarnya darah selama masa nifas adalah hal yang normal.

Hal ini karena nifas merupakan mekanisme alami tubuh membersihkan rahim dari sisa darah dan plasenta yang terbentuk selama masa kehamilan. Lama masa nifas pada setiap wanita berbeda-beda.  

Dikutip dari About Kids Health, masa nifas normal umumnya berkisar selama enam minggu atau 40 hari sejak setelah melahirkan. Waktu nifas juga merupakan masa penyesuaian bagi ibu melahirkan.

Selama enam minggu pasca-melahirkan, saluran reproduksi secara perlahan akan kembali pada bentuk seperti sebelum hamil. 

Baca Juga: Kenali Moms, Ini 5 Jenis Warna Darah Menstruasi dan Artinya yang Perlu Anda Tahu

Dikutip dari laman Kementerian Kesehatan, berikut adalah periode lokia:

1. 24 jam pertama pasca-melahirkan

Pada 24 jam pertama pasca-melahirkan bayi, perdarahan paling berat akan terjadi dengan berwarna merah cerah. Anda juga akan mendapati beberapa gumpalan darah kecil hingga sebesar buah tomat. Hal ini masih tergolong normal.

2. Minggu pertama

Hari ke 2-6, darah nifas akan berwarna cokelat gelap hingga merah muda, dan memiliki konsistensi yang lebih encer. Anda juga mungkin akan merasakan nyeri di vagina jika persalinan berlangsung spontan.

3. Minggu kedua

Hari ke 7-10, darah nifas akan berwarna merah muda hingga cokelat muda. Perdarahan juga lebih ringan dari enam hari sebelumnya. Pada hari ke 11- 14 warna darah akan lebih terang dan lebih sedikit.

4. Minggu ketiga hingga keempat

Dalam 3-4 minggu masa nifas, warna darah yang keluar biasanya berwarna krem dengan sedikit garis cokelat atau merah muda. Bagi sebagian orang, masa nifas dapat selesai pada minggu ini.

5. Minggu kelima hingga minggu keenam

Dalam 5-6 minggu mengakhiri nifas, perdarahan biasanya sudah berhenti. Namun terkadang masih terdapat bercak- bercak darah warna cokelat merah dan kuning.

Baca Juga: Apa Itu Bidan? Ini Sejarah Hari Bidan Nasional 24 Juni 2023 dan Tujuannya

Tanda berakhirnya masa nifas

Tanda berakhirnya masa nifas sebenarnya mirip dengan berakhirnya haid. Memasuki akhir masa nifas, jumlah darah nifas mulai sedikit. 

Kemudian, berubah menjadi bercak, warna merah mulai pudar, hingga terakhir benar-benar berhenti. Nah, hal itu menjadi tanda berakhirnya masa nifas. 

Perubahan pada tubuh setelah melahirkan

Selain itu, dalam beberapa jam dan hari, tubuh perempuan akan mengalami banyak perubahan signifikan, baik fisik maupun secara emosional. 

Payudara akan mulai membesar selama masa kehamilan, dan mulai diisi dengan cairan bening yang disebut kolostrum selama beberapa hari pertama sejak melahirkan. 

Pada awalnya, saat payudara mulai terisi dengan kolostrum dan kemudian ASI, payudara akan terasa besar, kencang, dan nyeri. Ini biasa disebut dengan pembengkakan payudara dan akan hilang dalam beberapa hari. 

Baca Juga: Apa Itu Stunting Pada Anak? Cermati Dampak dan Cara Mencegah Stunting Ini

Beberapa perempuan bisa saja mengalami masalah fisik setelah melahirkan. Ini mungkin termasuk infeksi, kesulitan buang air kecil, sembelit, wasir, atau kondisi lainnya. 

Perawatan yang cepat dan tepat dapat membantu meringankan ketidaknyamanan dan mengatasi masalah tersebut. 

Selain itu, ibu melahirkan mungkin merasa mudah tersinggung, ragu-ragu, cemas, dan rentan terhadap perubahan suasana hati yang tiba-tiba setelah melahirkan. 

Hal ini disebut "baby blues" dan biasanya berlangsung hanya beberapa hari. Beberapa wanita mengalami depresi yang begitu parah dan terus menerus sehingga mengganggu kehidupan normal mereka. 

Ini disebut depresi berat atau depresi pasca-melahirkan, dan jika tidak diobati, dapat berlangsung selama berbulan-bulan. Diagnosis dan pengobatan dini sangat penting untuk mengembalikan kondisi sang ibu. 

Demikian penjelasan mengenai masa nifas berapa lama dan tanda berakhirnya masa nifas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU

×