kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.409.000   -2.000   -0,14%
  • USD/IDR 15.435   -30,00   -0,19%
  • IDX 7.798   37,20   0,48%
  • KOMPAS100 1.185   9,64   0,82%
  • LQ45 958   6,85   0,72%
  • ISSI 226   2,67   1,19%
  • IDX30 488   3,53   0,73%
  • IDXHIDIV20 589   4,06   0,69%
  • IDX80 134   1,16   0,87%
  • IDXV30 140   2,67   1,94%
  • IDXQ30 163   1,24   0,77%
AKTUAL /

Bolehkah Ibu Hamil Tidur Miring ke Kanan? Ini Penjelasannya


Kamis, 15 Februari 2024 / 14:03 WIB
Bolehkah Ibu Hamil Tidur Miring ke Kanan? Ini Penjelasannya
ILUSTRASI. Bolehkah Ibu Hamil Tidur Miring ke Kanan?

Penulis: Virdita Ratriani

Cara Tidur Ibu Hamil - Bolehkah ibu hamil tidur miring ke kanan menjadi pertanyaan hampir sebagian besar ibu hamil. Pasalnya, biasanya posisi tidur yang dianjurkan untuk ibu hamil adalah miring ke kiri. 

Tidur sangat penting bagi calon ibu karena masalah apa pun yang berhubungan dengan tidur dapat memengaruhi kesehatan prenatalnya. 

Sebagian besar ibu hamil tidur dengan nyaman pada trimester pertama dan mengalami kesulitan tidur saat memasuki trimester kedua atau saat baby bump mereka mulai terlihat. 

Mereka kemudian mungkin kesulitan menemukan posisi yang nyaman untuk tidur dan khawatir mana yang aman untuk bayi. Selama ini para ahli menyarankan posisi tidur yang baik untuk ibu hamil adalah miring ke sisi kiri. 

Namun, bolehkah ibu hamil tidur miring ke kanan? 

Baca Juga: Apa Itu Trigger Finger atau Jari Menekuk? Ini Gejala, Penyebab, dan Cara Mengobatinya

Bolehkah ibu hamil tidur miring ke kanan?

Tidur miring ke kiri mungkin dianggap posisi yang lebih baik dibandingkan dengan tidur telentang atau miring ke kanan. Pasalnya, posisi tidur miring ke kiri dapat memastikan sirkulasi darah yang baik ke rahim dan janin. 

Selain itu, ginjal juga dapat berfungsi dengan baik dalam posisi ini. Meski demikian, sebenarnya tidak berbahaya bagi ibu hamil untuk tidur miring ke kanan.

Dikutip dari Healthline, berdasarkan studi tahun 2019, tidak ada masalah jika ibu hamil ingin tidur miring ke kanan. 

Namun, ada sedikit risiko masalah tekanan pada vena cava inferior (IVC) saat ibu hamil tidur di sebelah kanan, tetapi yang terpenting adalah posisi tidur ternyaman bagi ibu hamil. 

Baca Juga: Minuman Rendah Kalori yang Bisa Lunturkan Lemak Tubuh, Pas Buat Diet

Vena cava inferior adalah pembuluh darah yang membawa darah kembali dari tubuh bagian bawah ke atas ke organ hati. 

Salah satu alasan mengapa ibu hamil dianjurkan untuk tidur miring ke kiri adalah karena hal itu menghilangkan tekanan pada IVC dan memungkinkan sirkulasi darah yang baik. 

Beberapa penelitian yang dilakukan juga membuktikan bahwa tidur miring ke kiri mungkin lebih baik daripada tidur miring ke kanan. 

Wanita hamil yang tidur lebih banyak di sisi kiri memiliki risiko lebih rendah untuk kekurangan suplai darah ke janin yang sedang tumbuh. 

Serta memiliki risiko lebih rendah lahir mati dibandingkan dengan wanita yang tidur lebih banyak di sisi kanan atau telentang.

Baca Juga: 9 Makanan Pelancar ASI Paling Ampuh dan Alami untuk Ibu Menyusui

Tips ibu hamil tidur miring yang aman dan nyaman 

Tidur miring baik ke kanan atau kiri boleh jadi merepotkan bagi ibu hamil yang belum terbiasa. Tapi, jangan khawatir, simak tips berikut: 

  • Trimester pertama 

Agar tubuh terbiasa, coba menyelipkan bantal di antara kedua kaki dan mengurangi ketidaknyamanan di pinggul ketika tidur miring. 

  • Trimester kedua 

Ketika perut sudah mulai membesar, ibu hamil dapat memanfaatkan bantal kehamilan berbentuk "U" atau "C" untuk menambah kenyamanan tidur miring. 

Posisikan bantal tersebut di sepanjang punggung, lalu peluk bagian depan sembari menyelipkan pengujung bantal di antara lutut. 

Baca Juga: Sering Kesemutan Saat Hamil? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

  • Trimester ketiga 

Lanjutkan pakai bantal kehamilan sebagai penyangga. Letakkan bantal penyangga di bawah perut dan di belakang punggung agar tidak berguling. 

Jika ibu hamil belum terbiasa tidur miring kanan atau kiri, coba gunakan bantal untuk menopang tubuh bagian atas dengan sudut 45 derajat.

Demikian penjelasan mengenai bolehkah ibu hamil tidur miring ke kanan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Mastering Management and Strategic Leadership (MiniMBA 2024) Mudah Menagih Hutang

×