kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45893,43   -4,59   -0.51%
  • EMAS1.333.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%
AKTUAL /

Cara Menaikkan Trombosit Agar Kembali Ke Jumlah Normal


Minggu, 28 April 2024 / 05:16 WIB
Cara Menaikkan Trombosit Agar Kembali Ke Jumlah Normal
ILUSTRASI. Cara Menaikkan Trombosit Agar Kembali Ke Jumlah Normal

Reporter: Adi Wikanto, Virdita Rizki Ratriani | Editor: Adi Wikanto

CARA MENAIKKAN TROMBOSIT - Jakarta. Simak cara menaikkan trombosit dengan cepat tanpa obat-obatan. Cara menaikkan trombosit penting diketahui di tengah tren kasus demam berdarah dengue (DBD) di Indonesia.

Diberitakan Tribunnews.com, Kementerian Kesehatan (Kemenkes RI) kembali melaporkan kasus demam berdarah dengeu (DBD) di Indonesia.

Data DBD hingga minggu ke-16 tahun 2024 mencatat jumlah kasus DBD sebanyak 76.132 kasus. Adapun kasus kematian DBD mencapai 540 kematian.

Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Publik Kemenkes RI Siti Nadia Tarmizi mengatakan, jumlah saat ini mengalami peningkatan dibanding periode yang sama di tahun 2023.

Pada periode yang sama di minggu ke-16 tahun 2023 jumlah kasus DBD sebanyak 25.050 kasus dengan kematian sebanyak 180 kematian. 

Cara menaikkan trombosit dengan cepat tanpa obat penting diketahui jika Anda atau anggota keluarga lain terjangkit DBD. Cara menaikkan trombosit dengan cepat ini bisa menjadi alternatif untuk membantu pengobatan dokter.

Dilansir dari website RS Siloam, berikut cara menaikkan trombosit dengan cepat tanpa obat:

1. Menerapkan Pola Hidup Sehat

Cara menaikkan trombosit dengan cepat tanpa obat yang pertama adalah dengan menerapkan pola hidup sehat sebaik mungkin, seperti rutin melakukan aktivitas fisik, menjaga pola makan sehat dengan gizi seimbang, dan istirahat yang cukup. Hal tersebut diketahui dapat meningkatkan sistem imun tubuh yang berkaitan dengan proses produksi trombosit di dalam tubuh.

2. Mengonsumsi Makanan yang Mengandung Zat Besi

Cara menaikkan trombosit dengan cepat tanpa obat berikutnya adalah dengan mengonsumsi makanan yang mengandung zat besi, seperti hati ayam, daging sapi, dan bayam. Dilansir dari jurnal Pediatric Hematology and Oncology, konsumsi makanan yang mengandung zat besi diketahui dapat menaikkan kadar trombosit pada pasien yang menderita anemia defisiensi zat besi.

3. Mengonsumsi Makanan yang Mengandung Vitamin K

Cara menaikkan trombosit dengan cepat tanpa obat yang ketiga adalah konsumsi makanan tinggi vitamin K. Mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin K diketahui dapat membantu mengoptimalkan proses pembekuan darah bersama dengan trombosit.

Oleh karenanya, sangat dianjurkan untuk mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin K, seperti sayuran hijau dan kacang kedelai guna menghindari risiko terjadinya perdarahan berlebihan pada pasien trombositopenia.

4. Mencukupi Asupan Asam Folat

Cara menaikkan trombosit dengan cepat tanpa obat yang keempat adalah konsumsi makanan yang kaya asam folat. Asam folat adalah salah satu bentuk vitamin B kompleks yang memiliki berbagai macam manfaat untuk kesehatan tubuh, salah satunya adalah untuk mengoptimalkan proses pembentukan sel darah. Karena itu, mencukupi asupan asam folat memiliki peran penting dalam menaikkan kadar trombosit di dalam tubuh.

Untuk memenuhi asupan asam folat, Anda dapat mengonsumsi beberapa jenis makanan, seperti sayuran hijau, kacang-kacangan, hati sapi, alpukat, dan lain sebagainya.

5. Memenuhi Asupan Vitamin B12

Cara menaikkan trombosit dengan cepat tanpa obat yang kelima adalah konsumsi makanan kaya vitamin B12. Kekurangan asupan vitamin B12 juga dapat memicu terjadinya trombositopenia.

Karena itu, sangat dianjurkan untuk memenuhi asupan vitamin B12 sebagai cara menaikkan Angka trombosit secara alami. Beberapa jenis makanan yang dapat dikonsumsi untuk membantu memenuhi asupan vitamin B12 adalah telur, daging sapi, kerang, dan ikan salmon.

6. Mengonsumsi Sumber Vitamin C

Cara menaikkan trombosit dengan cepat tanpa obat yang keenam adalah perbanyak konsumsi makanan kaya vitamin C seperti jeruk, kiwi, brokoli, dan paprika. Vitamin C merupakan jenis vitamin yang dapat membantu proses penyerapan zat besi sehingga bisa mengoptimalkan proses pembentukan sel darah, termasuk trombosit.

7. Mengonsumsi Makanan atau Minuman yang Mengandung Vitamin D

Cara menaikkan trombosit dengan cepat tanpa obat yang ketujuh adalah konsumsi makanan kaya vitamin D. Vitamin D adalah zat gizi atau nutrisi yang berfungsi untuk mendukung fungsi tulang, otot, saraf, dan sistem imun tubuh. Selain itu, vitamin D juga memiliki peran penting dalam membantu sumsum tulang untuk menghasilkan trombosit dan komponen darah lainnya.

Adapun beberapa sumber vitamin D yang dapat dikonsumsi untuk menaikkan kadar trombosit adalah susu, kuning telur, dan minyak ikan. Penting pula untuk berjemur di bawah sinar matahari pagi setiap 10–15 menit guna membantu proses sintesis vitamin D di dalam tubuh.

Baca Juga: Selain Bintik-Bintik, Inilah Tanda-Tanda DBD Pada Remaja & Orang Dewasa

Angka  trombosit normal

Diberitakan Kompas.com, trombosit adalah sepotong kecil sel berbentuk cakram yang ditemukan di darah dan limpa, menurut National Cancer Institute NIH. Darah mengandung banyak jenis sel, yakni sel darah putih (monosit, limfosit, neutrofil, eosinofil, basofil, dan makrofag), sel darah merah (eritrosit), dan juga trombosit.

Dilansir dari laman Britannica, trombosit adalah sel terkecil dalam darah, dengan diameter rata-rata sekitar 2 hingga 4 mikrometer. Seperti sel darah merah, mereka tidak memiliki inti dan tidak mampu membelah sel (mitosis), namun mereka memiliki metabolisme dan struktur internal yang lebih kompleks daripada sel darah merah.

Jika dilihat pada darah segar, mereka tampak bulat, namun cenderung mengeluarkan filamen mirip rambut dari membrannya. Trombosit menempel satu sama lain tetapi tidak pada sel darah merah dan sel darah putih. Butiran kecil di dalam trombosit mengandung zat penting untuk aktivitasnya yang meningkatkan pembekuan darah.

Fungsi utama trombosit adalah membantu membentuk pembekuan darah untuk memperlambat atau menghentikan pendarahan dan membantu penyembuhan luka. Ketika pembuluh darah robek, trombosit akan saling menempel membentuk gumpalan, menyumbat robekan untuk menghentikan pendarahan.

Trombosit diproduksi di sumsum tulang belakang yang juga memproduksi sel darah putih dan sel darah merah. Setelah trombosit diproduksi dan diedarkan ke aliran darah, trombosit dapat bertahan selama 8 hingga 10 hari. 

Dirangkum dari laman University of Rochesrer Medical Center, berikut adalah angka trombosit normal: 

  • Angka trombosit yang normal adalah 150.000 hingga 450.000 per mikroliter darah. 
  • Angka trombosit normal wanita antara 157.000 hingga 371.000 per mikroliter darah. 
  • Angka trombosit normal pria adalah antara 135.000 hingga 317.000 per mikroliter darah.

Angka trombosit tidak normal

Angka trombosit yang tidak normal atau turun dapat menjadi tanda adanya kondisi kesehatan tertentu atau efek samping dari pengobatan. 

Angka trombosit yang lebih tinggi dari 450.000 per mikroliter darah dikenal sebagai trombositosis. Kelebihan trombosit ini dapat menyebabkan pembekuan yang tidak perlu atau bahkan pendarahan. 

Sementara, trombositopenia adalah kondisi Angka trombosit yang kurang dari 150.000 per mikroliter. Sedangkan kondisi trombositopendia berat adalah kondisi ketika Angka trombosit di bawah 20.000

Itulah angka trombosit normal dan cara menaikkan trombosit dengan cepat tanpa obat. Segera hubungi dokter jika trombosit tak kunjung naik.

Selanjutnya: Asing Paling Banyak Menadah Saham Ini di Tengah Penurunan IHSG Selama Sepekan

Menarik Dibaca: Gift Code Ojol The Game 28 April 2024 Baru, Langsung Redeem Sebelum Habis!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU

×