kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45928,35   -6,99   -0.75%
  • EMAS1.321.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%
AKTUAL /

Cara Menaikkan Trombosit Dengan Alami, Lebih Dari 600 Orang Di Jakarta Derita DBD


Minggu, 03 Maret 2024 / 05:00 WIB
Cara Menaikkan Trombosit Dengan Alami, Lebih Dari 600 Orang Di Jakarta Derita DBD
ILUSTRASI. Cara Menaikkan Trombosit Dengan Alami, Lebih Dari 600 Orang Di Jakarta Derita DBD

Reporter: Adi Wikanto | Editor: Adi Wikanto

CARA MENAIKKAN TROMBOSIT DENGAN CEPAT - Jakarta. Jumlah kasus demam berdarah dengue (DBD) di Jakarta meningkat pesat. Jika Anda menjadi salah satu pasien DBD, berikut cara menaikkan trombosit dengan cepat.

Cara menaikkan trombosit penting diketahui untuk pasien DBD. Pasalnya, pasien DBD sering kali mengalami penurunan trombosit. Jika tidak segera dinaikkan, trombosit di bawah standar bisa membahayakan nyawa.

Diberitakan Kompas.com, Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI Jakarta meminta masyarakat waspada terhadap gigitan nyamuk nyamuk aedes aegypti penyebab demam berdarah dengue (DBD). Kepala Dinas Kesehatan DKI Ani Ruspitawati mengungkapkan, masyarakat bisa mengenali gejala yang dirasakan apabila terjangkit DBD.

Ia menjelaskan, gejala DBD yang pertama dirasakan penderita ialah demam selama dua sampai tujuh hari yang disertai manifestasi pendarahan. "Lalu penurunan trombosit (trombositopenia), kemudian hemakonsentrasi yang ditandai kebocoran plasma (peningkatan hematokrit, asitesis, efusi pleura, hipoalbuminemia)," ujar Ani dalam keterangannya, Kamis (29/2/2024).

Ani menjelaskan, terdapat gejala DBD lainnya yang juga dirasakan penderita apabila terjangkit DBD akibat gigitan nyamuk aedes aegypti. Beberapa gejala DBD itu antara lain nyeri kepala, nyeri otot dan tulang, ruam kulit serta nyeri belakang bola mata. “Tidak semua yang terinfeksi virus dengue akan menunjukkan manifestasi DBD berat. Ada yang hanya demam ringan yang akan sembuh dengan sendirinya atau bahkan ada yang tanpa gejala sakit (asimtomatik)," kata Ani.

"Sebagian lagi menderita demam dengue saja yang tidak menimbulkan kebocoran plasma dan mengakibatkan kematian,” imbuhnya.

Baca Juga: Ratusan Warga Tangsel Terjangkit DBD, Ini Cara Menaikkan Trombosit Tanpa Obat

Diberitakan sebelumnya, sebanyak 627 kasus demam berdarah dengue (DBD) terjadi pada usia bayi di bawah lima tahun (balita) hingga dewasa di wilayah Jakarta. Berdasarkan tren data kasus mingguan tahun 2024, tercatat kasus DBD di Jakarta terjadi peningkatan dibandingkan sejak minggu awal bulan Januari.

Data kasus menunjukkan peningkatan yang tajam kasus DBD di Ibu Kota terjadi minggu kelima tahun 2024 atau di awal bulan Februari 2024. "Kami terus memantau perkembangan kasus DBD di setiap wilayah Jakarta. Sejauh ini, tidak tercatat kematian atas kasus tersebut,” tutur Ani.

Ani mengimbau kepada masyarakat Jakarta untuk melakukan langkah pemberantasan sarang nyamuk (PSN) di sekitar rumah atau lingkungan tempat tinggal masing-masing. "Lakukan 3M yakni menguras, menutup, dan mendaur ulang. Serta melakukan kegiatan lain yang mencegah perkembangbiakan dan gigitan nyamuk aedes aegypti,” ucap Ani.

Cara menaikkan trombosit dengan cepat tanpa obat

Penderita DBD biasanya mengalami penurunan trombosit. Trombosit adalah keping darah yang berperan penting dalam proses pembekuan darah di dalam tubuh.

Kementerian Kesehatan (Kemkes) menyatakan, kadar trombosit normal di dalam tubuh, yaitu sekitar 150.000–450.000 mcL. Saat terkena DBD, kadar trombosit di dalam tubuh bisa turun sehingga menyebabkan darah sulit membeku dan dapat memicu terjadinya perdarahan secara berlebihan.

Lalu bagaimana cara menaikkan trombosit dengan cepat tanpa obat?

Dilansir dari website RS Siloam, berikut cara menaikkan trombosit dengan cepat tanpa obat:

1. Menerapkan Pola Hidup Sehat

Cara menaikkan trombosit dengan cepat tanpa obat yang pertama adalah dengan menerapkan pola hidup sehat sebaik mungkin, seperti rutin melakukan aktivitas fisik, menjaga pola makan sehat dengan gizi seimbang, dan istirahat yang cukup. Hal tersebut diketahui dapat meningkatkan sistem imun tubuh yang berkaitan dengan proses produksi trombosit di dalam tubuh.

2. Mengonsumsi Makanan yang Mengandung Zat Besi

Cara menaikkan trombosit dengan cepat tanpa obat berikutnya adalah dengan mengonsumsi makanan yang mengandung zat besi, seperti hati ayam, daging sapi, dan bayam. Dilansir dari jurnal Pediatric Hematology and Oncology, konsumsi makanan yang mengandung zat besi diketahui dapat menaikkan kadar trombosit pada pasien yang menderita anemia defisiensi zat besi.

3. Mengonsumsi Makanan yang Mengandung Vitamin K

Cara menaikkan trombosit dengan cepat tanpa obat yang ketiga adalah konsumsi makanan tinggi vitamin K. Mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin K diketahui dapat membantu mengoptimalkan proses pembekuan darah bersama dengan trombosit.

Oleh karenanya, sangat dianjurkan untuk mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin K, seperti sayuran hijau dan kacang kedelai guna menghindari risiko terjadinya perdarahan berlebihan pada pasien trombositopenia.

4. Mencukupi Asupan Asam Folat

Cara menaikkan trombosit dengan cepat tanpa obat yang keempat adalah konsumsi makanan yang kaya asam folat. Asam folat adalah salah satu bentuk vitamin B kompleks yang memiliki berbagai macam manfaat untuk kesehatan tubuh, salah satunya adalah untuk mengoptimalkan proses pembentukan sel darah. Karena itu, mencukupi asupan asam folat memiliki peran penting dalam menaikkan kadar trombosit di dalam tubuh.

Untuk memenuhi asupan asam folat, Anda dapat mengonsumsi beberapa jenis makanan, seperti sayuran hijau, kacang-kacangan, hati sapi, alpukat, dan lain sebagainya.

5. Memenuhi Asupan Vitamin B12

Cara menaikkan trombosit dengan cepat tanpa obat yang kelima adalah konsumsi makanan kaya vitamin B12. Kekurangan asupan vitamin B12 juga dapat memicu terjadinya trombositopenia.

Karena itu, sangat dianjurkan untuk memenuhi asupan vitamin B12 sebagai cara menaikkan jumlah trombosit secara alami. Beberapa jenis makanan yang dapat dikonsumsi untuk membantu memenuhi asupan vitamin B12 adalah telur, daging sapi, kerang, dan ikan salmon.

6. Mengonsumsi Sumber Vitamin C

Cara menaikkan trombosit dengan cepat tanpa obat yang keenam adalah perbanyak konsumsi makanan kaya vitamin C seperti jeruk, kiwi, brokoli, dan paprika. Vitamin C merupakan jenis vitamin yang dapat membantu proses penyerapan zat besi sehingga bisa mengoptimalkan proses pembentukan sel darah, termasuk trombosit.

7. Mengonsumsi Makanan atau Minuman yang Mengandung Vitamin D

Cara menaikkan trombosit dengan cepat tanpa obat yang ketujuh adalah konsumsi makanan kaya vitamin D. Vitamin D adalah zat gizi atau nutrisi yang berfungsi untuk mendukung fungsi tulang, otot, saraf, dan sistem imun tubuh. Selain itu, vitamin D juga memiliki peran penting dalam membantu sumsum tulang untuk menghasilkan trombosit dan komponen darah lainnya.

Adapun beberapa sumber vitamin D yang dapat dikonsumsi untuk menaikkan kadar trombosit adalah susu, kuning telur, dan minyak ikan. Penting pula untuk berjemur di bawah sinar matahari pagi setiap 10–15 menit guna membantu proses sintesis vitamin D di dalam tubuh.

Itulah cara menaikkan trombosit dengan cepat tanpa obat. Segera hubungi dokter jika trombosit tak kunjung naik.

Selanjutnya: 5 Makanan Terlarang Bagi Asam Urat & Kolesterol, Salah Satunya Daging Merah

Menarik Dibaca: Begini Kondisi Sinar UV Berbahaya Pada Minggu (3/3)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU

×