kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45910,32   8,93   0.99%
  • EMAS1.354.000 1,65%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%
AKTUAL /

Cara Mengatasi dan Penyebab Sering Kencing atau Nokturia di Malam Hari


Selasa, 09 April 2024 / 17:30 WIB
Cara Mengatasi dan Penyebab Sering Kencing atau Nokturia di Malam Hari
ILUSTRASI. Frekuensi kencing

Penulis: Bimo Kresnomurti

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Ada panduan mengatasi frekuensi buang air kecil yang tinggi di malam hari atau nokturia. Kondisi ini bisa sangat mengganggu, terutama jika seseorang terbangun dari tidur hanya untuk buang air kecil.

Kondisi sering buang air kecil di malam hari, yang juga dikenal sebagai nokturia, muncul sebagai gejala dari berbagai kondisi medis tertentu.

Ini merupakan masalah umum yang dapat mempengaruhi berbagai kelompok usia dan memiliki berbagai penyebab yang berbeda.

Meskipun nokturia bisa memengaruhi orang dewasa muda, namun cenderung lebih umum terjadi seiring bertambahnya usia, terutama pada pria lanjut usia dan individu yang ditetapkan sebagai pria saat lahir.

Baca Juga: Waspada Sakit Ginjal, Inilah 5 Bahaya Menahan Kencing untuk Kesehatan

Ilustrasi kencing

Sebagai contoh, hampir setengah dari pria yang berusia 70 tahun ke atas diperkirakan harus bangun setidaknya dua kali per malam untuk buang air kecil.

Secara keseluruhan, hingga 80% orang dewasa yang lebih tua bisa terkena dampak nokturia, dan tingkat kejadian kondisi ini juga lebih tinggi pada individu dengan kulit berpigmen gelap atau keturunan Hispanik.

Meskipun nokturia bisa sering terjadi selama kehamilan, namun biasanya akan hilang dalam waktu tiga bulan setelah proses persalinan. Penting untuk dicatat bahwa nokturia berbeda dengan enuresis, yang merupakan kondisi di mana seseorang kehilangan kendali kandung kemih saat tidur.

Ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan seseorang mengalami sering buang air kecil di malam hari.

Baca Juga: 7 Obat Alami Penurun Kolesterol Tinggi dan Cara Mudah Membuatnya di Rumah

Penyebab sering kencing di malam hari

Beberapa alasan mengapa seseorang bisa mengalami kencing di malam hari dilansir dari Sleep Foundation.

1. Pola minum

Ketika seseorang mengonsumsi banyak cairan, terutama sebelum tidur, ini dapat menyebabkan terbangunnya seseorang di malam hari untuk buang air kecil karena produksi urine meningkat.

2. Gangguan kesehatan

Beberapa kondisi medis, seperti infeksi saluran kemih, diabetes, pembesaran prostat pada pria, atau gangguan ginjal, bisa menjadi penyebab seseorang mengalami kencing di malam hari.

3. Gangguan Hormonal

Produksi hormon antidiuretik cenderung meningkat di malam hari, yang seharusnya membantu mengurangi produksi urine. Namun, pada beberapa individu, fungsi hormon ini mungkin terganggu, yang dapat mengakibatkan peningkatan buang air kecil di malam hari.

4. Kebiasaan tidur

Beberapa pola tidur atau kebiasaan tertentu dapat menyebabkan seseorang terbangun lebih sering di malam hari dan merasa perlu buang air kecil.

5. Kebiasaan mengonsumsi kafein atau alkohol

Kafein dan alkohol memiliki efek diuretik, yang dapat meningkatkan produksi urine. Jika seseorang mengonsumsi minuman yang mengandung kafein atau alkohol menjelang tidur, ini bisa memicu kencing di malam hari.

6. Faktor psikologis

Ada beberapa orang mungkin mengalami nokturia karena stres atau kecemasan yang menyebabkan mereka kencing di malam hari.

Selain itu, Anda perlu memberikan perawatan sejak dini secara mandiri untuk mengurangi gejala sering kencing tersebut.

Cara mengatasi sering kencing di malam hari

Ada beberapa panduan untuk mengatasi kondisi sering kencing pada malam hari.

Mengubah gaya hidup: Anda dapat mengurangi asupan cairan pada malam hari, terutama sebelum tidur, yang dapat memicu nokturia.
Disamping itu, disarankan untuk mengurangi konsumsi alkohol, terutama pada sore dan malam hari, jika Anda sering mengalami kencing di malam hari.

Penggunaan kafein yang berlebihan dalam sehari juga dapat menjadi penyebab terbangunnya Anda karena sering kencing di malam hari.

Melakukan latihan: Beberapa latihan atau perawatan dapat membantu mengurangi risiko sering kencing di malam hari. Anda dapat mencoba mengangkat kaki satu jam atau lebih sebelum tidur untuk mengurangi pembengkakan dan pembuangan cairan tubuh selama tidur.

Perawatan medis: Jika nokturia disebabkan oleh kondisi medis yang mendasarinya, mengobati kondisi tersebut dapat membantu mengurangi frekuensi kencing di malam hari.

Banyak pasien dengan nokturia menerima pengobatan dengan obat-obatan atau melakukan penyesuaian dosis obat yang ada.

Jika Anda mengalami sering kencing di malam hari secara teratur dan ini mengganggu tidur serta kualitas hidup Anda, disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter.

Itulah sederet informasi penjelasan terkait penyebab sering kencing di malam hari beserta cara mengatasi nokturia dengan perlahan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Terpopuler
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

×