kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,51   10,20   1.12%
  • EMAS1.350.000 0,52%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%
AKTUAL /

Catat 6 Makanan Penyebab Usus Buntu, Kenali Gejala Penyakit Pencernaan


Jumat, 23 Februari 2024 / 15:31 WIB
Catat 6 Makanan Penyebab Usus Buntu, Kenali Gejala Penyakit Pencernaan
ILUSTRASI. Makanan Penyebab Usus Buntu Apa Saja?

Penulis: Bimo Kresnomurti

Makanan Penyebab Usus Buntu - JAKARTA. Catat daftar makanan yang sebaiknya dikurangi konsumsinya karena berpotensi menjadi penyebab radang usus buntu. Makanan-makanan tersebut mengandung beberapa zat yang dapat memicu gangguan pada sistem pencernaan.

Usus buntu, yang juga dikenal sebagai "apendiks," merupakan sebuah organ kecil yang terletak di ujung usus besar, tepatnya di sebelah kanan bawah perut. Meskipun struktur usus buntu mirip dengan bagian lain dari saluran pencernaan, fungsi organ ini masih belum sepenuhnya dipahami oleh ilmu kedokteran.

Ada beberapa teori yang menyatakan bahwa usus buntu mungkin memiliki peran dalam sistem kekebalan tubuh, tetapi hal ini masih menjadi perdebatan di kalangan ahli medis.

Usus buntu menjadi fokus perhatian utama ketika terjadi masalah kesehatan yang dikenal sebagai "radang usus buntu" atau "apendisitis."

Baca Juga: 3 Alasan Mengapa Mi Instan Tidak Sehat, Cek Juga Efeknya yang Mengejutkan

Usus buntu

Radang usus buntu menjadi kondisi medis yang serius apabila terjadi ketika usus buntu meradang atau terinfeksi.

Gejala Radang Usus Buntu
Radang usus buntu adalah peradangan pada usus buntu, organ kecil seperti kantong yang menempel pada usus besar. Gejala radang usus buntu biasanya meliputi:

  • Nyeri perut: Nyeri biasanya dimulai di sekitar pusar (ulu hati) dan bergerak ke arah bawah perut kanan. Nyeri ini seringkali menjadi lebih parah seiring berjalannya waktu.
  • Nyeri saat ditekan: Tekanan ringan pada perut bagian kanan bawah dapat menyebabkan nyeri yang lebih intens.
  • Mual dan muntah: Banyak orang yang mengalami radang usus buntu juga merasa mual dan muntah.
  • Kenaikan suhu tubuh: Demam adalah gejala umum radang usus buntu.
  • Gangguan pencernaan: Perubahan dalam kebiasaan buang air besar, seperti sembelit atau diare, juga dapat terjadi.
  • Gejala lain yang mungkin terjadi, kehilangan nafsu makan, kerut kembung, sulit buang gas, kelelahan, rasa tidak nyaman saat berjalan

Jika Anda mengalami gejala-gejala ini, penting untuk segera menemui dokter. Radang usus buntu adalah kondisi medis yang serius yang memerlukan pembedahan untuk mengobatinya.

Baca Juga: 5 Penyakit yang Ditandai Perut Perih di Pagi Hari, Waspadai Tukak Lambung

Makanan penyebab usus buntu

Pastikan Anda memahami langkah pencegahan terkiat makanan yang ada pada daftar berikut. Simak beberapa makanan penyebab usus buntu yang dilansir dari Colorectal Surgery.

1. Asupan Daging dan Produk Olahan

Bukti menunjukkan bahwa konsumsi berlebihan daging olahan dan makanan yang digoreng dapat meningkatkan risiko terkena radang usus buntu. Daging olahan seperti hot dog, sosis, dan bacon seringkali mengandung tinggi lemak, natrium, dan bahan pengawet, yang dapat memicu peradangan dan merusak sistem pencernaan.

2. Konsumsi Makanan Pedas

Sama seperti makanan berlemak dan berminyak, makanan pedas yang kaya rempah-rempah dapat menyebabkan sejumlah masalah pencernaan. Oleh karena itu, sebaiknya menghindari makanan yang terlalu pedas atau sulit dicerna oleh lambung, serta mencegah potensi masalah seperti wasir.

3. Konsumsi Makanan Berminyak

Makanan berminyak dapat memberikan risiko bagi kesehatan usus dan menyebabkan masalah pada usus buntu. Asupan makanan berminyak dapat mempercepat proses buang air besar, yang dapat mengakibatkan masalah seperti sindrom iritasi usus besar, yang memengaruhi pola buang air besar dan perkembangan isi usus.

4. Asupan Makanan Asam

Makanan asam seperti lemon dapat memiliki manfaat kesehatan umum, namun dapat juga menyebabkan gangguan pencernaan yang berujung pada radang usus buntu. Lemon memiliki sifat peningkatan nafsu makan dan kandungan vitamin C serta serat larut.

Meskipun lemon diketahui dapat membantu mencegah berbagai penyakit, biji lemon sebaiknya dihindari untuk mencegah radang usus buntu.

5. Konsumsi Biji-Bijian

Biji-bijian pada sayuran dan buah-buahan tertentu dapat menjadi penyebab radang usus buntu atau penyumbatan yang dapat mengakibatkan masalah pada usus buntu. Beberapa makanan, seperti jintan, kacang-kacangan, nyaris, kelapa, dan kurma, dapat memicu kondisi ini.

Sementara beberapa orang dapat mencerna biji-bijian dengan mudah, orang lain dengan sistem kekebalan tubuh yang lemah mungkin mengalami kesulitan mencernanya, meningkatkan risiko penyumbatan pada usus buntu.

6. Konsumsi Makanan Bertepung

Patogen pati dapat ditemukan dalam makanan seperti kentang dan suplemen yang terbuat dari tepung, terutama dari tepung yang telah diolah. Pati ini memiliki kemampuan untuk menyerap lebih banyak air dalam proses pencernaan, dan jika dikonsumsi secara berlebihan atau tidak dicerna dengan baik, dapat meningkatkan risiko peradangan pada usus buntu.

Itulah sederet penjelasan informasi terkait makanan penyebab usus buntu yang perlu dibatasi konsumsinya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU

×