kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45886,18   -14,64   -1.62%
  • EMAS1.338.000 0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%
AKTUAL /

Catat 7 Manfaat Daun Ketumbar untuk Kulit, Mata, hingga Pencernaan


Jumat, 19 April 2024 / 17:02 WIB
Catat 7 Manfaat Daun Ketumbar untuk Kulit, Mata, hingga Pencernaan
ILUSTRASI. Catat 7 Manfaat Daun Ketumbar untuk Kulit, Mata, hingga Pencernaan

Penulis: Bimo Kresnomurti

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pelajari beragam manfaat daun ketumbar untuk kesehatan. Kandungan nutrisi yang dimilikinya memberikan berbagai kebaikan bagi tubuh dan bahkan dapat membantu mencegah penyakit.

Daun ketumbar (Coriandrum sativum) adalah bagian dari tumbuhan yang sering dimanfaatkan sebagai bahan makanan dan rempah-rempah. Awalnya berasal dari wilayah Selatan Eropa dan Timur Tengah, namun kini telah menyebar ke seluruh dunia dan populer dalam berbagai masakan.

Daun ketumbar memiliki cita rasa yang segar, manis, dan sedikit pedas, serta aroma yang khas dan menyenangkan. Beberapa orang mengaitkan aromanya dengan jeruk atau lemon.

Berdasarkan beberapa penelitian, mengonsumsi daun ketumbar mungkin memiliki efek sedatif dan dapat membantu mengatasi insomnia dan kecemasan pada beberapa orang.

Daun ketumbar sering digunakan dalam berbagai masakan, terutama di Asia, Timur Tengah, dan Amerika Latin. Baik dalam bentuk segar maupun kering, daun ini dapat ditambahkan ke berbagai hidangan seperti sup, salad, saus, kari, dan lainnya untuk memberikan sentuhan rasa dan aroma khas.

Baca Juga: Berapa Jarak Makan dengan Tidur Malam yang Baik? Ini Penjelasannya

Manfaat dan nutrisi daun ketumbar

Daun ketumbar

Dari sisi nutrisi, Daun ketumbar kaya akan nutrisi, termasuk vitamin C, vitamin K, vitamin A, dan vitamin E. Selain itu, mengandung mineral seperti zat besi, kalsium, dan magnesium.

Selain sebagai bumbu masakan, daun ketumbar juga digunakan dalam pengobatan tradisional untuk meredakan masalah pencernaan, mengurangi peradangan, dan bahkan membantu mengatasi stres.

 Biasanya, daun ketumbar disajikan sebagai hiasan atau penyedap di atas hidangan setelah dimasak. Mereka juga dapat dicincang dan dicampur dengan bahan lain untuk membuat saus atau adobo.

Setelah mengenal daun ketumbar secara singkat, Anda bisa mempertimbangkan konsumsinya setelah mengetahui manfaatnya untuk kesehatan.

Simak daftar manfaat daun ketumbar untuk kesehatan yang dirangkum melalui laman PharmEasy.

Baca Juga: Masih Muda Sudah Terserang Asam Urat? Ini 7 Penyebab Utamanya

1. Peningkatan Kesehatan Mata

Para tetua sering menyarankan untuk menggunakan ketumbar dalam masakan karena khasiatnya untuk kesehatan mata.

Daun ketumbar kaya akan Vitamin A, Vitamin C, Vitamin E, dan karotenoid, yang dapat mendukung kesehatan penglihatan. Penelitian juga menunjukkan bahwa mengonsumsi ketumbar secara teratur dapat membantu melambatkan degenerasi makula terkait usia (ARMD) dan meredakan kondisi konjungtivitis.

2. Penguatan Sistem Kekebalan Tubuh

Kandungan Vitamin C dan Vitamin E dalam daun ketumbar dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Kedua nutrisi ini, bersama dengan Vitamin A, membantu meningkatkan efektivitas sel darah putih dan memperbaiki penyerapan zat besi.

3. Kontrol Kadar Gula Darah

Ketumbar mengandung antioksidan yang dapat membantu meningkatkan aktivitas enzim dalam tubuh, yang kemudian merangsang produksi insulin dan mengatur kadar gula darah. Mengonsumsi ketumbar secara teratur dapat bermanfaat bagi orang dengan kadar gula darah tinggi.

4. Lawan Kolesterol Jahat

Ketumbar dapat membantu menurunkan kadar kolesterol LDL (jahat) dan meningkatkan kolesterol HDL (baik). Ini merupakan manfaat penting bagi banyak orang yang mengalami masalah kolesterol tinggi.

5. Penguatan Tulang

Ketumbar kaya akan mineral yang penting untuk kesehatan tulang, seperti kalsium, mangan, magnesium, dan fosfor. Sifat anti-inflamasi ketumbar juga membantu melindungi tulang dari nyeri yang terkait dengan arthritis.

6. Peningkatan Kesehatan Usus

Kandungan serat dalam daun ketumbar dapat membantu meredakan masalah pencernaan seperti sakit perut, diare, kejang usus, gas, atau mual. Penelitian juga menunjukkan potensi ketumbar dalam meredakan berbagai gangguan pencernaan.

7. Perbaikan Kesehatan Kulit

Ketumbar kaya akan zat besi, Vitamin E, dan Vitamin A, yang membantu melawan kerusakan kulit akibat radikal bebas.

Selain itu, ketumbar dapat digunakan untuk mengatasi kulit berminyak dan memiliki sifat antimikroba, antiseptik, dan antijamur yang bermanfaat untuk kulit.

Demikian penjelasan terkait manfaat daun ketumbar untuk kesehatan yang bisa Anda konsumsi secara rutin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

×