kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45895,84   4,26   0.48%
  • EMAS1.325.000 -1,49%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%
AKTUAL /

Masih Muda Sudah Terserang Asam Urat? Ini 7 Penyebab Utamanya


Kamis, 18 April 2024 / 03:32 WIB
Masih Muda Sudah Terserang Asam Urat? Ini 7 Penyebab Utamanya
ILUSTRASI. Penyakit asam urat ternyata dapat terjadi di usia muda. Kira-kira, apa penyebab asam urat di usia muda?

Sumber: Kompas.com | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - Biasanya, penyakit asam urat dikenal luas sebagai kondisi kesehatan yang muncul seiring dengan proses penuaan. 

Namun, penyakit ini ternyata dapat terjadi di usia muda. Kira-kira, apa penyebab asam urat di usia muda? 

Untuk diketahui, asam urat diproduksi tubuh secara alami saat memecah zat purin yang berasal dari makanan, seperti jeroan, seafood, dan daging merah. 

Pada kondisi normal, asam urat akan keluar dari tubuh saat seseorang buang air kecil ata buang air besar. Akan tetapi, jika kadar uric acid terlalu tinggi, bisa terjadi penumpukan kristal urat di area sendi dan memicu serangan gout atau serangan asam urat. 

Dilansir dari Medical News Today, serangan asam urat bisa menyebabkan nyeri hebat pada persendian, sendi membengkak dan terasa hangat saat disentuh, dan susah digerakkan. 

Untuk mengatasi serangan gout yang bisa mengakibatkan mobillitas sendi menjadi terbatas, Anda mungkin perlu mengetahui penyebab asam urat di usia muda. 

Apa penyebab asam urat di usia muda? 

Baca Juga: Cara Merebus Daun Kersen untuk Rontokkan Asam Urat dan Diabetes

Berikut beberapa faktor penyebab asam urat di usia muda: 

1. Efek samping obat-obatan 

Efek samping obat-obatan tertentu juga bisa menjadi penyebab asam urat di usia muda. Contoh obat-obatan yang mengakibatkan kenaikan asam urat, yaitu diuretik, aspirin, dan antibiotik. 

2. Obesitas 

Obesitas termasuk faktor penyebab asam urat tinggi di usia muda. Sederet penelitian menunjukkan, semakin berat seseorang, semakin besar risikonya terkena asam urat. 

Dilansir dari Harvard Health Publishing, orang dengan kelebihan berat badan cenderung menghasilkan asam urat lebih banyak dibandingkan individu dengan bobot normal. 

Kelebihan berat badan didefiniskan dengan indeks massa tubuh (BMI) 25-29,9. Sementara, orang yang obesitas memiliki indeks massa tubuh sekitar 30 atau lebih. 

3. Kebiasaan konsumsi makanan dan minuman manis 

Terlalu sering mengonsumsi makanan dan minuman manis, terutama yang dimaniskan dengan gula buah (fruktosa) dapat meningkatkan kadar asam urat dan meningkatkan risiko serangan gout. 

Baca Juga: 5 Rempah-Rempah untuk Membakar Lemak Perut dan Menurunkan Berat Badan

4. Pola makan tinggi purin 

Penyebab asam urat di usia muda yang pertama yaitu pola makan tinggi purin. Makanan mengandung purin misalnya aneka jeroan, makanan laut seperti kerang dan udang, dan daging merah. 

Sederet makanan yang disebutkan di atas merupakan sumber protein yang baik untuk tubuh. Namun, sebaiknya Kamu tidak mengonsumsi makanan tersebut secara berlebihan dan tetap mengimbanginya dengan makan sayur, buah, minum air putih, serta gaya hidup sehat lainnya untuk mencegah serangan asam urat. 

5. Riwayat keluarga 

Seseorang yang memiliki riwayat anggota keluarga yang punya asam urat tinggi, berisiko mempunyai kondisi sama atau mengalami serangan gout di kemudian hari. 

6. Kondisi kesehatan tertentu 

Penyebab asam urat di usia muda selanjutnya yaitu karena penyakit atau kondisi kesehatan tertentu, seperti diabetes, obesitas, penyakit jantung, dan ginjal. 

Penderita sakit ginjal punya risiko terkena serangan asam urat karena ginjal berperan penting dalam membuang kelebihan uric acid di dalam darah. Alhasil, kadar asam urat pun menjadi tinggi. 

Sederet studi juga menunjukkan bahwa diabetes yang memicu kerusakan ginjal juga dapat menjadi faktor penyebab asam urat. 

Baca Juga: Cek Manfaat Buah Naga untuk Kesehatan yang Penting Diketahui, Ada 5 Hal

7. Tekanan darah tinggi 

Individu yang memiliki tekanan darah tinggi punya risiko dua kali lebih besar terkena asam urat dibandingkan yang memiliki tekanan darah normal. 

Dengan menyimak macam-macam penyebab asam urat di usia muda, Anda dapat lebih berhati-hati dan berupaya menjalani gaya hidup sehat agar tidak terkena serangan gout.  

Konsultasikan dengan dokter atau ahli gizi apabila ingin mengetahui pola makan yang aman agar tidak terkena asam urat dan panduan menurunkan berat badan apabila Anda mengalami obesitas.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "6 Penyebab Asam Urat di Usia Muda, Termasuk Obesitas"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU

×