kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,51   10,20   1.12%
  • EMAS1.350.000 0,52%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%
AKTUAL /

Catat 7 Manfaat Daun Sirsak Bagi Kesehatan Tubuh yang Teruji Klinis


Minggu, 19 November 2023 / 04:25 WIB
Catat 7 Manfaat Daun Sirsak Bagi Kesehatan Tubuh yang Teruji Klinis
ILUSTRASI. Manfaat daun sirsak.

Penulis: Ryan Suherlan

KONTAN.CO.ID - Catat berbagai manfaat daun sirsak bagi kesehatan tubuh yang telah teruji secara klinis. Namun, cara mengolah dan mengkonsumsi daun sirsak juga perlu diperhatikan untuk bisa memaksimalkan manfaat daun sirsak tersebut.

Daun sirsak, yang berasal dari tanaman Annona muricata, telah lama digunakan dalam pengobatan tradisional sebagai ramuan alami untuk menyembuhkan berbagai penyakit. 

Daun sirsak ini dikenal karena buahnya yang lezat dan bermanfaat, tetapi seringkali daunnya diabaikan, padahal daun sirsak mengandung berbagai senyawa aktif yang memberikan sejumlah manfaat bagi kesehatan tubuh.

Baca Juga: 8 Manfaat Mentimun Untuk Kesehatan Tubuh, Kenali Yuk!

Merangkum dari WebMD, beriktu beberapa manfaat daun sirsak untuk kesehatan:

1. Antioksidan Tinggi

Daun sirsak mengandung senyawa antioksidan seperti flavonoid, tannin, dan asam fenolat, yang dapat membantu melawan radikal bebas dalam tubuh. Antioksidan ini berperan dalam melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan oksidatif, yang dapat berkontribusi pada penuaan dan perkembangan penyakit kronis.

Baca Juga: Jadwal Piala Dunia U-17 2023, Daftar Skuad Laga Inggris vs Brasil

2. Menyokong Sistem Kekebalan Tubuh

Kandungan fitokimia dalam daun sirsak, seperti acetogenins, dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Dengan memperkuat pertahanan tubuh, kita dapat lebih baik melawan infeksi dan penyakit.

3. Antiinflamasi Alami

Beberapa senyawa dalam daun sirsak memiliki sifat antiinflamasi, yang dapat membantu mengurangi peradangan dalam tubuh. Ini bermanfaat dalam mengatasi masalah inflamasi kronis dan penyakit yang berkaitan dengan peradangan, seperti arthritis.

Baca Juga: Ini 10 Manfaat Belimbing Untuk Kesehatan Tubuh yang Teruji Khasiatnya

4. Menurunkan Tekanan Darah

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa ekstrak daun sirsak dapat membantu menurunkan tekanan darah. Senyawa-senyawa tertentu dalam daun sirsak dapat memengaruhi pembuluh darah dan membantu mengendalikan tekanan darah, sehingga mengurangi risiko hipertensi.

5. Pengobatan Tradisional untuk Kanker

Beberapa penelitian awal menunjukkan bahwa ekstrak daun sirsak dapat memiliki potensi untuk melawan sel kanker. Senyawa-senyawa seperti acetogenins dalam daun sirsak telah menarik perhatian sebagai bahan potensial untuk pengobatan kanker, tetapi penelitian lebih lanjut masih diperlukan untuk memastikan efektivitas dan keamanannya.

Baca Juga: 7 Penyakit Musim Hujan yang Perlu Diwaspadai dan Cara Mencegahnya Agar Tidak Tertular

6. Menyehatkan Pencernaan

Daun sirsak juga dapat memberikan manfaat untuk sistem pencernaan. Kandungan seratnya dapat membantu meningkatkan pencernaan dan mencegah sembelit. Selain itu, daun sirsak juga dapat memiliki efek antimikroba yang dapat membantu melawan infeksi bakteri dalam saluran pencernaan.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Kuliner Enak di Bandung, Wajib Coba!

7. Mengurangi Nyeri dan Peradangan pada Sendi

Kandungan antiinflamasi dalam daun sirsak dapat memberikan bantuan bagi mereka yang mengalami masalah sendi, seperti arthritis. Khasiat ini membantu mengurangi rasa sakit dan peradangan pada sendi.

Penting untuk diingat bahwa sementara daun sirsak menunjukkan potensi kesehatan yang menarik, konsultasikan dengan profesional kesehatan sebelum menggunakan daun sirsak atau suplemen yang mengandung ekstraknya, terutama jika Anda sedang mengonsumsi obat-obatan tertentu atau memiliki kondisi kesehatan tertentu. Daun sirsak dapat memiliki efek samping dan interaksi dengan obat-obatan tertentu.

Selanjutnya: Makanan Pantangan Buat Penderita Asam Urat dan Makanan Penurun Asam Urat

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

×