kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45893,43   -4,59   -0.51%
  • EMAS1.306.000 -0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%
AKTUAL /

Catat 8 Manfaat Buah Ceri Untuk Kesehatan, Apa Saja?


Kamis, 23 November 2023 / 16:27 WIB
Catat 8 Manfaat Buah Ceri Untuk Kesehatan, Apa Saja?
ILUSTRASI. Buah ceri

Penulis: Ryan Suherlan

Manfaat Buah Ceri - Banyak manfaat buah ceri untuk kesehatan tubuh yang menarik perhatian diketahui. Selain itu, manfaat buah ceri juga telah teruji secara klinis.

Tidak hanya itu, cara mengolah dan mengkonsumsi juga perlu diperhatikan untuk bisa mendapatkan manfaat buah ceri secara maksimal.

Buah ceri adalah salah satu jenis buah beri kecil yang memiliki rasa manis dan asam yang unik. Selain menjadi camilan yang lezat, buah ceri juga diketahui memiliki sejumlah manfaat kesehatan yang luar biasa.

Baca Juga: 8 Manfaat Gula Aren Bagi Kesehatan yang Tidak Terduga, Apa Saja?

Merangkum dari Everyday Health, berikut beberapa manfaat buah ceri untuk kesehatan:

1. Antioksidan Tinggi

Buah ceri kaya akan antioksidan, terutama anthocyanin dan quercetin. Antioksidan ini membantu melawan radikal bebas dalam tubuh, yang dapat menyebabkan stres oksidatif dan berbagai penyakit kronis seperti kanker, diabetes, dan penyakit jantung.

Baca Juga: 8 Manfaat Buah Bit untuk Kesehatan, Banyak Khasiat yang Tidak Terduga

2. Mengurangi Risiko Penyakit Jantung

Kandungan serat, vitamin C, dan kalium dalam buah ceri dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung. Serat membantu mengurangi kadar kolesterol dalam darah, sementara kalium membantu menjaga tekanan darah normal.

3. Anti-Inflamasi Alami

Buah ceri memiliki sifat anti-inflamasi alami, yang dapat membantu mengurangi peradangan dalam tubuh. Ini bermanfaat bagi orang-orang yang menderita kondisi inflamasi seperti arthritis atau masalah persendian lainnya.

Baca Juga: Prediksi Persebaya Surabaya vs PSIS Semarang dan Jadwal BRI Liga 1 2023-2024 Pekan 20

4. Meningkatkan Kualitas Tidur

Buah ceri mengandung melatonin, hormon yang mengatur siklus tidur dan bangun tubuh. Mengonsumsi buah ceri atau jus ceri secara teratur dapat membantu meningkatkan kualitas tidur, membantu Anda tidur lebih nyenyak.

5. Mendukung Fungsi Otak

Senyawa antioksidan dalam buah ceri dapat memberikan perlindungan terhadap kerusakan sel-sel otak. Ini dapat membantu memperbaiki dan melindungi fungsi otak, mengurangi risiko penyakit neurodegeneratif seperti Alzheimer dan Parkinson.

Baca Juga: Jadwal Piala Dunia U-17 2023 Babak 8 Besar, Prediksi Spanyol vs Jerman

6. Menyehatkan Kulit

Vitamin C dan antioksidan dalam buah ceri berperan penting dalam menjaga kesehatan kulit. Mereka membantu melawan tanda-tanda penuaan, merangsang produksi kolagen, dan melindungi kulit dari kerusakan akibat paparan sinar UV.

7. Membantu Pengelolaan Berat Badan

Buah ceri rendah kalori dan tinggi serat, sehingga cocok sebagai camilan sehat bagi mereka yang sedang mencoba menjaga berat badan atau menurunkan berat badan. Serat juga membantu memberi rasa kenyang lebih lama.

Baca Juga: Kenali 7 Manfaat Labu Siam Untuk Kesehatan yang Teruji Khasiatnya

8. Menyokong Sistem Kekebalan Tubuh

Vitamin C dalam buah ceri berperan penting dalam mendukung sistem kekebalan tubuh. Ini membantu melawan infeksi dan menjaga tubuh tetap sehat.

Untuk mendapatkan manfaat optimal, disarankan untuk mengonsumsi buah ceri dalam bentuk segar atau jus tanpa tambahan gula. Meskipun buah ceri memiliki banyak manfaat, selalu penting untuk mencapai keseimbangan dalam pola makan secara umum dan berkonsultasi dengan profesional kesehatan jika memiliki kondisi kesehatan tertentu atau sedang dalam pengobatan khusus.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Practical Business Acumen Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

×