kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45886,18   -14,64   -1.62%
  • EMAS1.338.000 0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%
AKTUAL /

8 Manfaat Gula Aren Bagi Kesehatan yang Tidak Terduga, Apa Saja?


Kamis, 23 November 2023 / 11:03 WIB
8 Manfaat Gula Aren Bagi Kesehatan yang Tidak Terduga, Apa Saja?

Penulis: Ryan Suherlan

KONTAN.CO.ID - Ada sejumlah manfaat gula aren bagi kesehatan tubuh yang tidak terduga dan jarang diketahui. Namun, cara mengolah dan mengkonsusmi gula aren juga perlu diperhatikan untuk bisa mendapatkan manfaat gula aren secara maksimal.

Gula aren, yang diekstrak dari buah pohon kelapa atau kelapa sawit, telah menjadi bagian integral dari kuliner dan pengobatan tradisional di berbagai budaya di seluruh dunia. 

Selain memberikan rasa manis alami pada makanan dan minuman, gula aren juga diketahui memiliki sejumlah manfaat bagi kesehatan tubuh. 

Baca Juga: 8 Manfaat Buah Cempedak Untuk Kesehatan, Simak Ya!

Merangkum dari PharmEasy, berikut beberapa manfaat gula aren bagi kesehatan:

1. Kandungan Nutrisi yang Kaya

Gula aren mengandung berbagai nutrisi penting seperti zat besi, kalium, magnesium, fosfor, dan vitamin B. Zat-zat ini berperan dalam menjaga kesehatan tulang, pembentukan darah, dan metabolisme energi.

Baca Juga: Ini 10 Manfaat Buah Duku Untuk Kesehatan Tubuh yang Tidak Terduga

2. Gula Alami dan Serat

Gula aren adalah sumber gula alami, yang dapat membantu mengurangi ketergantungan pada gula tambahan yang seringkali ditemukan dalam makanan olahan. Selain itu, gula aren sering hadir dalam bentuk yang mengandung serat alami, memberikan manfaat tambahan untuk pencernaan yang sehat.

3. Indeks Glikemik Rendah

Gula aren memiliki indeks glikemik yang lebih rendah dibandingkan gula pasir biasa. Ini berarti gula aren dapat membantu menjaga kadar gula darah tetap stabil, mengurangi risiko lonjakan gula darah yang dapat berdampak negatif pada kesehatan.

Baca Juga: 8 Manfaat Buah Kiwi Untuk Kesehatan yang Luar Biasa, Catat!

4. Antioksidan Alami

Gula aren mengandung senyawa antioksidan, seperti polifenol dan flavonoid. Antioksidan ini membantu melawan radikal bebas dalam tubuh yang dapat menyebabkan stres oksidatif dan berbagai penyakit kronis.

5. Menjaga Kesehatan Jantung

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa konsumsi gula aren dapat membantu menjaga kesehatan jantung. Kandungan kalium dalam gula aren dapat membantu mengendalikan tekanan darah dan mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.

Baca Juga: 8 Manfaat Rebung Untuk Kesehatan yang Luar Biasa, Apa Saja?

6. Alternatif Gula yang Sehat

Gula aren sering dianggap sebagai alternatif yang lebih sehat daripada gula putih atau sirup jagung tinggi fruktosa. Penggantian gula putih dengan gula aren dapat membantu mengurangi risiko obesitas dan penyakit terkait.

7. Menjaga Keseimbangan Elektrolit

Kandungan kalium dalam gula aren dapat membantu menjaga keseimbangan elektrolit dalam tubuh, yang penting untuk fungsi otot dan sistem saraf yang optimal.

Baca Juga: Catat 7 Manfaat Daun Singkong Untuk Kesehatan, Sudah Tahu?

8. Dapat Membantu Pemulihan Energi

Gula aren mengandung karbohidrat yang dapat digunakan sebagai sumber energi yang cepat. Oleh karena itu, konsumsi gula aren dapat membantu pemulihan energi setelah aktivitas fisik atau saat tubuh membutuhkan asupan energi tambahan.

Meskipun gula aren memiliki sejumlah manfaat, penting untuk mengonsumsinya dengan bijak. Seperti halnya dengan semua makanan, konsumsi gula aren sebaiknya dilakukan dalam batas yang wajar untuk mendapatkan manfaat maksimal tanpa efek samping yang tidak diinginkan. Konsultasikan dengan profesional kesehatan Anda untuk mendapatkan panduan yang sesuai dengan kebutuhan kesehatan pribadi Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

×