kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%
AKTUAL /

8 Manfaat Buah Bit untuk Kesehatan, Banyak Khasiat yang Tidak Terduga


Kamis, 23 November 2023 / 11:02 WIB
8 Manfaat Buah Bit untuk Kesehatan, Banyak Khasiat yang Tidak Terduga
ILUSTRASI. Buah bit

Penulis: Ryan Suherlan

KONTAN.CO.ID - Manfaat buah bit untuk kesehatan tubuh adalah salah satu hal yang penting diketahui. Pasalnya, manfaat buah bit tidak perlu diragukan lagi karena telah teruji khasiatnya secara klinis.

Buah bit, dengan warna merah yang khas dan rasa yang unik, ternyata bukan hanya memberikan pengalaman kuliner yang menarik, tetapi juga kaya akan manfaat kesehatan. 

Berbagai penelitian telah menunjukkan bahwa konsumsi buah bit secara teratur dapat memberikan berbagai manfaat bagi tubuh manusia.

Baca Juga: 8 Manfaat Buah Cempedak Untuk Kesehatan, Simak Ya!

Merangkum dari Healthline, berikut beberapa manfaat buah bit untuk kesehatan:

1. Kaya Antioksidan

Buah bit mengandung senyawa antioksidan, seperti betasianin, yang dapat melawan radikal bebas dalam tubuh. Radikal bebas dapat menyebabkan kerusakan sel dan menjadi penyebab berbagai penyakit, termasuk kanker. Dengan mengonsumsi buah bit, Anda dapat membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan oksidatif.

Baca Juga: Ini 10 Manfaat Buah Duku Untuk Kesehatan Tubuh yang Tidak Terduga

2. Menurunkan Tekanan Darah

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa buah bit dapat membantu menurunkan tekanan darah. Kandungan nitrat alami dalam buah bit dapat membantu melebarkan pembuluh darah dan meningkatkan aliran darah, sehingga menurunkan tekanan darah dan mendukung kesehatan jantung.

3. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Kandungan vitamin C dalam buah bit dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Vitamin C dikenal memiliki peran penting dalam melawan infeksi dan menjaga kesehatan sel-sel tubuh. Dengan mengonsumsi buah bit, Anda dapat membantu tubuh melawan berbagai penyakit dan infeksi.

Baca Juga: 8 Manfaat Buah Kiwi Untuk Kesehatan yang Luar Biasa, Catat!

4. Mendukung Kesehatan Otak

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa senyawa nitrat dalam buah bit dapat meningkatkan aliran darah ke otak, sehingga meningkatkan kinerja kognitif. Konsumsi buah bit secara teratur dapat membantu menjaga kesehatan otak dan mengurangi risiko gangguan kognitif terkait usia.

5. Mengandung Serat Tinggi

Buah bit mengandung serat tinggi, yang penting untuk kesehatan pencernaan. Serat membantu menjaga keseimbangan bakteri baik dalam usus, mencegah sembelit, dan mendukung penyerapan nutrisi yang optimal.

Baca Juga: 8 Manfaat Rebung Untuk Kesehatan yang Luar Biasa, Apa Saja?

6. Menyokong Detoksifikasi

Betasianin, pigmen merah yang memberi warna pada buah bit, memiliki sifat detoksifikasi yang dapat membantu membersihkan racun dalam tubuh. Buah bit dapat menjadi bagian dari diet detoksifikasi alami untuk membantu membuang zat-zat berbahaya dari tubuh.

7. Mengurangi Risiko Kanker 

Beberapa studi menunjukkan bahwa konsumsi buah bit dapat membantu mengurangi risiko beberapa jenis kanker, terutama kanker kolon. Kandungan antioksidan dan serat dalam buah bit dapat membantu melindungi sel-sel dari pertumbuhan sel kanker yang tidak normal.

Baca Juga: Catat 7 Manfaat Daun Singkong Untuk Kesehatan, Sudah Tahu?

8. Mendukung Kesehatan Kulit

Nutrisi dalam buah bit, termasuk vitamin C dan antioksidan, dapat membantu menjaga kesehatan kulit. Mereka dapat melawan tanda penuaan dini, mengurangi kerusakan akibat sinar UV, dan memberikan kulit penampilan yang lebih segar.

Dengan begitu banyak manfaat kesehatan yang ditawarkan, memasukkan buah bit ke dalam pola makan sehat dapat menjadi langkah yang cerdas untuk meningkatkan kesehatan tubuh secara keseluruhan. Namun, sebaiknya selalu konsultasikan dengan profesional kesehatan sebelum mengubah atau menambahkan elemen baru dalam pola makan, terutama jika Anda memiliki kondisi kesehatan tertentu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU

×