kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45928,35   -6,99   -0.75%
  • EMAS1.321.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%
AKTUAL /

Cegah Penyakit Organ Hati, Inilah 8 Makanan yang Menyehatkan Liver


Selasa, 02 April 2024 / 12:47 WIB
Cegah Penyakit Organ Hati, Inilah 8 Makanan yang Menyehatkan Liver
ILUSTRASI. Manfaat makan brokoli

Penulis: Bimo Kresnomurti

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Periksa daftar makanan yang berguna untuk kesehatan liver atau hati, yang dapat membantu mencegah penyakit terkait. Anda dapat memasukkan berbagai jenis makanan ini ke dalam menu harian Anda.

Liver atau hati bertanggung jawab atas lebih dari 500 fungsi penting dalam tubuh, oleh karena itu penting untuk merawatnya dengan baik.

Salah satu fungsi utama liver adalah memproses dan mengolah darah, serta menghasilkan empedu untuk membantu dalam pembuangan limbah tubuh.

Anda bisa membayangkan liver sebagai penyaring yang menjaga tubuh tetap bersih, membersihkan darah dari zat-zat berbahaya, serta membantu sistem kekebalan tubuh melawan infeksi dengan memproduksi faktor kekebalan dan menghilangkan bakteri dari aliran darah.

Ini merupakan bagian integral dari sistem detoksifikasi alami tubuh.

Selain itu, liver juga berperan dalam produksi kolesterol dan protein yang diperlukan untuk transportasi lemak ke seluruh tubuh, serta mengubah glukosa tambahan menjadi glikogen untuk disimpan sebagai cadangan energi dalam tubuh.

Baca Juga: 10 Tanda Liver Harus Didetoksifikasi

Gizi untuk kesehatan hati

Penyakit liver

Berikut adalah beberapa nutrisi penting yang berperan dalam kesehatan hati:

  • Antioksidan (Vitamin C dan E, Selenium): Antioksidan membantu melindungi sel hati dari kerusakan akibat radikal bebas dan peradangan. Makanan seperti jeruk, stroberi, kacang almond, sayuran berdaun hijau, dan ikan tuna mengandung antioksidan ini.
  • B-Vitamin (B12, B6, Folate): Vitamin B kompleks penting untuk proses detoksifikasi hati dan metabolisme lemak. Makanan seperti hati sapi, ikan, ayam, kacang-kacangan, dan sayuran berdaun hijau mengandung banyak vitamin B.
  • Beta-Karoten: Ditemukan dalam sayuran berwarna oranye seperti wortel, labu, dan ubi jalar. Beta-karoten dapat membantu melindungi sel hati dari kerusakan dan peradangan.
  • Sumber Protein Berkualitas: Protein diperlukan untuk pembentukan dan perbaikan jaringan. Pilih sumber protein berkualitas seperti daging tanpa lemak, ikan, kacang-kacangan, dan produk susu rendah lemak.
  • Serat: Serat membantu mengatur pencernaan dan mempengaruhi metabolisme lemak. Serat dapat ditemukan dalam buah-buahan, sayuran, biji-bijian utuh, dan kacang-kacangan.
  • Sumber Lemak Sehat: Lemak sehat, seperti lemak tak jenuh (mono- dan poli-tak jenuh), dapat membantu mengurangi peradangan dan mendukung kesehatan hati. Sumber lemak sehat meliputi alpukat, kacang-kacangan, ikan berlemak, dan minyak zaitun.
  • Magnesium: Mineral ini berperan dalam fungsi enzim dan detoksifikasi. Makanan seperti kacang-kacangan, biji-bijian, sayuran hijau, dan ikan juga mengandung magnesium.

Salah satu penyakit yang menyerang liver adalah jenis penyakit liver berlemak nonalkohol atau NAFLD. Pemicu penyakit ini berupa obesitas, operasi bypass lambung, kolesterol tinggi, dan diabetes tipe 2.

Untuk itu, dalam upaya menjaga kesehatan liver dan fungsinya, perlu konsumsi makanan sehat berikut secara teratur.

Intip makanan untuk kesehatan liver yang bisa mencegah berbagai penyakit NAFLD dirangkum dari Good RX.

Baca Juga: 6 Minuman Ini Mengandung Senyawa yang Dapat Menurunkan Kadar Kolesterol

1. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan merupakan tambahan baik dalam diet karena kandungan lemak tak jenuh sehatnya. Konsumsi 28 gram kenari per hari dapat mengurangi risiko NAFLD menurut penelitian. Pola makan dengan asupan kacang-kacangan yang tinggi juga terkait dengan penurunan risiko NAFLD, terutama pada pria.

2. Biji-bijian

American Liver Foundation merekomendasikan mengganti daging merah dengan biji-bijian, lentil, dan buncis dalam pola makan. Biji-bijian rendah lemak jenuh dan tinggi serat, yang baik untuk kesehatan liver.

3. Buah Beri

Konsumsi blueberry, stroberi, dan raspberry ke dalam makanan atau camilan adalah pilihan cerdas karena kandungan seratnya yang tinggi. Buah beri juga kaya antioksidan, termasuk antosianin.

Penelitian telah menemukan hubungan antara antioksidan kuat dalam buah beri dan penurunan kerusakan liver. Antioksidan tersebut juga dapat membantu memperlambat pertumbuhan sel-sel kanker.

4. Buah Anggur

Sama seperti buah beri, anggur juga mengandung serat dan antioksidan. Anggur mengandung antioksidan yang disebut resveratrol, yang dapat membantu mencegah kerusakan liver lebih lanjut pada individu dengan NAFLD.

Studi menunjukkan bahwa orang dengan NAFLD yang mengonsumsi suplemen resveratrol dari ekstrak anggur mungkin mengalami peradangan yang lebih sedikit.

Buah anggur

5. Sayuran Hijau

Jika Anda menggemari brokoli, itu bisa menjadi langkah awal yang bagus untuk meningkatkan konsumsi sayuran secara rutin. Sayuran cruciferous seperti brokoli, kubis, dan sawi merupakan pilihan terbaik untuk mendukung kesehatan liver Anda.

Sayuran ini kaya serat yang bermanfaat bagi kesehatan liver. Selain itu, mereka mengandung antioksidan dan fitokimia yang dapat membantu mencegah kanker hati.

6. Ikan Berlemak

Ikan seperti salmon dan trout merupakan sumber baik lemak omega-3. Keseimbangan asam lemak omega-3 dan omega-6 penting untuk kesehatan liver. Lemak omega-3 dapat membantu melambatkan perkembangan NAFLD.

7. Kopi

Kopi dikenal baik untuk kesehatan liver, namun perlu diingat untuk menghindari penambahan gula berlebihan. Kopi memiliki sifat anti-inflamasi dan antioksidan, dan kopi tanpa kafein atau berkafein dapat bermanfaat.

8. Teh

Teh, terutama teh hijau, mengandung senyawa bioaktif dengan efek antioksidan dan antiinflamasi. Senyawa tersebut, seperti katekin, dapat membantu menurunkan risiko NAFLD dan mencegah kanker liver.

Penting untuk mengurangi makanan ultra-olahan dan cepat saji serta meningkatkan konsumsi buah, sayuran, kacang-kacangan, dan biji-bijian dalam pola makan Anda untuk menjaga kesehatan liver dan mencegah NAFLD.

Demikian informasi daftar makanan sehat untuk kesehatan liver atau hati yang bermanfaat untuk cegah penyakit non-alkohol.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU

×