kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45928,35   -6,99   -0.75%
  • EMAS1.321.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%
AKTUAL /

Cek 8 Makanan Pengganti Nasi Putih untuk Kebutuhan Karbohidrat


Selasa, 20 Februari 2024 / 11:28 WIB
Cek 8 Makanan Pengganti Nasi Putih untuk Kebutuhan Karbohidrat
ILUSTRASI. Jagung menjadi salah satu pengganti nasi putih

Penulis: Bimo Kresnomurti

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Simak beberapa makanan pengganti nasi putih yang memiliki kandungan gula atau glukosa rendah. Asupan karbohidrat tetap penting untuk memenuhi kebutuhan energi tubuh.

Mengonsumsi nasi merupakan bagian dari kebiasaan makan sebagai sumber karbohidrat utama bagi masyarakat Indonesia. Selain memberikan energi yang dibutuhkan tubuh, nasi juga menyediakan gizi dari karbohidrat kompleks untuk mendukung aktivitas sehari-hari.

Beberapa orang yang menjalani diet atau mengidap diabetes mungkin menghindari nasi dengan tingginya kandungan glukosa.

Sehingga, Anda perlu mempertimbangkan untuk mengganti nasi putih agar tetap memenuhi karbohidrat.

Baca Juga: Tinggi Kalori, Ini 5 Efek Samping Makan Durian Berlebihan yang Perlu Diwaspadai

Makanan apa yang sehat pengganti nasi?

Nasi putih

Makanan yang sehat dan bergizi sangat penting untuk dimakan saat makan rutin agar tubuh mendapatkan asupan nutrisi yang cukup dan memastikan kesehatan tetap terjaga. Konsumsi nasi berlebihan dapat memiliki dampak negatif pada kesehatan.

Beberapa masalah kesehatan yang mungkin timbul akibat konsumsi nasi berlebihan antara lain:

  • Kenaikan Berat Badan: Nasi mengandung karbohidrat, dan konsumsi berlebihan dapat menyebabkan peningkatan asupan kalori. Jika kalori yang dikonsumsi melebihi kebutuhan tubuh, hal ini dapat menyebabkan kenaikan berat badan.
  • Masalah Gula Darah: Konsumsi nasi yang berlebihan dapat menyebabkan lonjakan gula darah. Nasi putih, terutama, memiliki indeks glikemik tinggi, yang dapat menyebabkan peningkatan cepat kadar glukosa dalam darah.
  • Resiko Diabetes Tipe 2: Konsumsi nasi putih dalam jumlah besar telah dikaitkan dengan peningkatan risiko diabetes tipe 2. Gula darah yang tidak terkendali dapat menyebabkan resistensi insulin.
  • Masalah Pencernaan: Konsumsi nasi berlebihan, terutama yang tidak bersamaan dengan serat yang cukup, dapat menyebabkan masalah pencernaan seperti sembelit.

Pastikan kebutuhan karbohidrat pengganti nasi beserta protein dan sayuran agar kenyang lebih lama. Sehingga ini berdampak pada rasa lapar yang bisa timbul sewaktu-waktu.Berikut ini beberapa makanan pengganti nasi berikut tentu bisa jadi alternatif.

Berikut ini daftar makanan pengganti nasi putih untuk kebutuhan karbohidrat sehari-hari dilansir dari Health Line.

Baca Juga: 7 Tips Menjaga Kesehatan Tubuh Agar Tetap Prima saat Musim Hujan

1. Kentang Rebus

Kentang merupakan sumber karbohidrat rendah glukosa yang dapat menggantikan nasi putih secara baik. Selain itu, kentang juga mengandung serat dan vitamin C yang bermanfaat bagi kesehatan.

Penggunaan kentang rebus sebagai pengganti nasi sehari-hari dapat menjadi pilihan yang sehat. Namun, perlu diingat bahwa indeks glikemik kentang lebih tinggi dibandingkan dengan beberapa sayuran.

2. Roti Gandum

Roti gandum merupakan alternatif yang baik sebagai pengganti nasi dalam konsumsi sehari-hari. Kandungan serat tinggi dan karbohidrat kompleks dalam roti gandum dapat menjaga keseimbangan energi lebih lama.

Disarankan untuk memilih roti gandum rendah gula atau karbohidrat sederhana untuk mendukung rasa kenyang dan kesehatan lambung.

3. Kubis Cincang

Kubis cincang dapat menjadi opsi pengganti nasi dengan kalori dan karbohidrat yang lebih rendah. Mengonsumsi 75 gram kubis cincang dapat memenuhi sebagian kebutuhan harian vitamin C dan vitamin K, yang berperan dalam menjaga sirkulasi darah dan kesehatan tulang.

Beras Shirataki

4. Beras Shirataki

Shirataki rice merupakan pengganti nasi dengan kandungan karbohidrat dan kalori yang lebih rendah. Mengandung glukomanan, jenis serat unik, shirataki rice dapat memberikan perlindungan di sepanjang usus tanpa memberikan kalori dalam jumlah signifikan.

5. Quinoa

Quinoa atau biji gandum memiliki kandungan protein yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan nasi biasa. Sebanyak 92 gram quinoa mengandung 4 gram protein dan sembilan jenis asam amino.

Cocok untuk dikonsumsi oleh vegan, quinoa tidak hanya tinggi protein tetapi juga mengandung nutrisi dan mineral lainnya. Jika Anda intoleran terhadap gluten, pastikan memilih quinoa dengan label "gluten free."

6. Barley

Barley mirip dengan gandum atau oatmeal dalam bentuknya. Dengan kandungan 81 gram barley, Anda dapat memperoleh 100 kalori, lebih banyak protein, dan serat. Barley juga mengandung nutrisi penting seperti zinc, niacin, dan selenium.

7. Oatmeal Tawar

Oatmeal menjadi sumber karbohidrat rendah glukosa yang mengandung tinggi serat dan protein. Sebagai opsi pengganti nasi, oatmeal dapat dijadikan makanan sehat dan bergizi, terutama saat disajikan dengan lauk tinggi protein seperti daging ayam atau sapi sesuai dengan porsi yang tepat.

Meskipun sejumlah makanan di atas dapat menjadi alternatif sehat dan rendah glukosa untuk menggantikan nasi, penting untuk mengonsumsinya dalam jumlah yang sesuai agar tidak berlebihan.

8. Jagung

Jagung bisa menjadi alternatif pengganti nasi dalam konsumsi makanan. Jagung mengandung karbohidrat yang dapat memberikan energi, meskipun tidak sebanyak nasi. Selain itu, jagung juga kaya serat, vitamin, dan mineral.

Anda bisa konsumsi jagung direbus atau menjadi campuran pada masakan berat lainnya. Selain itu, konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter atau ahli gizi jika memiliki masalah dengan glukosa darah rendah atau memiliki kondisi medis lainnya sebelum mengganti nasi dengan jenis makanan lainnya.

Dari beberapa penjelasan makanan pengganti nasi putih yang rendah glukosa untuk dikonsumsi sehari-hari.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU

×