kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45908,97   7,57   0.84%
  • EMAS1.354.000 1,65%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%
AKTUAL /

Daftar Manfaat Terong Ungu Untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui


Senin, 08 April 2024 / 12:30 WIB
Daftar Manfaat Terong Ungu Untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui
ILUSTRASI. Terong ungu

Penulis: Ryan Suherlan

KONTAN.CO.ID - Manfaat terong ungu untuk kesehatan nampaknya masih jarang diketahui banyak orang. Perlu Anda ketahui, manfaat terong ungu bisa didapatkan dengan mudah jika diolah dan dikonsumsi dengan benar.

Terong ungu, atau yang juga dikenal dengan nama aubergine atau eggplant, adalah jenis terong dengan warna ungu yang khas. 

Tidak hanya memberikan warna menarik pada hidangan, tetapi terong ungu juga menyediakan sejumlah manfaat kesehatan yang luar biasa.

Baca Juga: Daftar Manfaat Jus Semangka Untuk Kesehatan, Sudah Tahu?

Merangkum dari WebMD, berikut beberapa manfaat terong ungu untuk kesehatan:

Kandungan Antioksidan Tinggi

Terong ungu mengandung senyawa antioksidan, seperti anthocyanin dan flavonoid, yang dapat melawan radikal bebas dalam tubuh. Antioksidan ini membantu melindungi sel-sel dari kerusakan oksidatif dan dapat mengurangi risiko penyakit kronis, termasuk penyakit jantung dan kanker.

Menyokong Kesehatan Jantung

Kandungan serat, kalium, dan antioksidan dalam terong ungu dapat membantu menurunkan tekanan darah dan mengurangi risiko penyakit jantung. Serat membantu mengendalikan kadar kolesterol dalam darah, sementara kalium membantu menjaga keseimbangan tekanan darah.

Baca Juga: Manfaat Sawi Putih Untuk Kesehatan, Ada 8 Hal Menarik

Mengelola Diabetes

Terong ungu dapat menjadi pilihan yang baik untuk penderita diabetes karena kandungan seratnya yang tinggi. Serat membantu mengontrol kadar gula dalam darah dengan mengatur penyerapan glukosa. Selain itu, beberapa penelitian menunjukkan bahwa senyawa dalam terong dapat membantu meningkatkan sensitivitas insulin.

Mendukung Fungsi Otak

Terong ungu mengandung nutrisi penting seperti vitamin B6, folat, dan antioksidan yang dapat mendukung kesehatan otak. Vitamin B6, misalnya, berperan dalam produksi neurotransmitter, sementara folat penting untuk perkembangan sel-sel saraf.

Menyediakan Nutrisi Penting

Terong ungu kaya akan nutrisi seperti vitamin C, K, B6, folat, tembaga, mangan, dan serat. Nutrisi ini diperlukan untuk menjaga kesehatan tulang, sistem kekebalan tubuh, dan berbagai fungsi tubuh lainnya.

Baca Juga: Manfaat Labu Kuning Untuk Kesehatan, Banyak Hal Tidak Terduga

Mengandung Zat Antiinflamasi

Beberapa senyawa dalam terong, seperti nasunin, memiliki sifat antiinflamasi. Ini dapat membantu mengurangi peradangan dalam tubuh, yang dapat berkontribusi pada berbagai kondisi kesehatan, termasuk arthritis dan penyakit inflamasi lainnya.

Menjaga Berat Badan yang Sehat

Kandungan serat tinggi dalam terong ungu dapat memberikan rasa kenyang lebih lama, membantu mengontrol nafsu makan, dan mendukung program penurunan berat badan.

Baca Juga: Daftar Manfaat Buah Ciplukan Untuk Kesehatan yang Menarik Diketahui

Meningkatkan Kesehatan Pencernaan

Serat dalam terong ungu juga bermanfaat untuk kesehatan pencernaan. Serat membantu melancarkan saluran pencernaan, mencegah sembelit, dan mendukung pertumbuhan bakteri baik dalam usus.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Terpopuler
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

×