kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.515.000   -6.000   -0,39%
  • USD/IDR 15.602   42,00   0,27%
  • IDX 7.757   -30,69   -0,39%
  • KOMPAS100 1.201   -5,69   -0,47%
  • LQ45 952   -2,90   -0,30%
  • ISSI 234   -1,44   -0,61%
  • IDX30 491   -1,85   -0,38%
  • IDXHIDIV20 585   -1,76   -0,30%
  • IDX80 137   -0,67   -0,49%
  • IDXV30 143   -0,51   -0,36%
  • IDXQ30 162   -0,38   -0,23%
AKTUAL /

Ingin Muntah Mendadak? Ini 5 Cara Mengatasi Rasa Mual Sebelum Tidur


Sabtu, 23 Maret 2024 / 15:45 WIB
Ingin Muntah Mendadak? Ini 5 Cara Mengatasi Rasa Mual Sebelum Tidur
ILUSTRASI. Mual atau asam?lambung naik

Penulis: Bimo Kresnomurti

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pahami penyebab perut mual sebelum tidur dan cara mengatasinya. Kondisi perut seseorang bisa berbeda saat memasuki malam hari.

Mual sebelum tidur menjadi sensasi tidak nyaman di perut yang menyebabkan keinginan untuk muntah atau rasa tidak enak sebelum seseorang tidur. Ini bisa menjadi gejala yang cukup umum dan dapat disebabkan oleh berbagai faktor, seperti:

Makanan atau Minuman yang Tidak Cocok: Mengonsumsi makanan atau minuman tertentu yang tidak cocok dengan tubuh Anda bisa menyebabkan mual sebelum tidur.

Misalnya, makanan berlemak tinggi, makanan pedas, atau minuman berkafein bisa mengiritasi lambung dan menyebabkan ketidaknyamanan.

Baca Juga: Ada 10 Jenis Makanan yang Dihindari Saat Perut Mual, Apa Saja?

Penyebab perut mual

Mual

Selain itu, ada beberapa penyebab perut mual sebelum tidur yang perlu Anda pahami.

Stres atau Kecemasan: Stres atau kecemasan yang dialami seseorang bisa memengaruhi sistem pencernaan dan menyebabkan mual. Mual sebelum tidur bisa menjadi salah satu gejala dari kondisi ini.

Kehamilan: Pada wanita hamil, mual seringkali menjadi gejala yang dialami terutama di pagi hari (morning sickness). Namun, mual juga bisa terjadi pada berbagai waktu termasuk sebelum tidur.

Penyakit atau Gangguan Pencernaan: Beberapa kondisi medis seperti gastritis, GERD (gastroesophageal reflux disease), maag, atau penyakit lain yang memengaruhi sistem pencernaan bisa menyebabkan mual sebelum tidur.

Efek Samping Obat: Beberapa obat-obatan tertentu memiliki efek samping yang termasuk mual atau gangguan pencernaan, terutama jika diminum sebelum tidur.

Baca Juga: Kenali Tanda Maag Kambuh dan 5 Cara Mengatasinya

Cara mengatasi rasa mual sebelum tidur

Lalu, apa saja penanganan perut mual sebelum tidur? Simak informasi selengkapnya dilansir dari laman The Joint.

1. Jaga Makan Malam Lebih Rendah Sodium

Ingat bagaimana perasaan Anda keesokan paginya setelah makan hamburger besar dengan kentang goreng. Anda mungkin merasa sangat kembung dan menyadari wajah Anda sedikit bengkak.

Anda dapat mencoba makan makanan sehat dan rendah sodium. Pilihan terbaik adalah protein tanpa lemak dengan tambahan sayuran kukus.

2. Olahraga Malam Hari

Bagi sebagian orang, berolahraga terlalu dekat dengan waktu tidur dapat membuat mereka tidak bisa tertidur. Sebuah penelitian menemukan bahwa kebanyakan orang akan menikmati tidur yang lebih baik kapan pun mereka berolahraga.

Anda bisa mengumpulkan keringat di malam hari akan membantu Anda membakar kalori dan bahkan mengeluarkan beberapa racun.

3. Minum lebih banyak air

Jika Anda merasa kembung, air adalah kunci untuk mengeluarkan Anda. Anda mungkin merasa sedikit lebih kembung karena kelebihan air, tetapi tubuh Anda akan menyeimbangkan dirinya sendiri di malam hari.

Pastikan untuk berhenti minum air satu jam sebelum tidur agar kandung kemih Anda tidak merusak peluang Anda untuk tidur malam yang nyenyak.

4. Siapkan Makan Siang

Nah, menyiapkan makan siang yang sehat pada malam sebelumnya akan menyelamatkan Anda dari mengunjungi restoran cepat saji. Sekalipun Anda memilih menu makanan cepat saji yang paling sehat, makanan tersebut tetap mengandung terlalu banyak natrium.

Sebaliknya, manfaatkan waktu yang dimiliki di malam hari untuk menyiapkan makanan yang sehat dan seimbang. Cobalah membuat salad atau menyatukan ayam panggang, sayuran kukus, dan nasi merah.

5. Tidur di Kamar Ekstra Gelap

Semakin gelap ruangan, semakin baik Anda tidur. Ruangan gelap membantu tubuh Anda memproduksi lebih banyak hormon, melatonin. Melatonin membantu tubuh Anda memproduksi lebih banyak lemak coklat yang membakar kalori.

Itulah beberapa solusi yang dapat dicoba saat Anda merasa mual sebelum tidur tak kunjung hilang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
FREE WEBINAR - Bongkar Strategi Viral Digital Marketing Terbaru 2025 FREE WEBINAR - The Psychology of Selling

×