kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45905,91   7,13   0.79%
  • EMAS1.325.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%
AKTUAL /

Ini 11 Pantangan Makanan Kolesterol Tinggi yang Sebaiknya Dihindari


Sabtu, 30 Maret 2024 / 09:00 WIB
Ini 11 Pantangan Makanan Kolesterol Tinggi yang Sebaiknya Dihindari
ILUSTRASI. Jeroan Sapi, Pantangan Makanan Kolesterol Tinggi

Penulis: Virdita Ratriani

KONTAN.CO.ID - Pantangan makanan kolesterol tinggi sebaiknya dihindari atau asupannya dibatasi untuk menjaga kesehatan tubuh. Pasalnya, makanan tersebut dapat menaikkan kadar kolesterol dalam darah. 

Kolesterol sebenarnya berguna untuk tubuh. Namun, jika ada terlalu banyak kolesterol dalam darah dapat merusak kesehatan terutama terkait dengan aliran darah pada organ-organ vital seperti jantung dan otak. 

Untuk itu, sebaiknya kita membatasi asupan pantangan makanan kolesterol tinggi untuk menghindari sejumlah penyakit. 

Nah, selain menghindari makanan yang mengandung kolesterol tinggi, kita juga bisa mengonsumsi makanan penurun kolesterol.

Lantas, apa saja pantangan makanan kolesterol tinggi yang sebaiknya dihindari?  

Baca Juga: Manfaat Daun Melinjo Untuk Kesehatan, Ada 10 Hal Menarik

Daftar pantangan makanan kolesterol tinggi 


Gorengan, Pantangan Makanan Kolesterol Tinggi

Dirangkum dari laman Kementerian Kesehatan dan Healthline, berikut adalah daftar pantangan makanan tinggi kolesterol yang sebaiknya dihindari atau jangan terlalu sering dikonsumsi: 

1. Gorengan 

Gorengan adalah salah satu pantangan makanan kolesterol tinggi yang sebaiknya dihindari. Apalagi bila digoreng dengan menggunakan minyak yang sudah dipakai berkali-kali.

Baca Juga: Makan Gorengan Tiap Hari Saat Buka Puasa, Apa Efeknya?

2. Otak sapi dan jerohan

Pantangan makanan kolesterol tinggi selanjutnya adalah otak sapi dan jerohan. Kandungan kolesterol dalam 10 gram otak sapi bisa sampai 2.500 mg. 

Untuk itu, sebaiknya kurangi makanan-makanan yang bersumber dari makanan hewani yang memiliki lemak jenuh yang tinggi. Tambahkan makanan yang lebih sehat seperti ikan, sayuran, dan jenis makanan sehat lainnya.

3. Kuning telur 

Kuning telur juga termasuk pantangan makanan kolesterol tinggi dibandingkan makanan lainnya. 

Dalam 100 gram kuning telur setidaknya memiliki kandungan kolesterol sekitar 1.200 miligram atau 400% lebih jika dibandingkan dengan kolesterol yang dibutuhkan setiap harinya.

Namun, penelitian menunjukkan bahwa telur tidak meningkatkan kadar kolesterol secara signifikan. Selain itu, mengonsumsi dan telur utuh dapat meningkatkan kolesterol HDL (baik) yang bermanfaat bagi kesehatan jantung. 

Selain kaya akan kolesterol, telur adalah sumber protein yang sangat mudah diserap. Telur juga mengandung sejumlah nutrisi penting seperti selenium, vitamin A, dan beberapa vitamin B. 

Studi juga menunjukkan bahwa makan 1 hingga 3 butir telur per hari sangat aman untuk orang sehat. 

Baca Juga: Bukan Dimakan! Ini Meredakan Nyeri Akibat Asam Urat Menggunakan Cabai

4. Hati 

Makanan yang mengandung kolesterol tinggi salah satunya adalah hati. Dalam 100 gram hati setidaknya terdapat 564 mg kolesterol atau mencapai 188% dari konsumsi kolesterol harian.

Sementara, dalam 1 ons hati yang diolah menjadi masakan setidaknya mengandung 311 mg kolesterol.

5. Butter 

Kemudian, pantangan makanan yang mengandung kolesterol tinggi adalah butter. Dalam 100 mg butter memiliki kandungan kolesterol sekitar 215 mg. 

Sementara dalam 1 sendok makan butter mengandung 20 mg kolesterol. Untuk itu, Anda harus memerhatikan ketika mengonsumsi makanan yang mengandung butter seperti roti, kue, dan makanan lainnya.

Baca Juga: 5 Buah Kaya Vitamin Ini untuk Menurunkan Kolesterol Jahat dan Tekanan Darah Tinggi

6. Udang 

Udang diketahui adalah salah satu pantangan makanan kolesterol tinggi. Setidaknya 195 mg kolesterol terkandung dalam setiap 100 mg udang. 

7. Makanan cepat saji 

Makanan cepat saji juga merupakan makanan kolesterol tinggi. Dalam makanan cepat saji umumnya terdapat kandungan minyak jenuh yang menjadikan makanan cepat saji tersebut tinggi akan kolesterol. 

Lemak jenuh ini terbentuk dari adanya penambahan hidrogen pada minyak sayur yang digunakan untuk untuk menggoreng makanan cepat saji.

8. Keju

Keju juga merupakan makanan kolesterol tinggi. Dalam satu irisan keju seberat 22 gram mengandung 20 mg kolesterol.

Meski demikian, keju tidak meningkatkan kadar kolesterol secara signifikan. Studi selama 12 minggu pada 162 orang menemukan bahwa mengonsumsi 80 gram keju penuh lemak per hari, tidak meningkatkan kadar kolesterol LDL (jahat). 

Berbagai jenis keju juga memiliki kandungan nutrisi yang berbeda-beda, seperti kalsium, protein, vitamin A, dan vitamin B. 

Namun, karena keju tinggi kalori, batasi konsumsinya sebanyak 28 hingga 56 gram per hari. 

Baca Juga: Cocok Jadi Takjil, Ini 9 Manfaat Buah Markisa Untuk Kesehatan

9. Kerang

Kerang termasuk kepiting dan udang merupakan sumber protein, vitamin B, zat besi, dan selenium yang sangat baik. Namun, kerang juga termasuk pantangan makanan kolesterol tinggi. 

Selain itu, kerang mengandung komponen bioaktif, seperti antioksidan karotenoid dan asam amino taurin, yang membantu mencegah penyakit jantung dan menurunkan kolesterol LDL (jahat). 

10. Daging olahan

Daging olahan, seperti sosis, bacon, dan hot dog, merupakan makanan yang mengandung kolesterol tinggi yang harus Anda batasi.

Asupan tinggi dari makanan ini terkait dengan peningkatan risiko terkena penyakit jantung dan kanker tertentu, seperti kanker usus besar. 

Baca Juga: 11 Makanan & Minuman Pantangan Penderita Diabetes & Pradiabetes

Sebuah studi terhadap lebih dari 614.000 peserta mengaitkan konsumsi 50 gram daging olahan per hari bisa meningkatkan risiko terkena penyakit jantung 42% lebih tinggi. 

11. Dessert atau camilan manis 

Dessert berupa camilan manis, kue, es krim, kue kering, dan makanan manis lainnya cenderung tinggi kolesterol, tinggi gula, lemak tidak sehat, dan kalori.

Sering mengonsumsi makanan kolesterol tinggi ini dapat berdampak negatif bagi kesehatan dan menyebabkan kenaikan berat badan seiring waktu. Penelitian telah mengaitkan asupan gula dengan obesitas, diabetes, penyakit jantung, penurunan mental, dan kanker tertentu. 

Selain itu, makanan ini seringkali tidak mengandung nutrisi yang dibutuhkan tubuh seperti vitamin, mineral, protein, dan lemak sehat.

Baca Juga: Rekomendasi Jenis dan Waktu Olahraga yang Bisa Dilakukan saat Puasa Ramadan

Makanan yang menurunkan kadar kolesterol 

Santap beberapa makanan ini yang dapat membantu menurunkan atau menyeimbangkan kolesterol dalam darah:

  1. Biji-bijian gandum dan berbagai jenis serelia dengan kulit ari yang masih utuh.
  2. Menggunakan minyak yang berasal dari tanaman seperti minyak kanola, bunga matahari, dan minyak zaitun. 
  3. Sekitar 2-3 porsi ikan per minggu dapat menurunkan kadar LDL dengan dua cara, yaitu sebagai pengganti daging dan sumber lemak omega-3 sebagai penekan LDL.
  4. Kacang-kacangan seperti kacang merah dan almond.
  5. Konsumsi buah apel, anggur, dan jeruk yang kaya kandungan pektin, sebagai serat larut yang menekan LDL. Terong juga mengandung serat larut tinggi. Anda juga bisa mengonsumsi avokad yang tinggi kandungan lemak tidak jenuhnya.
  6. Mengonsumsi kedelai dan produk olahan dari kedelai, seperti tempe, tahu dan susu kedelai.

Demikian sejumlah pantangan makanan kolesterol tinggi yang sebaiknya dihindari. 

Selanjutnya: Untung Besar 20,74%! Harga Emas Antam Hari Ini Bikin Pembeli 1,5 Tahun Lalu Senang

Menarik Dibaca: 7 Tips Hemat Belanja Awal Bulan Jelang Lebaran untuk Keluarga, Anti Boros

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

×