kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45902,10   9,52   1.07%
  • EMAS1.332.000 0,60%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%
AKTUAL /

Cocok Jadi Takjil, Ini 9 Manfaat Buah Markisa Untuk Kesehatan


Kamis, 21 Maret 2024 / 14:09 WIB
Cocok Jadi Takjil, Ini 9 Manfaat Buah Markisa Untuk Kesehatan
ILUSTRASI. Buah Markisa

Penulis: Ryan Suherlan

Manfaat Buah Markisa - Manfaat buah markisa untuk kesehatan tubuh adalah salah satu hal yang penting diketahui. Tidak hanya itu, buah markisa memiliki rasa yang segar dan cocok dijadikan takjil saat buka puasa.

Buah markisa juga dikenal mempunyai rasa yang khas dan bisa diolah menjadi berbagai jenis makanan yang enak dikonsumsi. 

Lantas, apa manfaat buah markisa untuk kesehatan?

Baca Juga: Manfaat Kubis Merah Untuk Kesehatan, Ada 7 Hal Menarik

Melansir dari Health, nutrisi buah markisa dapat mendukung fungsi kekebalan tubuh, kesehatan usus, pengendalian gula darah, dan kesehatan jantung.

Selain itu, berikut beberapa rangkuman manfaat buah markisa untuk kesehatan:

Sumber Antioksidan

Buah markisa mengandung antioksidan tinggi, seperti vitamin C, vitamin A, dan flavonoid. Antioksidan ini membantu melawan radikal bebas dalam tubuh yang dapat merusak sel-sel dan menyebabkan berbagai masalah kesehatan, termasuk penyakit jantung, kanker, dan penuaan dini.

Baca Juga: Manfaat Daun Ketumbar Untuk Kesehatan, Cek 7 Hal Menarik Ini

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Vitamin C dalam markisa membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh. Dengan mengonsumsi buah ini secara teratur, Anda dapat meningkatkan kemampuan tubuh dalam melawan infeksi dan penyakit.

Mendukung Kesehatan Kulit

Markisa mengandung vitamin A yang baik untuk kesehatan kulit. Vitamin A membantu memperbaiki dan meremajakan kulit, serta menjaga tekstur dan elastisitasnya. Selain itu, antioksidan dalam markisa juga melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar UV.

Baca Juga: Manfaat Jus Bayam Untuk Kesehatan, Cocok Dijadikan Menu Buka Puasa

Membantu Menurunkan Berat Badan

Buah markisa rendah kalori dan tinggi serat, sehingga cocok sebagai bagian dari diet penurunan berat badan. Serat dalam markisa membantu mengontrol nafsu makan dan menjaga perasaan kenyang lebih lama.

Meningkatkan Kesehatan Jantung

Kandungan serat, vitamin C, dan potasium dalam buah markisa dapat membantu menjaga kesehatan jantung. Serat membantu mengurangi kadar kolesterol jahat dalam darah, sedangkan potasium membantu mengatur tekanan darah.

Membantu Pencernaan

Serat dalam markisa juga bermanfaat bagi pencernaan. Serat membantu mencegah sembelit, meningkatkan gerakan usus, dan menjaga kesehatan saluran pencernaan Anda.

Baca Juga: Manfaat Buah Cempedak Untuk Kesehatan, Ada 6 Hal Menarik

Menyediakan Nutrisi Penting

Buah markisa mengandung berbagai nutrisi penting, seperti vitamin C, vitamin A, vitamin B, asam folat, dan zat besi. Nutrisi ini penting untuk berbagai fungsi tubuh, termasuk pembentukan sel darah merah, pertumbuhan sel-sel kulit, dan metabolisme.

Membantu Mengendalikan Diabetes

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa ekstrak markisa dapat membantu mengendalikan kadar gula darah. Ini dapat membantu individu dengan diabetes tipe 2 dalam menjaga tingkat gula darah yang sehat.

Baca Juga: Manfaat Durian Untuk Kesehatan Jika Dikonsumsi Dengan Benar, Catat 8 Hal Ini

Menyegarkan Tubuh

Buah markisa memiliki rasa yang segar dan asam, sehingga cocok untuk mengatasi rasa haus di hari yang panas. Anda dapat mengonsumsinya sebagai jus atau menyantap daging buahnya langsung.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Terpopuler
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

×