kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.443.000   13.000   0,91%
  • USD/IDR 15.155   87,00   0,57%
  • IDX 7.743   -162,39   -2,05%
  • KOMPAS100 1.193   -15,01   -1,24%
  • LQ45 973   -6,48   -0,66%
  • ISSI 227   -2,76   -1,20%
  • IDX30 497   -3,22   -0,64%
  • IDXHIDIV20 600   -2,04   -0,34%
  • IDX80 136   -0,80   -0,58%
  • IDXV30 141   0,18   0,13%
  • IDXQ30 166   -0,60   -0,36%
AKTUAL /

Intip 4 Makanan yang Membantu Penyembuhan Luka dengan Cepat


Jumat, 01 Maret 2024 / 11:57 WIB
Intip 4 Makanan yang Membantu Penyembuhan Luka dengan Cepat
ILUSTRASI. Makanan yang Membantu Penyembuhan Luka dengan Cepat.dok/Eat Delights

Penulis: Bimo Kresnomurti

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Cek daftar makanan yang dapat mempercepat proses penyembuhan luka dan mudah ditemukan. Selama masa penyembuhan, seperti setelah operasi atau akibat kecelakaan, tubuh memerlukan asupan nutrisi yang mencukupi.

Beberapa jenis makanan yang dianjurkan selama masa penyembuhan sebaiknya mengandung serat dan protein untuk membantu tubuh memperbaiki jaringan.

Pastinya, makanan-makanan tersebut dapat dengan mudah ditemukan dan disiapkan sebagai hidangan lezat yang dapat meningkatkan selera makan.

Pilihan makanan yang sehat dan kaya nutrisi dapat berperan dalam mempercepat proses penyembuhan luka.

Baca Juga: Ini 7 Gejala Awal Tetanus hingga Lanjutan yang Perlu Segera Diobati

Ilustrasi Kesehatan

Berikut beberapa jenis makanan yang dapat mendukung proses penyembuhan luka:

  • Protein: Nutrisi ini esensial untuk memperbaiki jaringan tubuh. Pilihlah sumber protein sehat seperti daging tanpa lemak, ikan, ayam, telur, kacang-kacangan, dan produk susu rendah lemak.
  • Vitamin C: Berperan penting dalam pembentukan kolagen, yang mendukung perbaikan jaringan dan penyembuhan luka. Temukan vitamin C dalam jeruk, stroberi, kiwi, mangga, tomat, dan paprika.
  • Vitamin A: Membantu mempercepat pembentukan dan regenerasi jaringan. Konsumsi makanan kaya vitamin A seperti wortel, bayam, brokoli, ubi jalar, dan hati sapi.
  • Zinc: Penting untuk proses penyembuhan luka karena berkontribusi pada produksi kolagen dan perbaikan jaringan. Sumber seng meliputi daging merah, kerang, kacang-kacangan, dan biji labu.
  • Omega-3: Asam lemak omega-3 memiliki efek antiinflamasi dan mendukung proses penyembuhan. Temukan omega-3 dalam ikan berlemak seperti salmon, sarden, dan trout, serta biji chia, biji rami, dan kenari.
  • Serat: Membantu menjaga kesehatan pencernaan, yang sangat penting untuk penyerapan nutrisi yang optimal. Pilih sumber serat seperti biji-bijian utuh, sayuran, buah-buahan, dan kacang-kacangan.
  • Air: Memastikan tubuh terhidrasi dengan cukup air juga sangat penting untuk mendukung proses penyembuhan luka.

Baca Juga: Apa Itu Trigger Finger atau Jari Menekuk? Ini Gejala, Penyebab, dan Cara Mengobatinya

Makanan untuk penyembuhan luka

Simak rekomendasi makanan untuk mempercepat pemulihan luka dirangkum dari Very Well Health.

1. Buah-buahan dan Sayuran Segar

Buah dan sayuran segar kaya akan serat, vitamin, dan mineral yang mendukung proses penyembuhan pasca operasi. Meskipun begitu, perlu diingat untuk mengontrol asupan, mengingat konsumsi berlebihan bisa menyebabkan efek samping seperti diare atau kembung.

Pengaturan jumlah konsumsi akan membantu menghindari tekanan berlebihan pada sistem pencernaan dan mempromosikan proses penyembuhan yang optimal.

2. Ikan Segar

Ikan menjadi pilihan yang baik untuk mempercepat penyembuhan luka karena mengandung protein tinggi. Protein tersebut berperan penting dalam meregenerasi sel-sel tubuh setelah operasi. Pemilihan ikan yang mudah dimasak atau dimakan akan meningkatkan nafsu makan, memberikan nutrisi esensial, dan mendukung proses pemulihan.

3. Biji-bijian Utuh

Biji-bijian utuh bukan hanya memberikan dosis serat yang esensial, tetapi juga merupakan sumber vitamin, mineral, dan nutrisi penting lainnya. Mereka memiliki peran penting dalam menjaga keberlanjutan diet pasca operasi dengan menyediakan nutrisi yang diperlukan untuk penyembuhan luka.

Meskipun biji-bijian seperti beras merah lebih unggul daripada beras putih dalam hal nutrisi, penting untuk memilih biji-bijian yang belum banyak diproses untuk mendapatkan manfaat optimal.

4. Daging Ayam dan Daging Merah

Keduanya merupakan sumber protein yang sangat dibutuhkan untuk mempercepat proses pemulihan. Meskipun penting untuk memasukkan protein dalam diet, perlu dihindari konsumsi lemak jenuh yang berlebihan, terutama dalam daging merah dan daging olahan.

Konsumsi berlebihan lemak jenuh dapat menyebabkan peradangan dan masalah pencernaan, sehingga perlu diatur dengan cermat untuk mendukung penyembuhan yang efektif.

Selain memperhatikan jenis makanan, perlu juga untuk menjaga pola makan secara keseluruhan dan memastikan asupan nutrisi yang seimbang. Menghindari makanan olahan tinggi gula dan lemak jenuh juga merupakan langkah penting untuk mendukung proses penyembuhan pasca operasi.

Alangkah lebih baik, Anda juga bisa membuat menu harian agar makanan lebih bervariasi. Pastikan Anda juga mengetahui jenis makanan alergen untuk menghindari adanya reaksi pada kulit Anda.

Itulah sederet informasi terkait makanan untuk penyembuhan luka yang mudah didapatkan dan dikonsumsi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Distribution Planning (SCMDP) Supply Chain Management Principles (SCMP)

×