kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45893,43   -4,59   -0.51%
  • EMAS1.333.000 0,53%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%
AKTUAL /

Konsep Cashflow Quandrant Robert Kiyosaki: Beralih dari Karyawan Menjadi Investor


Selasa, 30 Januari 2024 / 07:50 WIB
Konsep Cashflow Quandrant Robert Kiyosaki: Beralih dari Karyawan Menjadi Investor
ILUSTRASI. Cashflow Quadrant atau Kuadran Arus Kas merupakan konsep yang dikembangkan oleh Robert Kiyosaki.

Reporter: Barratut Taqiyyah Rafie | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - Pernah mendengar tentang konsep Cashflow Quadrant? 

Mengutip Wealthfit.com, Cashflow Quadrant atau Kuadran Arus Kas merupakan konsep yang dikembangkan oleh Robert Kiyosaki. 

Ini adalah salah satu sumber berguna yang dapat digunakan untuk menganalisis kehidupan profesional seseorang.

Anda mungkin pernah mendengar tentang Robert Kiyosaki sebelumnya: dia adalah salah satu penulis bisnis paling berpengaruh saat ini dan terkenal karena seri buku Rich Dad-nya, termasuk buku terlarisnya pada tahun 1997, Rich Dad Poor Dad.

Cashflow Quadrant adalah konsep yang sangat sederhana yang memiliki banyak kegunaan untuk karier seseorang.

Pengertian Cashflow Quadrant

Ada dua hal penting yang perlu Anda pahami tentang Cashflow Quadrant.

Pertama, masing-masing huruf mewakili jenis pekerja:

- E adalah singkatan dari employee alias karyawan.
- S singkatan dari self employee alias wiraswasta.
- B berarti business owner alias pemilik bisnis.
- I mewakili investor.

Kedua, kuadran arus kas dibagi secara vertikal menjadi dua bagian. Dengan kata lain, E dan S berpasangan, begitu pula B dan I.

Baca Juga: Bukan Sosialis, Robert Kiyosaki Mengaku Kapitalis karena Alasan Ini

Manfaat Menggunakan Cashflow Quadrant

Pertama, kuadran arus kas akan membantu Anda memahami dan mengubah kuadran spesifik tempat Anda berada.

Seperti yang disebutkan Kiyosaki dalam bukunya, kuadran ini secara khusus akan menguntungkan karyawan dan wiraswasta yang ingin menjadi pemilik bisnis atau investor.

Kiyosaki menyebut hal ini sebagai jalan menuju kebebasan finansial, yang Anda peroleh ketika Anda berhenti bekerja demi uang dan mulai menjadikan uang bekerja untuk Anda.

Kedua, kuadran juga bagus untuk siapa saja yang ingin mengevaluasi (atau mengevaluasi kembali) kariernya.

Pasalnya, hal itu memaksa Anda untuk mengambil langkah mundur dan melihat keseluruhan kehidupan profesional Anda.

Apa pun tujuan Anda, kuadran arus kas akan membantu Anda menempatkannya dalam perspektif dan memikirkan gambaran besarnya.

Terakhir, menggunakan kuadran sebagai latihan akan bermanfaat. Itu membuat Anda berpikir tentang bagaimana Anda menghasilkan uang dan seperti apa kehidupan kerja Anda.

Lebih jauh lagi, ini membuat Anda berpikir tentang seberapa puas Anda dengan kuadran Anda saat ini.

Mengupas Cashflow Quadrant

Melansir blog resmi Kiyosaki, Richdad.com, berikut adalah penjelasan lebih jelas mengenai Cashflow Quadrant:

- Sisi kiri Cashflow Quadrant

Banyak orang menjadi karyawan yang mengandalkan gaji. Yang lain mungkin wiraswasta. Karyawan dan wiraswasta berada di sisi kiri Kuadran CASHFLOW. Sisi kanan diperuntukkan bagi individu yang menerima uang tunai dari bisnis atau investasi yang mereka miliki.

E dan S membayar pajak paling banyak dan menukar waktu mereka dengan uang. Dan masing-masing mempunyai pola pikir yang berbeda.

Baca Juga: Contek 7 Rahasia Kaya Raya Robert Kiyosaki untuk Panduan Investasi 2024

E untuk karyawan

Pada akhirnya, hal terpenting bagi karyawan adalah keamanan. Ayah Robert yang miskin adalah seorang karyawan sepanjang hidupnya dan dia hanya mendambakan keamanan. Pada akhirnya, dia tidak mengerti mengapa Robert ingin menjadi pemilik bisnis dan investor. Baginya, tidak ada yang lebih berisiko dari itu.

Karena karyawan menghindari risiko, mereka tidak melihat perlunya belajar tentang uang atau cara kerjanya. Bagi mereka, pendidikan adalah tentang mempelajari keterampilan yang dibutuhkan untuk mendapatkan pekerjaan tetap, bergaji tinggi, dan manfaat besar.

Ketika karyawan membutuhkan lebih banyak uang, mereka mencari pekerjaan dengan gaji lebih tinggi.

S untuk wiraswasta

Orang-orang di kuadran wiraswasta bukanlah karyawan yang baik dan sering kali mempunyai sikap bahwa tidak ada orang yang dapat melakukan pekerjaan lebih baik dari mereka. 

Meskipun mereka masih menyukai gagasan keamanan, mereka memiliki toleransi yang lebih besar terhadap risiko, sehingga tidak keberatan bekerja untuk diri mereka sendiri. Faktanya, mereka menyukainya karena mereka merasa memiliki kendali atas masa depan mereka.

Orang-orang di kuadran S adalah dokter, pengacara, dokter gigi, akuntan, serta bisnis dan konsultan berbasis jasa lainnya. Mereka memiliki standar yang sangat tinggi dalam pekerjaan mereka dan karena itu, mereka kesulitan mendelegasikannya kepada orang lain. 

Sekali lagi, mereka tidak suka mempekerjakan karyawan karena tidak ada yang lebih baik dari mereka. Akibatnya, mereka hanya menghasilkan uang ketika mereka bekerja. Artinya mereka tidak punya bisnis, mereka punya pekerjaan.

Ketika wiraswasta membutuhkan lebih banyak uang, mereka mencari lebih banyak jam kerja yang dapat mereka tagih.

Baca Juga: Hutang Ada yang Baik dan Ada yang Buruk, Ini Penjelasan Robert Kiyosaki

- Sisi kanan Cashflow Quadrant

Di sisi kanan kuadran terdapat B dan I. Meskipun kebebasan finansial dapat ditemukan di keempat kuadran, keterampilan B atau I akan membantu Anda mencapai tujuan keuangan Anda lebih cepat.

Di kuadran B, orang-orang bekerja untuk Anda; di kuadran I, uang Anda bekerja untuk Anda. Mereka juga membayar pajak paling sedikit dan menciptakan atau berinvestasi pada aset yang menghasilkan arus kas bahkan ketika mereka sedang tidur.

B untuk Pemilik Bisnis

Berbeda dengan mereka yang berada di Kuadran S, pemilik bisnis tidak memiliki pekerjaan. Mereka memiliki sistem atau produk yang menghasilkan uang meskipun mereka tidak bekerja. 

Karena mereka tahu bahwa mereka tidak bisa sukses sendirian, pemilik bisnis mencari untuk mempekerjakan orang-orang yang berspesialisasi dalam keterampilan yang dibutuhkan untuk bisnis dan mempekerjakan mereka yang memiliki bakat dan keterampilan lebih dari mereka. 

Mereka berusaha mendelegasikan sebanyak mungkin, bukan menyimpan semua pekerjaan untuk diri mereka sendiri. 

Pemilik bisnis terbaik tahu bahwa mereka dapat meninggalkan perusahaannya selama satu tahun dan kembali lagi dan mendapati perusahaan itu masih menguntungkan dan berjalan lebih baik daripada saat mereka meninggalkannya.

Baca Juga: 7 Langkah Robert Kiyosaki Soal Investasi Real Estate yang Beri Cuan Besar

I untuk Investor

Investor mempunyai pendidikan finansial tertinggi di antara semua investor di CASHFLOW Quadrant. Mereka mahir mencari aset yang memberikan pendapatan tetap dalam bentuk arus kas dan seringkali menggunakan uang orang lain (OPM) untuk memperoleh aset tersebut. 

Mereka kemudian menggunakan pendapatan dari aset tersebut untuk memperoleh lebih banyak aset, sehingga meningkatkan kekayaan mereka melalui perputaran uang ini. 

Mereka paling menikmati keringanan pajak, tidak harus bekerja sama sekali jika mereka menginginkannya, dan tidak harus berurusan dengan pengelolaan karyawan. 

Orang terkaya di dunia adalah investor, dan secara umum 70% pendapatan mereka berasal dari investasi dan 30% lainnya berasal dari gaji.

Ketika investor membutuhkan lebih banyak uang, mereka mencari peluang untuk memperoleh aset yang menghasilkan lebih banyak pendapatan pasif.

Menurut Kiyosaki, kuadran B dan I adalah tempat kebebasan finansial yang sebenarnya.

Meskipun kebebasan finansial dapat ditemukan di keempat kuadran, Kiyosaki merekomendasikan kuadran B dan I karena manfaatnya yang unik.

Orang-orang di kuadran ini membayar pajak jauh lebih sedikit dan tidak perlu bekerja untuk menghasilkan uang.  

Selanjutnya: Catat! Ini 7 Saham yang Keluar dan Masuk Indeks High Dividend 20

Menarik Dibaca: Waspada! Cuaca Hujan Lebat Bisa Terjadi di Jabodetabek hingga 4 Februari 2024

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU

×