kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,51   10,20   1.12%
  • EMAS1.350.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%
AKTUAL /

Lipatan Kulit Gatal? Kenali Apa itu Intertrigo, Jenis, hingga Penyebabnya


Jumat, 09 Februari 2024 / 12:11 WIB
Lipatan Kulit Gatal? Kenali Apa itu Intertrigo, Jenis, hingga Penyebabnya
ILUSTRASI. Kenali Apa itu Intertrigo, Jenis, hingga Penyebabnya

Penulis: Bimo Kresnomurti

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kenali penyebab lipatan kulit gatal atau intertrigo bisa terjadi pada orang dewasa. Bila Anda kerap mengalami rasa gatal tentu Anda bisa mengetahui informasi 

Intertrigo adalah kondisi kulit yang umum terjadi di area tubuh tempat kulit saling bersentuhan atau bertumpu, seperti lipatan tubuh, pangkal paha, bawah payudara, dan lipatan perut. Kondisi ini biasanya disebabkan oleh kelembapan, gesekan kulit, dan kurangnya ventilasi.

Intertrigo dapat menyebabkan kemerahan, iritasi, gatal, dan rasa tidak nyaman pada area yang terkena. Faktor risiko termasuk kelebihan berat badan, kelembaban berlebih, serta kondisi medis seperti diabetes atau infeksi jamur.

Perawatan melibatkan menjaga kebersihan, menjaga area yang terkena tetap kering, dan penggunaan krim atau salep anti-jamur atau kortikosteroid sesuai petunjuk dokter.

Jika infeksi bakteri atau jamur berkembang, pengobatan dengan obat antijamur atau antibiotik mungkin diperlukan.

Baca Juga: Jangan Salah Kaprah! Ini Tanda Asam Urat Menyerang Paha dan Cara Mengobatinya

Lipatan tubuh

Jenis bakteri atau jamur intertrigo

Berbagai jenis jamur dan bakteri yang dapat menyebabkan infeksi sekunder antara lain:

  • Candida: Candida, sejenis ragi dan jamur, adalah penyebab paling umum dari infeksi sekunder pada kasus intertrigo.
  • Dermatofit: Dermatofit adalah jamur yang membutuhkan keratin (sejenis protein) untuk pertumbuhan. Jamur ini dapat menyebabkan infeksi pada kulit dan kuku Anda. Jamur dermatofita sering menyebabkan infeksi sekunder akibat intertrigo di sela-sela jari tangan atau kaki.
  • Staphylococcus aureus: Bakteri ini sering disebut staph adalah penyebab umum infeksi bakteri intertrigo.

Siapa yang terkena intertrigo?

Siapa pun pada usia berapa pun bisa terkena intertrigo. Bayi sering mengalami ruam popok (dermatitis popok), yang merupakan salah satu bentuk intertrigo.

Orang yang mengalami obesitas, diabetes, dan/atau sistem kekebalan tubuh yang lemah karena penyakit atau pengobatan yang mendasarinya lebih mungkin terkena intertrigo.

Baca Juga: Pahami Gejala Alergi Debu beserta Cara Mengatasi dalam 7 Langkah

Penyebab intertrigo

Intertrigo adalah kondisi kulit yang disebabkan oleh gesekan atau lembab yang berlebihan di area tubuh tertentu. Beberapa faktor yang dapat menyebabkan intertrigo dirangkum dari laman Cleveland.

1. Gesekan Kulit

Peningkatan gesekan antara dua permukaan kulit atau lipatan kulit dapat menyebabkan iritasi. Ini sering terjadi di area seperti lipatan kulit, misalnya, di antara lipatan paha, di bawah payudara, atau di daerah selangkangan.

2. Kelembaban Berlebihan

Kelembaban yang berlebihan di area kulit tertentu dapat menciptakan lingkungan yang mendukung pertumbuhan jamur atau bakteri, yang kemudian dapat menyebabkan iritasi dan infeksi. Kelembaban ini dapat disebabkan oleh faktor-faktor seperti keringat berlebihan atau kurangnya sirkulasi udara.

3. Obesitas

Orang yang mengalami obesitas cenderung memiliki lipatan kulit yang lebih banyak, yang dapat meningkatkan risiko terkena intertrigo karena gesekan dan kelembaban yang lebih besar di area tersebut.

4. Pakaian Ketat

Menggunakan pakaian yang terlalu ketat atau terbuat dari bahan yang tidak menyerap keringat dapat meningkatkan gesekan dan memperburuk kelembaban di area tertentu.

5. Kondisi Medis

Beberapa kondisi medis, seperti diabetes, yang dapat mempengaruhi kadar gula darah atau kekebalan tubuh, dapat meningkatkan risiko intertrigo.

6. Alergi atau Reaksi Kulit

Penggunaan produk pembersih atau krim yang mengandung bahan kimia tertentu dapat menyebabkan reaksi kulit atau alergi, yang kemudian dapat memicu intertrigo.

Untuk mencegah dan mengatasi intertrigo, disarankan untuk menjaga kebersihan kulit, menjaga kulit tetap kering, mengenakan pakaian yang longgar dan menyerap keringat, serta menggunakan bubuk atau krim pelindung kulit jika diperlukan.

Apakah intertrigo bisa menyebar ke bagian tubuh saya yang lain?

Anda dapat menderita intertrigo di lebih dari satu tempat pada tubuh Anda pada waktu yang sama, namun intertrigo tidak menyebar ke bagian lain dari tubuh Anda.

Hal ini karena faktor utama penyebab intertrigo adalah gesekan dari gesekan kulit ke kulit, jadi hanya bagian tubuh yang bergesekan dengan kulit saja yang dapat mengalami intertrigo.

Jika Anda terkena infeksi dari intertrigo, infeksi tersebut dapat menyebar ke bagian lain tubuh Anda dan dapat menyebabkan komplikasi yang serius. Penting untuk menemui penyedia layanan kesehatan Anda sesegera mungkin jika Anda memiliki tanda-tanda infeksi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

×