kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45917,16   -2,35   -0.26%
  • EMAS1.350.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%
AKTUAL /

Mampu Mengurangi Risiko Diabetes, Ini 7 Manfaat Manggis Untuk Kesehatan


Selasa, 02 April 2024 / 14:14 WIB
Mampu Mengurangi Risiko Diabetes, Ini 7 Manfaat Manggis Untuk Kesehatan
ILUSTRASI. Manggis

Penulis: Ryan Suherlan

Manfaat Manggis Untuk Kesehatan  - Manfaat manggis untuk kesehatan tubuh bisa didapatkan dengan mudah jika dikonsumsi secara rutin. Tak heran, manfaat manggis cukup menarik perhatian untuk diketahui.

Manggis, buah yang dikenal dengan kulit berwarna ungu gelap dan daging putih berair, bukan hanya enak rasanya tetapi juga kaya akan nutrisi yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh. 

Buah manggis ini berasal dari wilayah tropis, terutama ditemukan di Asia Tenggara, dan telah dikenal sebagai buah dengan kandungan antioksidan tinggi.

Baca Juga: Apa Manfaat Kacang Polong Untuk Kesehatan? Ada 7 Hal Unik

Melansir dari Medical News Today, Manggis mempunyai banyak manfaat dan Mengandung berbagai senyawa serta zat yang baik untuk kesehatan manusia.

Lebih jelasnya, berikut beberapa manfaat manggis untuk kesehatan:

Antioksidan Tinggi

Manggis mengandung senyawa antioksidan tinggi, terutama xanthones, yang dapat membantu melawan radikal bebas dalam tubuh. Radikal bebas dapat menyebabkan kerusakan sel dan berkontribusi pada berbagai penyakit, termasuk kanker dan penyakit jantung. Kandungan antioksidan manggis dapat membantu menjaga keseimbangan dalam tubuh dan mendukung sistem kekebalan.

Baca Juga: Mampu Relaksasi Otot, Ini 7 Manfaat Air Hangat untuk Kesehatan

Menyokong Kesehatan Jantung

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa manggis dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung. Antioksidan dalam manggis dapat membantu mengurangi peradangan dan stres oksidatif, yang merupakan faktor risiko utama penyakit kardiovaskular. Selain itu, kandungan serat dan potasium dalam manggis juga dapat mendukung kesehatan pembuluh darah dan tekanan darah.

Mengurangi Risiko Diabetes

Manggis memiliki potensi untuk membantu mengatur kadar gula darah. Senyawa-senyawa bioaktif dalam manggis, seperti xanthones, dapat membantu meningkatkan sensitivitas insulin dan mengurangi resistensi insulin. Ini dapat bermanfaat bagi mereka yang berisiko mengembangkan diabetes tipe 2.

Memiliki Sifat Anti-inflamasi

Kandungan antioksidan manggis juga memberikan sifat anti-inflamasi yang dapat membantu mengurangi peradangan dalam tubuh. Ini dapat bermanfaat bagi penderita arthritis atau kondisi inflamasi lainnya. Mengonsumsi manggis secara teratur dapat membantu mengurangi gejala peradangan dan meningkatkan kenyamanan sendi.

Baca Juga: 7 Manfaat Petai Cina untuk Kesehatan, Baik untuk Sistem Pencernaan

Menjaga Kesehatan Kulit

Vitamin C dan antioksidan dalam manggis juga dapat memberikan manfaat besar untuk kesehatan kulit. Mereka membantu melawan kerusakan akibat radikal bebas, merangsang produksi kolagen, dan menjaga kelembapan kulit. Ini dapat membantu mencegah penuaan dini dan menjaga kulit tetap sehat.

Mendukung Sistem Pencernaan

Manggis mengandung serat yang dapat membantu meningkatkan kesehatan sistem pencernaan. Serat membantu dalam proses pencernaan, mencegah sembelit, dan mendukung pertumbuhan bakteri baik di dalam usus. Dengan menjaga kesehatan sistem pencernaan, manggis dapat berkontribusi pada penyerapan nutrisi yang optimal.

Baca Juga: Manfaat Daun Melinjo Untuk Kesehatan, Ada 10 Hal Menarik

Potensi Antikanker

Meskipun penelitian lebih lanjut masih diperlukan, beberapa studi awal menunjukkan bahwa senyawa-senyawa dalam manggis memiliki potensi antikanker. Xanthones dalam manggis telah diteliti karena kemampuannya untuk menghambat pertumbuhan sel kanker dan merangsang apoptosis, yaitu kematian sel kanker.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

×