kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45886,18   -14,64   -1.62%
  • EMAS1.338.000 0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%
AKTUAL /

Manfaat Belimbing untuk Kesehatan, Ada 10 Hal Menarik


Senin, 01 April 2024 / 11:36 WIB
Manfaat Belimbing untuk Kesehatan, Ada 10 Hal Menarik
ILUSTRASI. Belimbing

Penulis: Ryan Suherlan

KONTAN.CO.ID - Manfaat belimbing untuk kesehatan bisa didapatkan jika dikonsumsi secara rutin. Tak heran, manfaat belimbing untuk kesehatan cukup menarik perhatian karena teruji khasiatnya.

Selain itu, belimbing juga termasuk salah satu buah yang mempunyi rasa khas dan bisa diolah menjadi berbagai jenis makanan dan minuman yang enak dikonsumsi.

Lantas apa saja manfaat belimbing untuk kesehatan?

Baca Juga: Manfaat Jeruk Bali Untuk Kesehatan Tubuh, Ada 7 Hal Menarik

Melansir dari WebMD, belimbing memberi Anda dosis vitamin C yang sehat, yang membantu tubuh Anda membuat sel darah putih yang melawan kuman untuk sistem kekebalan yang kuat.

Selain itu, berikut berbagai manfaat belimbing untuk kesehatan:

Kaya akan Vitamin C

Belimbing merupakan sumber vitamin C yang sangat baik. Vitamin C berperan penting dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh, melawan radikal bebas, dan membantu proses penyembuhan luka.

Mengandung Antioksidan

Belimbing mengandung berbagai jenis antioksidan, termasuk flavonoid dan polifenol. Antioksidan membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas, yang dapat berkontribusi pada penuaan dan perkembangan penyakit.

Baca Juga: Manfaat Buah Melon Untuk Kesehatan, 5 Hal Ini Jarang Diketahui

Menjaga Kesehatan Jantung

Kandungan serat, kalium, dan antioksidan dalam belimbing dapat membantu menjaga kesehatan jantung. Serat membantu mengontrol kadar kolesterol, sedangkan kalium membantu mengatur tekanan darah.

Menurunkan Kadar Gula Darah

Belimbing dapat bermanfaat bagi penderita diabetes karena dapat membantu mengontrol kadar gula darah. Kandungan serat dalam buah ini membantu mengurangi penyerapan gula dari makanan dalam sistem pencernaan.

Menjaga Kesehatan Mata

Kandungan vitamin A dalam belimbing dapat mendukung kesehatan mata. Vitamin A dikenal penting untuk menjaga kornea mata, membantu adaptasi cahaya, dan melindungi mata dari infeksi.

Baca Juga: Manfaat Daun Pepaya Untuk Kesehatan, Ada 9 Hal Menarik

Mendukung Pencernaan

Belimbing mengandung serat makanan yang baik untuk kesehatan pencernaan. Serat membantu mencegah sembelit, meningkatkan kesehatan usus, dan mendukung pertumbuhan bakteri baik dalam saluran pencernaan.

Menyediakan Energi

Belimbing mengandung karbohidrat dan gula alami, yang memberikan energi cepat. Ini membuat buah ini menjadi pilihan yang baik untuk camilan sehat dan dapat membantu mengatasi kelelahan.

Mengandung Nutrien Penting

Selain vitamin C, belimbing juga mengandung berbagai nutrien penting seperti vitamin B kompleks, vitamin K, zat besi, magnesium, dan fosfor. Nutrien-nutrien ini mendukung berbagai fungsi tubuh yang penting.

Baca Juga: Daftar Manfaat Daun Kencur Untuk Kesehatan yang Wajib Diketahui

Menjaga Keseimbangan Elektrolit

Kandungan elektrolit, seperti kalium, dalam belimbing membantu menjaga keseimbangan cairan dan elektrolit dalam tubuh. Hal ini penting untuk fungsi normal otot dan sistem saraf.

Mengurangi Risiko Kanker

Beberapa senyawa antioksidan dalam belimbing, seperti asam galat, telah dikaitkan dengan potensi untuk mengurangi risiko kanker dengan melawan pertumbuhan sel kanker.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

×