kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,14   10,84   1.19%
  • EMAS1.343.000 -0,81%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%
AKTUAL /

Manfaat Buah Melon Untuk Kesehatan, 5 Hal Ini Jarang Diketahui


Minggu, 31 Maret 2024 / 14:30 WIB
Manfaat Buah Melon Untuk Kesehatan, 5 Hal Ini Jarang Diketahui
ILUSTRASI. melon

Penulis: Ryan Suherlan

KONTAN.CO.ID - Manfaat buah melon untuk kesehatan tubuh cukup menarik perhatian karena telah teruji khasiatnya. Selain itu, manfaat buah melon tersebut bisa didapatkan jika dikonsumsi secara rutin.

Buah melon, dengan rasa manis dan segarnya, bukan hanya menjadi pilihan yang lezat untuk dinikmati di musim panas, tetapi juga menyimpan sejumlah manfaat kesehatan yang luar biasa. 

Buah Melon, yang termasuk dalam keluarga Cucurbitaceae, tidak hanya menyegarkan, tetapi juga kaya akan nutrisi penting yang dapat memberikan kontribusi positif bagi kesehatan tubuh.

Baca Juga: Manfaat Air Lemon Untuk Kesehatan, Cocok Diminum Saat Buka Puasa

Merangkum dari BBC Good Food, berikut beberapa manfaat buah melon untuk kesehatan:

Kaya akan Vitamin dan Mineral

Melon merupakan sumber yang kaya akan vitamin dan mineral esensial. Buah ini mengandung vitamin C yang tinggi, yang berperan dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh, membantu penyerapan zat besi, dan melawan radikal bebas. Selain itu, melon juga mengandung vitamin A, B-complex, dan vitamin K, yang mendukung berbagai fungsi tubuh, seperti pertumbuhan sel, kesehatan mata, dan pembekuan darah.

Baca Juga: Apa Manfaat Bengkuang Untuk Kesehatan? Catat 7 Hal Ini

Hidrasi Optimal

Melon terdiri sebagian besar dari air, sehingga dapat membantu menjaga tubuh tetap terhidrasi. Kehidratan yang baik sangat penting untuk fungsi optimal organ tubuh, termasuk pencernaan, penyerapan nutrisi, dan detoksifikasi. Terutama di musim panas atau saat aktivitas fisik yang intens, melon dapat menjadi pilihan buah yang ideal untuk menjaga keseimbangan cairan tubuh.

Antioksidan dan Perlindungan Sel

Buah melon mengandung antioksidan, seperti beta-karoten dan likopen, yang dapat melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan oksidatif. Antioksidan ini membantu melawan radikal bebas yang dapat menyebabkan penuaan dini dan penyakit kronis, seperti penyakit jantung dan kanker.

Baca Juga: Sering Ada di Kue Lebaran, Ini 6 Manfaat Kismis Untuk Kesehatan

Mendukung Pencernaan

Serat yang tinggi dalam melon dapat mendukung kesehatan pencernaan. Serat membantu mempromosikan gerakan usus yang sehat, mencegah sembelit, dan mendukung pertumbuhan bakteri baik di saluran pencernaan. Konsumsi melon secara teratur dapat menjadi kontributor penting untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan.

Menyediakan Energi

Melon adalah sumber energi yang baik karena mengandung karbohidrat alami dan gula buah. Konsumsi melon dapat memberikan dorongan energi yang sehat tanpa menambahkan banyak kalori tambahan.

Selanjutnya: Cegah Pengoplosan BBM, DPR Minta BPH Migas dan Pertamina Tingkatkan Razia SPBU

Menarik Dibaca: Peringatan Dini Cuaca Besok (1/4) Hujan Lebat, Provinsi Ini Waspada Bencana

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

×