kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,51   10,20   1.12%
  • EMAS1.350.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%
AKTUAL /

Daftar Manfaat Daun Kencur Untuk Kesehatan yang Wajib Diketahui


Minggu, 31 Maret 2024 / 10:30 WIB
Daftar Manfaat Daun Kencur Untuk Kesehatan yang Wajib Diketahui
ILUSTRASI. Daun Kencur

Penulis: Ryan Suherlan

KONTAN.CO.ID - Manfaat daun kencur untuk kesehatan bisa didapatkan jika dikonsumsi dan diolah dengan benar. Tak heran, manfaat daun kencur cukup menarik perhatian untuk diketahui.

Daun kencur (Kaempferia galanga) adalah tumbuhan yang telah lama dikenal dan digunakan dalam pengobatan tradisional di berbagai bagian dunia, terutama di Asia Tenggara. 

Daun ini memiliki aroma harum dan rasanya yang khas, serta dikenal memiliki berbagai manfaat kesehatan yang luar biasa.

Baca Juga: Manfaat Air Lemon Untuk Kesehatan, Cocok Diminum Saat Buka Puasa

Merangkum dari PharmEasy, berikut berbagai manfaat daun kencur untuk kesehatan:

Antiinflamasi dan Antioksidan

Daun kencur mengandung senyawa antiinflamasi dan antioksidan yang dapat membantu mengurangi peradangan dalam tubuh dan melawan radikal bebas. Kandungan ini dapat membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan dan memperkuat sistem kekebalan tubuh.

Meningkatkan Sistem Pencernaan

Kencur memiliki sifat pencernaan yang baik. Senyawa-senyawa aktif dalam daun kencur dapat merangsang produksi enzim pencernaan, membantu mempercepat proses pencernaan makanan, dan mencegah gangguan pencernaan seperti perut kembung dan sembelit.

Baca Juga: Apa Manfaat Bengkuang Untuk Kesehatan? Catat 7 Hal Ini

Menyehatkan Saluran Pernapasan

Kencur memiliki sifat antimikroba dan antiviral yang dapat membantu melawan infeksi pada saluran pernapasan. Ini membuatnya berguna dalam meredakan gejala pilek, batuk, dan masalah pernapasan lainnya.

Menurunkan Demam

Kencur telah lama digunakan sebagai ramuan tradisional untuk menurunkan demam. Senyawa-senyawa dalam kencur dapat membantu menstabilkan suhu tubuh dan meredakan gejala demam.

Mengatasi Nyeri Sendi dan Otot

Sifat antiinflamasi kencur juga dapat membantu meredakan nyeri pada sendi dan otot. Ini menjadikannya pilihan alami untuk mengurangi gejala arthritis atau cedera olahraga.

Baca Juga: Segar Untuk Buka Puasa, Ini 8 Manfaat Jus Apel untuk Kesehatan Tubuh

Membantu Menyembuhkan Luka

Daun kencur mengandung zat-zat yang dapat mempercepat proses penyembuhan luka. Dengan mengaplikasikannya secara topikal, daun kencur dapat membantu mengurangi peradangan dan meningkatkan regenerasi sel-sel kulit.

Meningkatkan Kesehatan Jantung

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kencur dapat membantu mengontrol tekanan darah dan kolesterol, sehingga memberikan perlindungan terhadap penyakit jantung. Sifat antioksidan juga dapat mendukung kesehatan pembuluh darah.

Mendukung Kesehatan Otak

Kencur mengandung senyawa yang dapat meningkatkan aliran darah ke otak, meningkatkan fungsi kognitif, dan melindungi otak dari kerusakan oksidatif. Ini dapat berpotensi mendukung kesehatan otak secara keseluruhan.

Baca Juga: Sering Ada di Kue Lebaran, Ini 6 Manfaat Kismis Untuk Kesehatan

Menjaga Keseimbangan Hormon

Beberapa studi menunjukkan bahwa ekstrak kencur dapat membantu menjaga keseimbangan hormon dalam tubuh, terutama pada wanita. Ini dapat bermanfaat untuk mengatasi masalah hormon seperti sindrom pramenstruasi (PMS) atau gangguan hormonal lainnya.

Menyokong Fungsi Hati

Kencur dapat memberikan dukungan untuk fungsi hati yang sehat. Senyawa-senyawa di dalamnya dapat membantu mengeluarkan toksin dari tubuh dan meningkatkan kesehatan hati secara keseluruhan.

Meskipun daun kencur telah lama digunakan dalam pengobatan tradisional, selalu disarankan untuk berkonsultasi dengan profesional kesehatan sebelum mengintegrasikan ramuan ini ke dalam rutinitas pengobatan, terutama jika sedang mengonsumsi obat-obatan tertentu atau memiliki kondisi kesehatan tertentu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU

×