kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45921,54   12,23   1.34%
  • EMAS1.343.000 -0,81%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%
AKTUAL /

Manfaat Buah Sawo Untuk Kesehatan yang Penting Diketahui, Apa Saja?


Rabu, 03 April 2024 / 15:01 WIB
Manfaat Buah Sawo Untuk Kesehatan yang Penting Diketahui, Apa Saja?
ILUSTRASI. Buah Sawo

Penulis: Ryan Suherlan

Manfaat Buah Sawo Untuk Kesehatan - Manfaat buah sawo untuk kesehatan adalah salah satu hal yang penting diketahui. Selain itu, manfaat buah sawo juga bisa didapatkan jika dikonsumsi secara rutin.

Selain itu, cara mengkonsumsi buah sawo juga perlu diperhatikan untuk bisa memaksimalkan manfaat buah sawo tersebut.

Buah sawo, yang dikenal dengan rasanya yang manis dan teksturnya yang lembut, tidak hanya menyajikan kenikmatan bagi lidah, tetapi juga menyediakan sejumlah manfaat kesehatan yang luar biasa.

Baca Juga: Kenali 7 Manfaat Buah Kedondong Untuk Kesehatan yang Tidak Terduga

Melansir dari Healthline, Sawo adalah sumber serat yang sangat baik serta nutrisi yang penting untuk kesehatan usus, kesehatan jantung, dan pemeliharaan berat badan.

Selain itu, berikut beberapa manfaat buah sawo untuk kesehatan:

Kaya akan Nutrisi Penting

Buah sawo mengandung berbagai nutrisi penting seperti vitamin A, C, dan K. Vitamin A mendukung kesehatan mata, vitamin C berperan sebagai antioksidan yang kuat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, sedangkan vitamin K penting untuk pembekuan darah.

Baca Juga: Mampu Mengurangi Risiko Diabetes, Ini 7 Manfaat Manggis Untuk Kesehatan

Sumber Serat yang Baik

Sawo kaya akan serat makanan, yang mendukung fungsi pencernaan yang sehat. Serat membantu mencegah sembelit, menjaga kesehatan usus, dan mengontrol kadar gula darah. Mengonsumsi buah sawo dapat menjadi bagian dari pola makan yang seimbang untuk mendukung kesehatan pencernaan.

Mengandung Antioksidan

Buah sawo mengandung antioksidan seperti beta-karoten dan senyawa fenolik. Antioksidan ini membantu melawan radikal bebas dalam tubuh, yang dapat menyebabkan kerusakan sel dan berkontribusi pada penyakit kronis seperti kanker dan penyakit jantung.

Menjaga Kesehatan Jantung

Kandungan serat, potassium, dan antioksidan dalam buah sawo dapat membantu menjaga kesehatan jantung. Serat membantu mengurangi kadar kolesterol jahat (LDL), sementara potassium membantu menjaga tekanan darah normal.

Baca Juga: 7 Manfaat Daun Sirsak Bagi Kesehatan Tubuh, Punya Antioksidan Tinggi

Menyediakan Energi

Buah sawo mengandung karbohidrat yang merupakan sumber energi yang baik. Ini membuatnya menjadi pilihan camilan yang sehat dan alami untuk meningkatkan stamina dan mengatasi kelelahan.

Mendukung Kesehatan Kulit

Vitamin A dan C dalam buah sawo berperan penting dalam menjaga kesehatan kulit. Vitamin A membantu meremajakan sel-sel kulit, sementara vitamin C membantu produksi kolagen, yang menjaga elastisitas dan kelembaban kulit.

Mengandung Zat Besi

Sawo mengandung zat besi, yang diperlukan untuk pembentukan sel darah merah. Konsumsi cukup zat besi dapat membantu mencegah anemia dan memastikan tubuh memiliki pasokan oksigen yang cukup.

Baca Juga: Mampu Relaksasi Otot, Ini 7 Manfaat Air Hangat untuk Kesehatan

Mengurangi Risiko Diabetes

Serat dalam buah sawo dapat membantu mengontrol kadar gula darah, sehingga dapat memberikan manfaat bagi orang yang memiliki risiko diabetes atau yang sudah menderita diabetes.

Membantu Menurunkan Berat Badan

Kandungan serat yang tinggi dalam buah sawo dapat membantu memberikan rasa kenyang lebih lama, yang dapat menjadi faktor pendukung dalam program penurunan berat badan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

×