kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45916,37   -3,13   -0.34%
  • EMAS1.350.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%
AKTUAL /

Kenali 7 Manfaat Buah Kedondong Untuk Kesehatan yang Tidak Terduga


Selasa, 02 April 2024 / 14:15 WIB
Kenali 7 Manfaat Buah Kedondong Untuk Kesehatan yang Tidak Terduga
ILUSTRASI. Kedondong

Penulis: Ryan Suherlan

Manfaat Buah Kedondong Untuk Kesehatan - Manfaat buah kedondong untuk kesehatan tubuh bisa didapatkan jika dikonsumsi secara rutin dan benar. Tak heran, manfaat buah kedondong cukup menarik perhatian dan tidak terduga.

Buah kedondong, atau yang dikenal juga dengan nama ambarella atau june plum, adalah buah yang tumbuh di daerah tropis dan subtropis. 

Buah kedondong ini memiliki rasa yang segar dan asam, serta kandungan nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh.

Baca Juga: Manfaat Daun Melinjo Untuk Kesehatan, Ada 10 Hal Menarik

Melansir dari WebMD, buah kedondong ini mengandung agen antimikroba yang melindungi Anda dari infeksi dan digunakan untuk mengobati trombosis; dan senyawa sitotoksik, yang membunuh sel berbahaya, termasuk sel kanker.

Selain itu, berikut beberapa manfaat buah kedondong lainnya:

Kaya akan Vitamin C

Buah kedondong mengandung vitamin C yang tinggi, yang berperan penting dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Vitamin C juga berfungsi sebagai antioksidan yang membantu melawan radikal bebas dan menjaga kesehatan sel-sel tubuh.

Baca Juga: Kenali 8 Manfaat Jambu Mede untuk Kesehatan, Sudah Tahu?

Mendukung Kesehatan Kulit

Vitamin C dalam kedondong juga bermanfaat untuk kesehatan kulit. Antioksidan dalam vitamin C membantu melawan penuaan dini dan merangsang produksi kolagen, yang menjaga kelembaban dan kekenyalan kulit.

Mengandung Serat Tinggi

Kedondong mengandung serat tinggi, yang baik untuk pencernaan. Serat membantu mengurangi risiko sembelit, memperbaiki fungsi usus, dan menjaga kesehatan saluran pencernaan secara keseluruhan.

Menyediakan Energi

Buah kedondong mengandung karbohidrat, termasuk glukosa dan fruktosa, yang dapat memberikan energi instan. Ini membuatnya menjadi pilihan camilan sehat untuk menjaga stamina sepanjang hari.

Baca Juga: Manfaat Belimbing untuk Kesehatan, Ada 10 Hal Menarik

Mengandung Antioksidan

Kedondong mengandung berbagai senyawa antioksidan, seperti beta-karoten dan flavonoid, yang membantu melawan radikal bebas dan melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan oksidatif.

Menjaga Kesehatan Mata

Kandungan beta-karoten dalam buah kedondong dapat bermanfaat untuk kesehatan mata. Beta-karoten merupakan prekursor vitamin A, yang esensial untuk menjaga kesehatan mata dan mencegah masalah penglihatan.

Baca Juga: Apa Manfaat Mentimun untuk Kesehatan? Catat 8 Hal Ini

Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

Kedondong mengandung senyawa seperti serat, kalium, dan antioksidan, yang dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung. Kalium, khususnya, membantu menjaga tekanan darah normal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

×