kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45893,43   -4,59   -0.51%
  • EMAS1.308.000 -0,76%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%
AKTUAL /

Manfaat dan Cara Konsumsi Vitamin saat Puasa yang Menyehatkan Tubuh


Jumat, 15 Maret 2024 / 15:47 WIB
Manfaat dan Cara Konsumsi Vitamin saat Puasa yang Menyehatkan Tubuh
ILUSTRASI. Cara Konsumsi Vitamin saat Puasa yang Menyehatkan Tubuh./Pho KONTAN/Carolus Agus W/07/09/2009.

Penulis: Bimo Kresnomurti

Cara Konsumsi Vitamin saat Puasa  - JAKARTA. Kenali manfaat dan cara konsumsi vitamin selama berpuasa di Bulan Ramadan. Anda perlu memperhatikan asupan vitamin yang bisa saja tidak terpenuhi selama sahur dan berbuka.

Selama bulan Ramadan, perhatian terhadap asupan nutrisi menjadi sangat penting untuk menjaga kesehatan dan kesejahteraan. Vitamin merupakan bagian integral dari pola makan seimbang selama bulan puasa lebih dari 12 jam.

Selama puasa, terutama ketika tidak ada asupan makanan atau cairan selama berjam-jam, tubuh membutuhkan vitamin dan mineral untuk menjaga fungsi-fungsinya tetap optimal.

Vitamin-vitamin tertentu, seperti vitamin C dan vitamin B kompleks, dapat membantu menjaga sistem kekebalan tubuh dan energi tetap stabil.

Adapun, vitamin D juga penting, terutama bagi mereka yang mungkin memiliki asupan sinar matahari yang terbatas selama bulan puasa.

Sehingga, ini penting untuk memasukkan makanan yang kaya akan vitamin-vitamin ini dalam menu sahur dan berbuka, serta mempertimbangkan suplemen vitamin jika diperlukan.

Baca Juga: 8 Cara Agar Tetap Bugar Selama Puasa Ramadan

Manfaat konsumsi vitamin saat berpuasa

Vitamin D

Lalu, apa saja manfaat konsumsi vitamin saat berpuasa? Ikuti tips terkait cara konsumsi vitamin yang baik dirangkum dari laman Medbury Medicals.

1. Menjaga Energi Sepanjang Hari

Banyak orang mengonsumsi vitamin dan mineral setiap hari untuk memenuhi kebutuhan hariannya dan mencegah kekurangan yang dapat menyebabkan masalah kesehatan.

Konsumsi vitamin dan suplemen selama Ramadhan membantu mengkompensasi kekurangan nutrisi yang dialami tubuh selama berpuasa berjam-jam.

2. Perbaikan sistem pencernaan dan penyerapan nutrisi

Konsumsi multivitamin atau mineral dapat melengkapi nutrisi yang tidak diperoleh secara memadai dari makanan saja, sehingga dapat membantu memastikan fungsi tubuh optimal selama Ramadhan dan seterusnya.

Hal ini sangat menguntungkan bagi orang yang berpuasa dalam waktu lama, karena terbatasnya asupan makanan dan air dapat menyebabkan kelesuan. Dengan mengonsumsi suplemen (multivitamin atau mineral) dapat memberikan tubuh nutrisi penting yang dibutuhkan agar tetap sehat dan berenergi.

3. Kurangi Nafsu Mengidam Makanan Tidak Sehat

Saat berpuasa, apalagi di bulan Ramadhan, sering kali kita merasa mengidam makanan tidak sehat karena kurangnya asupan makanan dan air. Namun, mengonsumsi suplemen seperti bubuk protein, suplemen serat, dan asam lemak Omega-3 dapat membantu mengurangi keinginan tersebut.

Bubuk protein dapat membantu meningkatkan rasa kenyang dan mengurangi rasa lapar, sementara suplemen serat juga dapat membantu Anda merasa kenyang untuk jangka waktu yang lebih lama. Asam lemak omega-3 telah terbukti membantu mengatur nafsu makan dan mengurangi nafsu makan.

Baca Juga: Baik atau Buruk Buka Puasa Dengan Minum Air Kelapa?

Cara Konsumsi Vitamin saat Berpuasa

Konsumsi suplemen vitamin waktu yang tepat sangat penting untuk memastikan penyerapan optimal dan mencegah penyakit akibat puasa.

Untuk memaksimalkan manfaatnya, dianjurkan untuk mengonsumsi suplemen (seperti vitamin) saat makan.

Nah, dalam menunjang kesehatan dan tingkat energi selama Ramadhan, Anda bisa mengonsumsi vitamin sebelum sahur di pagi hari dan setelah berbuka puasa di malam hari.

Namun, penting untuk berkonsultasi dengan penyedia layanan kesehatan atau ahli gizi Anda sebelum mengonsumsi suplemen apa pun untuk mendapatkan saran mengenai jenis yang paling sesuai dengan kebutuhan spesifik Anda.

Penting untuk dicatat bahwa puasa selama Ramadhan tidak boleh dijadikan alasan untuk mengabaikan nutrisi atau kesehatan. Sebaliknya, kesempatan untuk fokus mengonsumsi makanan bergizi dan mengonsumsi suplemen untuk menunjang kebutuhan tubuh.

Langkah-langkah ini akan membantu memastikan Anda dapat memaksimalkan pengalaman puasa Ramadhan Anda, merasa berenergi dan sehat sepanjang bulan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Terpopuler
Kontan Academy
Practical Business Acumen Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

×