kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45887,73   13,33   1.52%
  • EMAS1.365.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%
AKTUAL /

Manfaat Daun Sirih Cina Untuk Kesehatan, Ada 7 Hal Menarik


Jumat, 22 Maret 2024 / 13:54 WIB
Manfaat Daun Sirih Cina Untuk Kesehatan, Ada 7 Hal Menarik
ILUSTRASI. Daun sirih cina

Penulis: Ryan Suherlan

Manfaat Daun Sirih Cina  - Manfaat daun sirih cina untuk kesehatan bisa didapatkan jika diolah dan dikonsumsi dengan benar. Selain itu, manfaat daun sirih cina juga tidak perlu diragukan lagi khasiatnya.

Daun sirih cina, atau yang dikenal dengan nama ilmiahnya, Piper betle, adalah tumbuhan yang telah lama digunakan dalam pengobatan tradisional di berbagai negara, terutama di Asia. 

Lantas, apa saja manfaat daun sirih cina untuk kesehatan?

Baca Juga: Punya Banyak Nutrisi, Ini 7 Manfaat Biji Pala Untuk Kesehatan

Melansir dari PharmEasy, Daun sirih cina memiliki sifat anti kanker, antioksidan, anti alergi, anti jamur, anti diabetes, dan antimikroba.

Untuk lebih jelasnya, berikut beberapa manfaat daun sirih cina untuk kesehatan tubuh di antaranya:

Mengandung Antioksidan Tinggi

Daun sirih cina mengandung senyawa antioksidan yang kuat, seperti flavonoid, tannin, dan polifenol. Antioksidan ini membantu melawan radikal bebas dalam tubuh yang dapat merusak sel-sel dan DNA. Konsumsi daun sirih cina secara teratur dapat membantu mengurangi risiko penyakit yang terkait dengan stres oksidatif, seperti kanker, penyakit jantung, dan penuaan dini.

Baca Juga: Manfaat Blueberry Untuk Kesehatan, Ada 9 Hal Menarik

Meredakan Radang

Daun sirih cina juga memiliki sifat antiinflamasi yang dapat membantu meredakan peradangan dalam tubuh. Ini bisa bermanfaat bagi individu yang menderita penyakit peradangan seperti arthritis atau penyakit autoimun. Daun sirih cina dapat membantu mengurangi gejala peradangan, seperti nyeri sendi dan pembengkakan.

Menyokong Fungsi Pencernaan

Daun sirih cina telah digunakan dalam pengobatan tradisional untuk meredakan masalah pencernaan. Senyawa yang terkandung dalam daun sirih cina dapat membantu meningkatkan fungsi sistem pencernaan, meredakan gejala seperti kembung, gas, dan gangguan pencernaan lainnya.

Baca Juga: Cocok Jadi Takjil, Ini 9 Manfaat Buah Markisa Untuk Kesehatan

Meningkatkan Kesehatan Oral

Khasiat daun sirih cina dalam menjaga kesehatan mulut telah diakui secara luas. Daun ini mengandung zat antimikroba yang dapat membantu melawan bakteri dalam mulut. Karena itu, daun sirih cina digunakan secara tradisional untuk mengatasi masalah seperti bau mulut, gusi berdarah, dan peradangan gusi. Pengunyahan daun sirih cina juga dapat membantu menjaga kebersihan mulut.

Mengatur Gula Darah

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa daun sirih cina mungkin memiliki efek positif pada pengaturan gula darah. Ini bisa bermanfaat bagi penderita diabetes atau individu yang berisiko tinggi mengalami diabetes. Meskipun penelitian masih terus dilakukan, hasil awal menunjukkan bahwa ekstrak daun sirih cina dapat membantu menstabilkan kadar gula darah.

Potensi Antimikroba

Daun sirih cina memiliki sifat antimikroba yang dapat membantu melawan berbagai jenis infeksi bakteri, virus, dan jamur. Ini dapat digunakan dalam pengobatan tradisional untuk membantu melawan infeksi kulit, gangguan saluran pernapasan, dan masalah lainnya yang disebabkan oleh mikroorganisme patogen.

Baca Juga: Obat Demam Anak Alami yang Ampuh, Coba 8 Hal Ini

Kualitas Antikanker

Beberapa penelitian juga telah menunjukkan potensi daun sirih cina dalam melawan pertumbuhan sel kanker. Meskipun masih memerlukan penelitian lebih lanjut, senyawa yang ditemukan dalam daun sirih cina dapat memiliki efek antikanker yang dapat membantu mencegah atau mengobati penyakit kanker.

Meskipun daun sirih cina memiliki banyak manfaat kesehatan, sangat penting untuk berkonsultasi dengan profesional kesehatan sebelum menggunakannya sebagai pengobatan alternatif atau tambahan. Selalu perhatikan dosis yang tepat dan potensi interaksi dengan obat-obatan lain jika Anda sedang menjalani pengobatan medis.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Pre-IPO : Explained Supply Chain Management on Efficient Transportation Modeling (SCMETM)

×