kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45886,18   -14,64   -1.62%
  • EMAS1.338.000 0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%
AKTUAL /

Punya Banyak Nutrisi, Ini 7 Manfaat Biji Pala Untuk Kesehatan


Jumat, 22 Maret 2024 / 11:44 WIB
Punya Banyak Nutrisi, Ini 7 Manfaat Biji Pala Untuk Kesehatan
ILUSTRASI. Pala

Penulis: Ryan Suherlan

KONTAN.CO.ID - Manfaat biji pala untuk kesehatan adalah salah satu hal yang menarik dan penting diketahui. Pasalnya, biji pala mempunyai banyak nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh.

Biji pala adalah rempah-rempah yang telah lama digunakan dalam berbagai masakan dan obat tradisional di seluruh dunia. 

Biji pala berasal dari pohon pala, yang dikenal dengan nama ilmiah Myristica fragrans. Rempah ini terkenal karena rasa dan aromanya yang kuat, namun tidak banyak yang tahu bahwa biji pala juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh.

Baca Juga: Manfaat Kubis Merah Untuk Kesehatan, Ada 7 Hal Menarik

Melansir dari WebMD, biji pala merupakan sumber antioksidan yang kaya, yang membantu melindungi terhadap tanda-tanda penuaan dan kondisi serius seperti kanker, penyakit jantung, dan penyakit hati.

Selain itu, berikut beberapa manfaat biji pala untuk kesehatan:

Sumber Nutrisi Penting

Biji pala mengandung berbagai nutrisi penting, termasuk vitamin dan mineral seperti vitamin C, vitamin A, vitamin K, kalsium, zat besi, dan magnesium. Nutrisi-nutrisi ini penting untuk menjaga kesehatan tulang, mata, dan sistem kekebalan tubuh.

Baca Juga: Obat Demam Anak Alami yang Ampuh, Coba 8 Hal Ini

Antioksidan Kuat

Biji pala mengandung senyawa-senyawa antioksidan, seperti eugenol, yang dapat membantu melawan radikal bebas dalam tubuh. Radikal bebas dapat menyebabkan kerusakan sel dan berkontribusi pada penyakit kronis, seperti kanker dan penyakit jantung. Antioksidan dalam biji pala membantu melindungi tubuh dari kerusakan tersebut.

Mengatasi Gangguan Pencernaan

Biji pala telah digunakan secara tradisional sebagai obat untuk mengatasi masalah pencernaan seperti perut kembung, mual, dan diare. Senyawa eugenol dalam biji pala memiliki sifat antimikroba yang dapat membantu mengurangi pertumbuhan bakteri jahat dalam saluran pencernaan.

Penyembuhan Luka

Biji pala juga telah digunakan untuk mengobati luka dan luka bakar sejak zaman kuno. Kandungan eugenol dalam biji pala memiliki sifat antiseptik dan antiinflamasi yang dapat membantu dalam proses penyembuhan luka.

Baca Juga: Catat 8 Manfaat Pisang Ambon Untuk Kesehatan yang Luar Biasa

Mengurangi Stres dan Kecemasan

Aromanya yang khas membuat biji pala digunakan dalam aromaterapi untuk meredakan stres dan kecemasan. Aroma biji pala dapat memiliki efek menenangkan dan membantu mengurangi ketegangan pikiran.

Meningkatkan Kualitas Tidur

Konsumsi biji pala atau minyak esensial biji pala dapat membantu meningkatkan kualitas tidur. Hal ini karena biji pala dapat memberikan efek menenangkan pada sistem saraf dan membantu merilekskan tubuh.

Mengurangi Nyeri Sendi

Biji pala juga dapat membantu dalam mengurangi nyeri sendi dan gejala arthritis. Senyawa antiinflamasi dalam biji pala dapat mengurangi peradangan pada sendi dan mengurangi rasa sakit.

Meskipun biji pala memiliki berbagai manfaat kesehatan, penting untuk mengonsumsinya dengan bijak. Konsumsi berlebihan dapat memiliki efek samping, termasuk mual, muntah, dan bahkan halusinasi. Selain itu, wanita hamil sebaiknya menghindari konsumsi biji pala dalam jumlah besar karena dapat berisiko bagi janin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

×