kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45915,35   16,58   1.84%
  • EMAS1.325.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%
AKTUAL /

10 Manfaat Terong Bulat Untuk Kesehatan Jika Rutin Dikonsumsi


Selasa, 19 Maret 2024 / 14:17 WIB
10 Manfaat Terong Bulat Untuk Kesehatan Jika Rutin Dikonsumsi
ILUSTRASI. Terong Bulat

Penulis: Ryan Suherlan

10 Manfaat Terong Bulat  - Manfaat terong bulat untuk kesehatan bisa didapatkan jika dikonsumsi secara rutin. Tidak hanya itu, manfaat terong bulat juga tidak perlu diragukan lagi khasiatnya. 

Terong bulat, atau dikenal juga sebagai terong telur, adalah salah satu jenis sayuran yang sering digunakan dalam berbagai masakan di berbagai belahan dunia. 

Selain itu, terong bulat juga memiliki rasa yang khas dan kerap diolah menjadi berbagai jenis makanan yang enak dikonsumsi.

Baca Juga: 6 Manfaat Putih Telur Untuk Kesehatan, Teruji Khasiatnya Secara Klinis

Lalu apa saja manfaat terong bulat untuk kesehatan?

Melansir dari WebMD, terong bulat memiliki antioksidan seperti vitamin A dan C, yang membantu melindungi sel Anda dari kerusakan. Ini juga kaya akan bahan kimia tumbuhan alami yang disebut polifenol, yang dapat membantu sel memproses gula dengan lebih baik jika Anda menderita diabetes.

Selain itu, berikut beberapa manfaat terong bulat untuk kesehatan di antaranya:

Kaya akan Nutrisi

Terong bulat mengandung berbagai nutrisi penting seperti serat, vitamin, dan mineral. Ini termasuk vitamin C, vitamin K, vitamin B6, folat, kalium, tembaga, dan mangan. Serat dalam terong bulat membantu memperbaiki pencernaan, mengatur gula darah, dan menjaga berat badan yang sehat.

Baca Juga: Obat Asam Lambung, Catat 6 Bahan Alami yang Ampuh Ini

Mengandung Antioksidan

Terong bulat mengandung senyawa antioksidan seperti nasunin dan klorogenat. Antioksidan membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas, yang dapat menyebabkan berbagai penyakit kronis, seperti kanker dan penyakit jantung.

Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

Terong bulat rendah kalori dan kolesterol, sehingga cocok untuk menjaga kesehatan jantung. Selain itu, kandungan kalium yang tinggi dalam terong dapat membantu menurunkan tekanan darah, yang merupakan faktor risiko utama untuk penyakit jantung.

Mendukung Kesehatan Otak

Terong bulat mengandung senyawa yang disebut anthocyanins, yang memiliki sifat antiinflamasi dan dapat membantu melindungi sel-sel otak. Konsumsi terong bulat secara teratur dapat mendukung kesehatan otak dan mengurangi risiko penyakit neurodegeneratif seperti Alzheimer.

Baca Juga: Catat 8 Manfaat Buah Naga Untuk Kesehatan, Cocok Dikonsumsi Saat Buka Puasa

Menjaga Kesehatan Kulit

Vitamin C dalam terong bulat membantu dalam produksi kolagen, yang sangat penting untuk kesehatan kulit. Kandungan antioksidan dalam terong juga membantu melawan kerusakan kulit akibat sinar UV dan polusi lingkungan.

Mendukung Sistem Kekebalan Tubuh

Vitamin C yang tinggi dalam terong bulat dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda, membantu tubuh melawan infeksi dan penyakit. Ini juga membantu penyembuhan luka yang lebih cepat.

Menurunkan Risiko Diabetes

Kandungan serat dalam terong bulat dapat membantu mengontrol gula darah dan meningkatkan sensitivitas insulin. Ini dapat membantu dalam pencegahan diabetes tipe 2 dan mengelola diabetes bagi yang sudah menderita penyakit ini.

Baca Juga: 8 Cara Mengatasi Maag Saat Puasa yang Patut Dicoba, Ampuh!

Mendukung Kesehatan Tulang

Vitamin K dalam terong bulat membantu dalam penyerapan kalsium dan memelihara kesehatan tulang. Ini dapat membantu mencegah osteoporosis dan kerapuhan tulang.

Membantu Menurunkan Berat Badan

Kandungan serat dalam terong bulat membantu membuat Anda merasa kenyang lebih lama, yang dapat membantu dalam mengurangi asupan kalori dan mendukung penurunan berat badan.

Menyediakan Energi

Terong bulat mengandung karbohidrat yang memberikan energi. Ini adalah pilihan makanan yang baik untuk memulai hari atau sebagai camilan sehat di tengah hari.

Demikian beberapa manfaat terong bulat untuk kesehatan tubuh yang menarik diketahui.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

×