kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45908,54   -10,97   -1.19%
  • EMAS1.350.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%
AKTUAL /

Manfaat Daun Ketumbar Untuk Kesehatan, Cek 7 Hal Menarik Ini


Rabu, 20 Maret 2024 / 14:13 WIB
Manfaat Daun Ketumbar Untuk Kesehatan, Cek 7 Hal Menarik Ini
ILUSTRASI. Daun ketumbar

Penulis: Ryan Suherlan

Manfaat Daun Ketumbar - Manfaat daun ketumbar untuk kesehatan bisa didapatkan jika dikonsumsi dengan benar. Tidak hanya itu, manfaat daun ketumbar juga tidak perlu diragukan lagi khasiatnya.

Daun ketumbar, yang dikenal dengan nama ilmiah Coriandrum sativum, adalah salah satu rempah-rempah yang telah digunakan selama ribuan tahun dalam berbagai masakan di seluruh dunia. 

Selain digunakan sebagai bumbu masakan, daun ketumbar juga memiliki beragam manfaat kesehatan yang menakjubkan.

Baca Juga: 10 Manfaat Terong Bulat Untuk Kesehatan Jika Rutin Dikonsumsi

Melansir dari PharmEasy, Daun Ketumbar adalah sumber Vitamin A dan Vitamin C yang sangat baik. Selain itu, daun ketumbar juga mengandung banyak nutrisi seperti serat makanan, zat besi, mangan, kalsium, vitamin K, fosfor, dll.

Berikut beberapa manfaat daun ketumbar untuk kesehatan:

Sumber Nutrisi Penting

Daun ketumbar adalah sumber nutrisi yang kaya. Mereka mengandung vitamin A, vitamin C, vitamin K, serta beberapa vitamin B seperti riboflavin, niacin, dan vitamin B6. Daun ketumbar juga mengandung mineral penting seperti magnesium, potasium, kalsium, dan zat besi. Nutrisi ini membantu memastikan tubuh Anda mendapatkan asupan gizi yang cukup untuk menjaga kesehatan tubuh.

Baca Juga: Cara Mengatasi Insomnia yang Mudah Dilakukan, Coba 8 Hal ini

Antioksidan Kuat

Ketumbar mengandung antioksidan yang kuat, seperti flavonoid dan asam askorbat. Antioksidan membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas, yang dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan, termasuk penyakit jantung, kanker, dan penuaan dini.

Menyokong Fungsi Pencernaan

Daun ketumbar juga memiliki sifat yang merangsang pencernaan. Mereka dapat membantu meredakan gangguan pencernaan seperti perut kembung, gas, dan sindrom iritasi usus. Konsumsi daun ketumbar secara teratur dapat membantu menjaga kesehatan sistem pencernaan Anda.

Pengendali Gula Darah

Studi telah menunjukkan bahwa ekstrak daun ketumbar memiliki efek menurunkan gula darah. Ini bermanfaat bagi penderita diabetes tipe 2 atau mereka yang berisiko mengembangkan penyakit tersebut. Konsumsi ketumbar dalam makanan atau minuman dapat membantu menjaga tingkat gula darah yang stabil.

Baca Juga: 7 Manfaat Pare Untuk Kesehatan Jika Dikonsumsi dengan Benar

Redakan Gejala Peradangan

Ketumbar mengandung senyawa anti-inflamasi yang dapat membantu meredakan gejala peradangan dalam tubuh. Ini dapat bermanfaat dalam mengurangi risiko penyakit yang berkaitan dengan peradangan, seperti arthritis dan penyakit jantung.

Menyokong Sistem Kekebalan Tubuh

Kandungan vitamin C dalam daun ketumbar adalah komponen penting dalam menjaga kesehatan sistem kekebalan tubuh. Vitamin C membantu tubuh melawan infeksi dan penyakit, serta meningkatkan penyembuhan luka.

Menjaga Kesehatan Mata

Vitamin A dalam daun ketumbar berperan penting dalam menjaga kesehatan mata. Ini membantu mencegah masalah penglihatan seperti degenerasi makula dan katarak.

Baca Juga: Manfaat Buah Semangka, Catat 10 Hal Penting untuk Kesehatan Tubuh

Cara Mengonsumsi Daun Ketumbar

Anda dapat mengonsumsi daun ketumbar dengan berbagai cara. Mereka dapat digunakan sebagai bumbu dalam berbagai masakan, termasuk sup, salad, dan hidangan daging. Anda juga dapat membuat jus daun ketumbar atau menambahkannya ke smoothie untuk mendapatkan manfaat kesehatan yang lebih besar. Beberapa orang juga menggunakan daun ketumbar kering atau bubuk ketumbar sebagai tambahan makanan atau minuman mereka.

Namun, ingatlah bahwa sebagian orang mungkin alergi terhadap ketumbar, jadi pastikan untuk menguji toleransi Anda terhadap rempah ini terlebih dahulu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Terpopuler
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

×