kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45886,18   -14,64   -1.62%
  • EMAS1.338.000 0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%
AKTUAL /

Mau Jadi Kaya? Robert Kiyosaki: Jangan Jadi Investor Biasa


Jumat, 22 Maret 2024 / 07:36 WIB
Mau Jadi Kaya? Robert Kiyosaki: Jangan Jadi Investor Biasa
ILUSTRASI. Dari pengalamannya, Robert Kiyosaki menyimpulkan ada tiga jenis investor yang ada saat ini.

Reporter: Barratut Taqiyyah Rafie | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - Robert Kiyosaki, penulis buku ternama Rich Dad Poor Dad, membeberkan beberapa jenis investor yang diketahuinya. 

Dalam blog resminya Richdad.com, dia mengatakan, sangat mudah bagi seseorang untuk menyebut dirinya seorang investor. 

"Saya telah bertemu orang-orang di seluruh dunia yang mengklaim bahwa mereka berinvestasi dan menjadi investor, tetapi itu tidak banyak memberi tahu saya. Biasanya, saya harus mengajukan beberapa pertanyaan untuk mengetahui investor seperti apa mereka," jelasnya.

Dari pengalamannya, dia menyimpulkan ada tiga jenis investor yang ada saat ini. Apa saja?

Tiga jenis investor menurut Robert Kiyosaki

1. Investor Tipe-C

Investor tipe-C tidak berpendidikan finansial dan mencari orang untuk memberi tahu mereka apa yang harus diinvestasikan. 

Mereka memiliki sedikit minat untuk berinvestasi dalam pendidikan mereka sehingga mereka dapat menjadi investor yang lebih baik. Mereka tidak tahu banyak tentang keuangan, yang berarti mereka harus bergantung pada saran dari para ahli.

Baca Juga: Diperdagangkan di Bawah Nilai Sebenarnya, Robert Kiyosaki Sanjung Aset Ini

2. Investor tipe-B

Investor tipe-B adalah tipe investor yang mencari jawaban. Mereka sering mengajukan pertanyaan seperti:

- Apa yang Anda rekomendasikan untuk saya investasikan?

- Apakah Anda pikir saya harus membeli real estat?

- Saham apa yang cocok untuk saya?

- Saya berbicara dengan broker saya, dan dia merekomendasikan saya melakukan diversifikasi. Bagaimana menurutmu?

- Orang tua saya memberi saya beberapa lembar saham. Haruskah saya menjualnya?

Investor tipe-B harus mewawancarai beberapa penasihat pajak, pengacara, pialang saham, dan agen real estat. Mereka harus menemukan penasihat yang mempraktikkan apa yang disarankan. 

Investor tipe-B harus mencari penasihat investasi yang menghasilkan uang dengan berinvestasi dalam investasi yang sama yang mereka jual.

"Saya sering menemukan bahwa banyak karyawan berpenghasilan tinggi dan wiraswasta termasuk dalam kategori investor Tipe-B karena mereka sibuk dan memiliki sedikit waktu untuk mencari peluang investasi," urainya.

Baca Juga: Ini Fondasi untuk Jadi Orang Kaya ala Robert Kiyosaki

3. Investor tipe-A

Investor tipe-A merupakan tipe investor yang kerap mencari masalah. Secara khusus, mereka mencari masalah yang disebabkan oleh mereka yang mengalami kesulitan keuangan. 

Investor yang pandai memecahkan masalah berharap mendapat pengembalian 25 persen hingga tak terbatas atas uang mereka. Mereka memiliki fondasi keuangan yang kuat dan memiliki keterampilan yang diperlukan untuk sukses sebagai pemilik bisnis dan investor. 

Mereka menggunakan keterampilan tersebut untuk memecahkan masalah yang disebabkan oleh orang-orang yang tidak memiliki keterampilan tersebut.

Jangan menjadi investor biasa

Agar sukses dan menjadi investor kaya, Kiyosaki mengatakan, penting untuk memahami bagaimana seseorang menghasilkan uang, dan apakah itu benar-benar membuat Anda kaya atau tidak.

"Misalnya, dalam hal reksa dana, saya adalah investor Tipe-C," jelasnya.

Kemudian, sebagai investor Tipe-B, seorang investor akan mencari jawaban profesional atas masalah keuangannya. 

"Saya mencari jawaban dari penasihat saya, termasuk ahli strategi pajak dan kekayaan, pialang saham, bankir, dan pialang real estat. Ketika Anda menemukan yang bagus, para profesional ini memberikan banyak informasi yang banyak orang secara pribadi tidak punya waktu untuk mendapatkannya," urainya.

Dia menambahkan, dan sebagai investor Tipe-A, seorang investor menemukan dan memecahkan masalah yang orang lain tidak bisa atau tidak ingin selesaikan, dan dia akan menghasilkan banyak uang sebagai gantinya. 

Baca Juga: Robert Kiyosaki: Gagal Lebih Banyak Berarti Berusaha Lebih Keras

"Saya juga dapat memberikan uang saya kepada Tipe-A lain di area di mana saya bukan ahlinya tetapi saya percaya," jelasnya.

Kiyosaki berpesan, jika Anda ingin menjadi kaya, Anda harus mengendalikan pendidikan finansial serta arus kas pribadi. Dia  bilang, tidak ada salahnya berharap harga sesuatu naik di masa depan, selama Anda tidak kehilangan kendali atas keuangan Anda hari ini.

"Seorang investor yang canggih tahu bahwa menjadi terdidik secara finansial memberi Anda lebih banyak kontrol hari ini dan, jika Anda terus belajar, kontrol keuangan yang lebih besar besok," urainya.

Itu sebabnya, lanjut Kiyosaki, jangan lagi menjadi investor biasa. 

"Berinvestasi dalam pendidikan keuangan Anda hari ini dan mulailah membangun hari esok di mana Anda memiliki kendali atas investasi dan arus kas Anda," tegasnya.
 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

×