kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45963,73   -4,04   -0.42%
  • EMAS1.315.000 0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%
AKTUAL /

Penderita 10 Penyakit ini Dilarang Minum Kopi


Kamis, 07 Maret 2024 / 11:10 WIB
Penderita 10 Penyakit ini Dilarang Minum Kopi
ILUSTRASI. Minum kopi

Reporter: kompas.com | Editor: Tri Sulistiowati

ORANG YANG TIDAK BOLEH MINUM KOPI - Kopi memang nikmat diminum saat pagi hari untuk meningkatkan mood. Perlu Anda ketahui, 10 penderita penyakit ini tidak boleh minum kopi loh.  

Kopi dapat memberikan manfaat untuk kesehatan, tetapi juga dapat memberikan dampak negatif jika Anda memiliki riwayat medis tertentu. 

Baca Juga: Menu Sarapan yang Baik Dimakan Penderita Asam Lambung

Lalu, penyakit apa saja yang tidak boleh minum kopi? 

Ternyata, Anda yang memiliki gangguan irama denyut jantung, sulit menahan buang air kecil, dan gangguan tidur, perlu membatasi atau menghentikan kebiasaan minum kopi. 

Untuk lebih jelasnya, ketahui penderita penyakit apa saja yang tidak boleh minum kopi berikut ini. 

Penyakit apa saja yang tidak boleh minum kopi? 

Beberapa orang yang memiliki riwayat medis tertentu perlu menghindari konsumsi kopi karena dapat memperparah penyakit yang dialami atau berdampak negatif pada kesehatan. 

Disarikan dari Eat This dan WebMD, berikut ini adalah penderita penyakit apa saja yang tidak boleh minum kopi. 

1. Sindrom iritasi usus 

Irritable bowel syndrome (IBS), atau sindrom iritasi usus besar, adalah masalah kesehatan yang menyerang usus besar. 

Salah satu gejala sindrom iritasi usus besar adalah diare sehingga perlu menghindari konsumsi kopi karena dapat meningkatkan rasa ingin buang air besar. 

2. Glaukoma 

Glaukoma adalah gangguan mata yang disebabkan oleh kerusakan saraf. 

Penderita glaukoma perlu menghindari atau membatasi konsumsi kopi karena kopi dapat meningkatkan tekanan intraokular yang bisa meningkatkan risiko masalah kesehatan mata yang lebih serius. 

3. Kandung kemih overaktif 

Overactive bladder, atau kandung kemih overaktif, adalah gangguan fungsi otot kandung kemih sehingga memicu rasa ingin buang air kecil secara tiba-tiba. 

Kafein di dalam kopi dapat meningkatkan frekuensi dan dorongan buang air kecil yang akan membuat Anda lebih sensitif dan sering ke kamar mandi. 

4. Aritmia 

Kafein di dalam kopi dapat meningkatkan tekanan darah dan irama denyut jantung untuk sementara waktu. 

Penderita aritmia, atau gangguan irama denyut jantung, perlu menghindari atau membatasi kafein karena dapat menyebabkan rasa tidak nyaman atau gejala lainnya. 

5. Gangguan tidur 

Kafein pada kopi merupakan stimulan yang akan meningkatkan energi dan rasa kantuk. 

Namun, Anda yang memiliki gangguan tidur diimbau untuk tidak minum kopi secara berlebihan, atau menghentikan konsumsinya setidaknya enam jam sebelum tidur, agar tidak berdampak negatif pada kualitas tidur di malam hari. 

6. Gangguan kesehatan mental 

Orang-orang yang memiliki riwayat gangguan kesehatan mental, seperti cemas dan depresi, perlu membatasi atau menghindari konsumsi kopi. 

Pasalnya, kafein di dalam kopi dapat memperparah gejala yang dialami. 

7. Diare 

Kafein pada kopi merupakan stimulan yang dapat meningkatkan kerja sistem pencernaan. 

Minum kopi saat diare justru akan memperparah gejala yang dialami sehingga cairan tubuh akan keluar lebih banyak dan menyebabkan dehidrasi. 

8. Epilepsi 

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa konsumsi kafein secara berlebihan dapat meningkatkan risiko kejang. 

Penderita epilepsi perlu berkonsultasi dengan dokter sebelum minum kopi karena kopi mungkin dapat memperparah gejala yang dialami. 

9. Refluks asam 

Penderita refluks asam, atau gastroesophageal reflux disease (GERD), perlu membatasi atau menghentikan kebiasaan minum kopi. 

Pasalnya, kafein dapat melonggarkan sfingter esofagus sehingga asam lambung dapat naik ke kerongkongan dan menyebabkan gejala yang lebih serius. 

10. Osteoporosis 

Kandungan kafein pada kopi dapat meningkatkan jumlah kalsium yang keluar dari tubuh melalui urine sehingga tulang akan semakin lemah. 

Anda yang mengalami osteoporosis diimbau untuk tidak minum kopi lebih dari tiga gelas per hari agar kondisi yang dialami tidak bertambah serius. 

Memahami penyakit apa saja yang tidak boleh minum kopi sangatlah penting agar Anda bisa melakukan penyesuaian dan tindakan pencegahan yang diperlukan. 

Meskipun umumnya aman, beberapa masalah kesehatan di atas dapat bertambah parah jika kebiasaan minum kopi tidak dihentikan atau dikurangi.

Baca Juga: Minum Kopi Susu di Pagi Hari Baik atau Buruk untuk Kesehatan?

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Penyakit Apa Saja yang Tidak Boleh Minum Kopi? Berikut 10 Daftarnya…", 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet Using Psychology-Based Sales Tactic to Increase Omzet

×