kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45886,18   -14,64   -1.62%
  • EMAS1.338.000 0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%
AKTUAL /

Punya Banyak Nutrisi, Ini 8 Manfaat Ikan Salmon yang Penting DIketahui


Rabu, 06 Maret 2024 / 13:15 WIB
Punya Banyak Nutrisi, Ini 8 Manfaat Ikan Salmon yang Penting DIketahui
ILUSTRASI. Ikan salmon

Penulis: Ryan Suherlan

Manfaat Ikan Salmon - Ikan salmon adalah salah satu jenis ikan yang memiliki dan menyimpan banyak nutrisi yang bisa memberikan banyak manfaat. Tak heran, manfaat ikan salmon bagi kesehatan cukup menarik perhatian dan penting diketahui.

Selain itu, ikan salmon juga mempunyai rasa yang khas dan bisa diolah menjadi berbagai jenis makanan yang enak dikonsumsi.

Melansir dari Health, salmon merupakan salah satu jenis ikan berlemak yang mengandung beberapa nutrisi yang baik untuk Anda. American Heart Association (AHA) menyarankan makan ikan, seperti salmon, dua kali seminggu karena protein dan asam lemak omega-3 bermanfaat untuk menyehatkan jantung.

Baca Juga: 9 Cara Mengatasi Kulit Kering, Efektif dan Mudah Dilakukan

Berikut beragam manfaat ikan salmon untuk kesehatan tubuh di antaranya:

Sumber Protein Berkualitas Tinggi

Ikan salmon adalah sumber protein hewani yang sangat baik. Protein adalah nutrisi penting yang berperan dalam membangun dan memperbaiki jaringan tubuh, termasuk otot, kulit, dan rambut. Protein dari ikan salmon juga mengandung asam amino esensial yang diperlukan oleh tubuh untuk berfungsi dengan baik.

Asam Lemak Omega-3 yang Tinggi

Salah satu keunggulan utama ikan salmon adalah kandungan omega-3 yang tinggi. Omega-3 adalah jenis asam lemak tak jenuh ganda yang sangat baik bagi kesehatan jantung dan otak. Asam lemak omega-3 dapat membantu mengurangi peradangan, meningkatkan fungsi otak, dan mengurangi risiko penyakit jantung.

Baca Juga: Kulit Jeruk Punya Manfaat Bagi Kesehatan? Ada 8 Hal yang Tidak Terduga

Mendukung Kesehatan Jantung

Asam lemak omega-3 dalam ikan salmon, terutama EPA (asam eicosapentaenoic) dan DHA (asam docosahexaenoic), telah terbukti dapat mengurangi risiko penyakit jantung. Mereka membantu menurunkan tekanan darah, mengurangi peradangan, dan meningkatkan profil lipid darah. Konsumsi ikan salmon secara teratur dapat membantu menjaga kesehatan kardiovaskular.

Meningkatkan Fungsi Otak

Omega-3 dalam ikan salmon juga memiliki dampak positif pada fungsi otak. DHA, salah satu jenis omega-3 yang dominan dalam ikan salmon, adalah komponen utama dalam otak. DHA dapat membantu meningkatkan fungsi kognitif, meningkatkan daya ingat, dan mengurangi risiko gangguan neurodegeneratif seperti Alzheimer.

Antiinflamasi Alami

Ikan salmon mengandung senyawa antiinflamasi alami yang dapat membantu mengurangi peradangan dalam tubuh. Ini dapat bermanfaat bagi individu dengan berbagai kondisi, termasuk arthritis, asma, dan penyakit autoimun.

Baca Juga: Catat 7 Manfaat Buah Kiwi Bagi Kesehatan, Banyak Khasiatnya!

Meningkatkan Kesehatan Mata

Kandungan asam lemak omega-3 dalam ikan salmon juga berkaitan dengan kesehatan mata. Omega-3 membantu menjaga kesehatan retina dan dapat membantu mencegah degenerasi makula terkait usia, yang dapat menyebabkan gangguan penglihatan.

Menyediakan Vitamin dan Mineral Penting

Ikan salmon adalah sumber yang baik untuk beberapa vitamin dan mineral penting, termasuk vitamin D, vitamin B12, selenium, dan yodium. Vitamin D diperlukan untuk kesehatan tulang dan sistem kekebalan tubuh, sementara vitamin B12 penting untuk fungsi saraf dan pembentukan sel darah merah. Sementara itu, selenium dan yodium diperlukan dalam jumlah kecil tetapi penting untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Baca Juga: 8 Khasiat Air Jahe Bagi Kesehatan Jika Rutin Dikonsumsi

Mendukung Kesehatan Kulit dan Rambut

Kandungan protein, asam lemak omega-3, dan vitamin dalam ikan salmon juga dapat berkontribusi pada kesehatan kulit dan rambut. Mereka membantu menjaga kelembaban kulit dan membantu menguatkan struktur rambut.

Untuk mendapatkan manfaat maksimal dari ikan salmon, disarankan untuk mengonsumsinya secara teratur, idealnya dua hingga tiga porsi ikan salmon per minggu. Penting juga untuk memilih ikan salmon yang segar dan berasal dari sumber yang andal.

Ikan salmon memang adalah salah satu makanan yang sangat baik bagi kesehatan tubuh. Dengan kandungan protein, omega-3, dan berbagai nutrisi penting lainnya, ikan salmon dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung, otak, mata, dan tubuh secara keseluruhan. Dengan menambahkan ikan salmon ke dalam pola makan Anda, Anda dapat merasakan manfaat kesehatan yang luar biasa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

×