kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45928,35   -6,99   -0.75%
  • EMAS1.321.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%
AKTUAL /

Susu Obat Kuno Asam Lambung, Ini 17 Pengobatan Rumahan untuk Atasi GERD


Selasa, 05 Maret 2024 / 03:20 WIB
Susu Obat Kuno Asam Lambung, Ini 17 Pengobatan Rumahan untuk Atasi GERD
ILUSTRASI. Setidaknya ada sejumlag pengobatan rumahan untuk mengurangi GERD atau asam lambung kronis. Salah satunya minum susu.

Reporter: Barratut Taqiyyah Rafie | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - Asam lambung naik bisa dialami oleh siapa saja. Supaya Anda bisa segera melakukan perawatan yang tepat, penting bagi Anda untuk mengenali kondisi apa saja yang tergolong dalam ciri-ciri asam lambung.

Zat asam dibutuhkan tubuh untuk melakukan berbagai macam hal. Mulai dari menetralkan enzim yang berasal dari mulut, membunuh bakteri, dan mencerna makanan supaya nutrisi dalam makanan itu dapat terserap secara maksimal.

Ada banyak faktor penyebab asam lambung rendah yang mengakibatkan fungsi-fungsi tersebut tak dapat bekerja optimal. 

Mulai dari penggunaan obat tertentu, usia, hingga sensitif terhadap makanan. 

Melansir Kontan, jika Anda mengalami gejala asam lambung berikut, jangan ragu untuk segera berkonsultasi dengan dokter:

- Perut kembung
- Selalu lapar
- Mual
- Heartburn
- Sakit tenggorokan dan suara serak
- Bau mulut tak sedap

Baca Juga: Daun Kemangi Bisa Jadi Obat Alami GERD, Bisa Dimakan Langsung atau Minum Air Rebusan

17 pengobatan rumahan untuk mengurangi GERD

Mengutip WebMD, berikut adalah 17 pengobatan rumahan untuk mengurangi GERD:

1. Susu

Obat kuno untuk sakit maag adalah susu. Susu, seperti antasida berbahan dasar kalsium yang dijual bebas, menetralkan keasaman lambung.

Pilihlah susu skim atau susu rendah lemak daripada susu murni karena kadar lemak dalam susu murni dapat menyebabkan mulas.

Demikian pula, yogurt rendah lemak dapat membantu mengatasi sakit maag dan memberi Anda dosis probiotik yang ramah usus.

2. Jahe

Jahe adalah salah satu pengobatan rumahan yang paling efektif untuk refluks asam karena efek pencernaan dan anti-inflamasinya yang berbeda.

Anda bisa menggunakan jahe dalam masakan atau sekadar mengunyah sepotong jahe mentah. Anda bisa merebusnya dengan segelas air, kecilkan menjadi setengah gelas dan minum airnya. Ini mungkin secara efektif mengobati sakit maag.

3. Bubuk soda kue

Soda kue adalah produk murah dan alami yang membantu mengatasi penyakit gastroesophageal reflux (GERD). Cukup campurkan satu sendok teh soda kue dengan secangkir air.

Soda kue akan membantu menetralkan asam.

4. Daun kemangi

Daun kemangi membantu produksi lendir di lambung. Ini meredakan mulas dan menenangkan lapisan perut.

Untuk meredakan asam lambung secara instan, kunyah dua hingga tiga daun kemangi atau rebus dalam air dan konsumsi sebagai teh.

Baca Juga: Khasiat Menakjubkan Daun Kelor yang Jarang Diketahui, Bisa Buat Diabetes & Kolesterol

5. Air kelapa

Dua gelas air kelapa setiap hari dapat membantu meringankan sakit maag. Ini tinggi serat dan membantu mengendurkan saluran pencernaan Anda. 

Air kelapa dapat melindungi perut Anda dari efek produksi asam yang terlalu banyak.

6. Daun mint

Daun mint diduga memiliki efek pencernaan dan dapat bertindak sebagai zat pendingin alami. Hal ini memungkinkan Anda mendapatkan bantuan yang cukup dari refluks asam dan mulas.

Secangkir teh mint adalah pengobatan refluks asam alami yang bagus. Anda bisa merebus daun mint dan meminumnya untuk meringankan gejala GERD.

7. Kacang almond

Almond memiliki efek menenangkan pada perut Anda karena mengandung banyak minyak alami. Meskipun kacang almond dikenal dapat membantu pencernaan, susu almond dapat menjaga kesehatan perut dan meredakan keasaman.

8. Jus lidah buaya

Salah satu pengobatan rumahan terbaik untuk sakit maag adalah lidah buaya. Ia memiliki kualitas anti-inflamasi dan konsentrasi vitamin yang tinggi.

Untuk meredakan sakit maag secara efektif, ambillah jus lidah buaya murni, campur dengan air dan konsumsilah dua hingga tiga kali sehari.

9. Jus semangka

Jus semangka merupakan makanan alkali yang secara alami meredakan sakit maag.

Untuk meredakan keasaman, cukup minum segelas jus semangka saat sarapan.

Saat musim panas, semangka dipercaya dapat menjaga tubuh tetap terhidrasi.

10. Jus nanas

Jus nanas telah lama dianggap sebagai salah satu pengobatan rumahan yang paling efektif untuk mengatasi keasaman.

Setelah makan berat, segelas jus nanas dapat langsung meredakan rasa asam.

11. Pisang

Pisang menyembuhkan sembelit dan meredakan keasaman secara alami. Mereka tinggi serat dan potasium. Mereka juga memiliki berbagai manfaat pencernaan.

12. Cuka sari apel

Semakin lama makanan berada di perut Anda tanpa dipecah, semakin besar kemungkinan terjadinya gangguan pencernaan dan mulas.

Cuka dapat membantu pengobatan sakit maag. Satu sendok teh sari apel mentah yang diencerkan dengan setengah cangkir air dapat memberikan asam yang dibutuhkan lambung untuk mencerna makanan.

Meskipun banyak yang mengklaim bahwa cuka sari apel membantu mengatasi sakit maag, tidak ada bukti ilmiah yang mendukung hal ini. Terkadang, hal ini bisa memperburuk sakit maag Anda, jadi lanjutkan dengan hati-hati.

13. Mengunyah permen karet

Menurut beberapa penelitian, mengunyah permen karet diketahui dapat meredakan keasaman. Mengunyah permen karet menyebabkan peningkatan produksi air liur, yang dapat membantu menghilangkan asam dari kerongkongan.

14. Jus lemon

Meskipun jus lemon sangat asam, sedikit jus lemon yang dicampur dalam air dengan madu dapat menghasilkan efek alkali yang menetralkan asam lambung. Antioksidan alami dalam lemon dan madu melindungi sel dari kerusakan.

Anda dapat menggunakan jus lemon sebagai pengganti cuka sari apel, yang memberikan manfaat yang sama. Sebaiknya, minum jus lemon saat perut kosong atau sebelum makan untuk membantu mempersiapkan lambung untuk pencernaan.

Baca Juga: Kenali Gejala, Penyebab dan Obat Mabuk Perjalanan di Kendaraan

15. Mustard

Mustard untuk sakit maag mungkin tampak aneh, namun banyak orang mengklaim bahwa itu manjur.

Bumbu kunyit digunakan untuk memberi warna kuning khas pada mustard, yang membantu pencernaan.

Keuntungan lainnya adalah mustard dapat membantu menetralkan beberapa asam lambung. Orang yang bersumpah biasanya mengambil sesendok mustard sesuai kebutuhan.

16. Jus acar

Selain keasaman alaminya, kulit acar menumbuhkan probiotik, bakteri Lactobacillus, selama proses fermentasi, dan tertahan di dalam jus. Probiotik ini hanya ditemukan dalam jus acar buatan sendiri karena bakterinya mati selama pemrosesan jus komersial.

Baca Juga: Diet Asam Lambung, Ini 7 Makanan yang Bisa Bikin GERD Jarang Kumat

17. Minyak esensial

Meski belum ada bukti ilmiah, masyarakat terus mengklaim manfaat minyak esensial untuk meredakan sakit maag. 

Lavender, lemon, jahe, dan jeruk adalah minyak esensial yang paling banyak digunakan untuk mengatasi sakit maag. Tambahkan beberapa tetes ke teh atau air panas.

Tidak semua minyak esensial yang bermanfaat untuk sakit maag dapat dikonsumsi. Sebagai gantinya, gunakan minyak esensial kayu putih dalam diffuser atau air mandi.

Selanjutnya: Impor Kurma Indonesia Mencapai Rp 1,2 triliun Sepanjang 2023, Ada dari Palestina

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU

×