kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45963,73   -4,04   -0.42%
  • EMAS1.315.000 0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%
AKTUAL /

Tips Menambah Darah dengan 8 Buah dalam Pencegahan Anemia


Jumat, 08 Maret 2024 / 11:29 WIB
Tips Menambah Darah dengan 8 Buah dalam Pencegahan Anemia
ILUSTRASI. Tips Menambah Darah dengan 8 Buah dalam Pencegahan Anemia

Penulis: Bimo Kresnomurti

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Catat sejumlah buah yang dapat membantu meningkatkan kadar darah dan mencegah anemia. Anda dapat mengonsumsi daftar buah ini secara teratur di rumah.

Istilah medis yang mengacu pada peningkatan kadar darah bertujuan untuk mengatasi kekurangan darah (anemia) dengan meningkatkan jumlah sel darah merah dan kualitas darah.

Untuk meningkatkan kadar darah atau mencegah anemia, terdapat beberapa nutrisi penting yang dapat mendukung produksi sel darah merah dan kualitas darah.

Anda dapat mencatat beberapa nutrisi penting ini yang dapat diperoleh dari makanan.

Baca Juga: Ini 6 Makanan dan Minuman Penyebab Susah Tidur yang Wajib Dihindari

Sebelum itu, ada beberapa informasi terkait nutrisi yang baik dalam meningkatkan kadar darah dalam tubuh.

Kandungan gizi untuk menambah darah

Makanan untuk darah

Berikut adalah beberapa nutrisi yang dapat membantu meningkatkan kadar darah:

  • Zat Besi: Zat besi merupakan komponen utama hemoglobin, yang bertanggung jawab membawa oksigen dalam darah. Makanan kaya zat besi meliputi daging merah, unggas, ikan, biji-bijian, kacang-kacangan, sayuran berdaun hijau, dan sereal yang diperkaya zat besi.
  • Vitamin B12: Vitamin B12 sangat penting untuk produksi sel darah merah. Sumber vitamin B12 termasuk daging, ikan, produk susu, dan makanan yang diperkaya seperti sereal.
  • Folat (Vitamin B9): Folat membantu dalam pembentukan sel darah merah. Makanan kaya folat meliputi sayuran berdaun hijau, kacang-kacangan, jeruk, alpukat, dan hati.
  • Vitamin C: Vitamin ini membantu tubuh dalam menyerap zat besi dari makanan. Sumber vitamin C termasuk buah-buahan seperti jeruk, stroberi, tomat, dan sayuran seperti brokoli dan paprika.
  • Vitamin A: Vitamin ini berperan dalam menjaga kesehatan sel darah merah dan dapat ditemukan pada hati, telur, susu, serta sayuran seperti wortel, ubi jalar, dan bayam.
  • Vitamin K: Vitamin ini penting untuk pembekuan darah yang sehat dan dapat ditemukan dalam sayuran berdaun hijau, kacang-kacangan, dan minyak ikan.
  • Tembaga: Tembaga membantu dalam pembentukan sel darah merah dan bisa ditemukan dalam makanan seperti daging merah, biji-bijian, dan kacang-kacangan.
  • Nah, agar konsumsi makanan sehat mudah diterapkan, Anda bisa konsumsi buah berikut ini dengan porsi yang seimbang.

Inilah daftar buah untuk menambah darah yang mudah untuk dikonsumsi dirangkum dari laman NDTV.

Baca Juga: 7 Manfaat Daun Sirsak Untuk Kesehatan Jika Dikonsumsi Secara Rutin

Buah untuk menambah darah

1. Buah Beri

Kekurangan zat besi merupakan salah satu penyebab umum rendahnya kadar hemoglobin. Rekomendasi Diet yang Direkomendasikan (RDA) untuk zat besi adalah:

Untuk pria dewasa (19 hingga 50 tahun), jumlahnya adalah delapan miligram; sementara itu, untuk wanita dewasa (19 hingga 50 tahun) adalah 18 miligram.

Dengan demikian, penting untuk mengonsumsi makanan yang mengandung zat besi, seperti sayuran berdaun hijau, hati, tahu, bayam, telur, biji-bijian, kacang-kacangan, daging, ikan, buah-buahan kering, dan sebagainya.

2. Kacang-kacangan

Asam folat, yang merupakan vitamin B kompleks, diperlukan untuk pembentukan sel darah merah dalam tubuh. Kekurangan asam folat dapat menyebabkan penurunan kadar hemoglobin.

Dianjurkan untuk meningkatkan asupan sayuran berdaun hijau, tauge, kacang kering, kacang tanah, pisang, brokoli, hati, dan lain-lain.

3. Jeruk

Zat besi tidak dapat sepenuhnya diserap oleh tubuh, sehingga diperlukan bantuan dari suatu medium untuk meningkatkan penyerapannya.

Karenanya, saat ini adalah waktu yang tepat bagi vitamin C untuk berperan. Mengonsumsi lebih banyak jeruk, lemon, paprika, tomat, jeruk bali, dan buah beri lainnya sangat dianjurkan karena kandungannya yang kaya akan vitamin C.

4. Delima

Delima kaya akan kalsium, zat besi, protein, karbohidrat, dan serat. Ini adalah salah satu makanan terbaik untuk meningkatkan kadar hemoglobin berkat kandungan gizi yang luar biasa.

Anda dapat minum jus delima setiap hari untuk menjaga kadar hemoglobin tetap seimbang.

5. Kurma

Buah kering yang manis ini memiliki kandungan energi dan gizi yang tinggi. Kurma menyediakan banyak zat besi yang membantu meningkatkan kadar hemoglobin dalam darah.

Meskipun demikian, dokter umumnya menyarankan agar penderita diabetes menghindari konsumsi kurma karena kandungan gulanya yang tinggi.

6. Buah Bit

Bit adalah cara yang efektif untuk meningkatkan kadar hemoglobin. Selain tinggi zat besi, bit juga mengandung asam folat, potasium, dan serat. Minumlah jus bit setiap hari untuk menjaga keseimbangan kadar darah.

7. Biji Labu

Biji labu kaya akan zat besi, kalsium, magnesium, dan mangan. Anda dapat menaburkannya di atas salad atau smoothie Anda untuk menikmati manfaat gizinya.

8. Semangka

Semangka merupakan buah yang membantu meningkatkan kadar hemoglobin karena mengandung zat besi dan vitamin C, yang membantu dalam penyerapan zat besi.

Makanan yang mengandung polifenol, tanin, fitat, dan asam oksalat seperti teh, kopi, kakao, produk kedelai, dan dedak dapat menghambat penyerapan zat besi dalam tubuh. Sebaiknya batasi konsumsi makanan tersebut jika kadar hemoglobin Anda rendah.

Itulah beberapa informasi terkait sederet buah untuk menambah darah yang mencegah anemia hingga kekurangan darah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU

×