kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45893,43   -4,59   -0.51%
  • EMAS1.333.000 0,53%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%
AKTUAL /

6 Efek Negatif Minum Susu Kental Manis Berlebihan bagi Anak-anak


Minggu, 28 April 2024 / 10:25 WIB
6 Efek Negatif Minum Susu Kental Manis Berlebihan bagi Anak-anak
ILUSTRASI. Waspada, Inilah 6 Bahaya Minum Susu Kental Manis Berlebihan

Penulis: Bimo Kresnomurti

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Simak bahaya minum susu kental manis yang tidak baik untuk kesehatan anak. Penggunaan susu kental manis tentu sering ditemui pada makanan dan minuman di Indonesia.

Pemberian susu kental manis kepada anak bisa memiliki beberapa dampak yang perlu diperhatikan.

Susu kental manis menjadi jenis susu yang telah diolah dengan cara menambahkan gula untuk memberikan rasa manis dan tekstur yang lebih kental atau pekat.

Proses pembuatan susu kental manis melibatkan pemanasan susu dengan gula tambahan hingga larut dan menghasilkan konsistensi yang lebih tebal.

Baca Juga: Apa Saja Penyebab Usus Buntu? 9 Makanan Penyebab Usus Buntu yang Sebaiknya Dihindari

Umumnya, susu kental manis digunakan sebagai pemanis dalam berbagai makanan dan minuman, serta sebagai bahan dalam hidangan penutup atau pencuci mulut, seperti dalam es krim, puding, kue, dan minuman manis seperti es teh kental manis

Susu kental manis mengandung banyak kalori, tapi itu juga memiliki banyak lemak jenuh, yang berbahaya bagi orang dengan diabetes dan masalah jantung.

Artinya, kondisi atau tingkat gula yang tinggi, yang dapat menyebabkan risiko terjadinya karies gigi dan peningkatan risiko obesitas pada anak jika dikonsumsi secara berlebihan.

Selain itu, konsumsi berlebihan gula dalam susu kental manis juga dapat berdampak negatif pada asupan nutrisi anak, karena anak mungkin lebih memilih susu manis daripada makanan dan minuman yang kaya nutrisi.

Baca Juga: Inilah Angka Normal Trombosit, Cek Cara Menaikkan Trombosit dengan Cepat Tanpa Obat

Efek negatif minum susu kental manis berlebihan

Susu Evaporasi vs Susu Kental Manis

Penelitian juga menunjukkan bahwa konsumsi gula berlebih pada anak dapat meningkatkan risiko terjadinya diabetes tipe 2 di kemudian hari.

Oleh karena itu, penting untuk membatasi konsumsi susu kental manis pada anak dan lebih memilih alternatif susu yang lebih sehat dan rendah gula untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan.

Simak beberapa bahaya minum susu kental manis berlebihan saat dikonsumsi anak-anak dilansir dari TDSIB.

1. Risiko Obesitas

Konsumsi susu kental manis mengandung banyak gula tambahan, yang menyumbang kalori tinggi. Minum kental manis berlebihan dapat menyebabkan penambahan berat badan pada anak-anak dan berisiko mengalami obesitas.

Tentunya, hal tersebut merupakan faktor risiko bagi berbagai masalah kesehatan pada anak-anak, termasuk diabetes tipe 2, penyakit jantung, dan tekanan darah tinggi.

2. Masalah Gigi

Jika minum susu kental manis berlebihan pada anak-anak, kandungan gula yang tinggi bisa mengganggu pertumbuhan gigi.

Gula dalam susu kental manis bisa menyebabkan kerusakan pada gigi anak-anak dan meningkatkan risiko karies gigi jika kebersihan mulut tidak terjaga.

3. Gangguan Metabolisme

Konsumsi gula berlebihan dapat menyebabkan resistensi insulin pada anak-anak, yang dapat berkontribusi pada perkembangan diabetes tipe 2 dan masalah metabolisme lainnya.

4. Meningkatnya Gula Darah

Gula dalam susu kental manis dapat menyebabkan lonjakan gula darah yang cepat pada anak-anak, diikuti oleh penurunan tajam.

Hal ini dapat menyebabkan perasaan lelah, lemas, dan peningkatan nafsu makan pada anak-anak, yang bisa berujung pada pola makan yang tidak sehat.

5. Kurangnya Nutrisi Penting

Apabila terlalu banyak mengonsumsi susu kental manis, anak-anak atau orang dewasa mungkin mengabaikan konsumsi makanan yang lebih sehat dan bergizi, karena perut sudah kenyang dengan gula dari susu kental manis.

Nutrisi susu kental manis mungkin mengandung lebih sedikit nutrisi dibandingkan susu alami pada anak-anak, karena gula dan bahan tambahan lainnya yang digunakan dalam proses pembuatannya.

6. Ketergantungan makanan manis

Saat minum susu kental manis berlebihan dapat membentuk kebiasaan mengonsumsi makanan manis secara berlebihan pada anak-anak, yang bisa menyebabkan ketergantungan pada makanan dengan rasa manis.

Untuk menjaga kesehatan, disarankan untuk mengonsumsi susu kental manis dengan bijaksana dan dalam batas yang wajar.

Apabila memungkinkan, pilih alternatif yang lebih sehat seperti susu rendah lemak tanpa tambahan gula atau sumber kalsium lainnya seperti susu kedelai, almond, atau yogurt tanpa pemanis tambahan.

Pilihlah makanan yang lebih sehat dan kaya nutrisi untuk memenuhi kebutuhan tubuh. Demikian informasi terkait minum susu kental manis yang memiliki risiko bagi kesehatan.

Itulah sederet informasi terkait efek negatif dari konsumsi susu kental manis berlebihan.

Selanjutnya: Jadwal Lengkap Sholat 5 Waktu Kota Salatiga dan Sekitarnya, Minggu 28 April 2024

Menarik Dibaca: Menu Unik McDonald’s di Seluruh Dunia, dari Indonesia hingga Inggris

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Practical Business Acumen Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

×