kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45903,33   4,58   0.51%
  • EMAS1.318.000 -0,68%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%
AKTUAL /

Ini 8 Cara Mengurangi Kerontokan Rambut saat Perawatan


Selasa, 23 April 2024 / 14:12 WIB
Ini 8 Cara Mengurangi Kerontokan Rambut saat Perawatan
ILUSTRASI. Tips menggunakan hair dryer mengeringkan rambut

Penulis: Bimo Kresnomurti

Cara Mengurangi Kerontokan Rambut  - JAKARTA. Simak perawatan rambut untuk mencegah kerontokan secara masif. Rambut merupakan mahkota bagi setiap orang dalam berpenampilan lebih menarik.

Langkah penting dalam menjaga kesehatan rambut dan mencegah kerontokan menjadi perhatian utama bagi banyak orang, terutama bagi yang mengalami masalah kerontokan rambut.

Kerontokan rambut bisa menjadi sumber kekhawatiran dan kecemasan bagi banyak orang, karena hal itu dapat memengaruhi penampilan dan juga menurunkan rasa percaya diri.

Namun, dengan perawatan yang tepat dan langkah-langkah pencegahan yang sesuai, Anda dapat mengurangi risiko kerontokan rambut dan mempertahankan kesehatan rambut.

Baca Juga: Inilah 7 Kebiasaan untuk Mencegah Rambut Rusak dan Rontok

Cara mencegah kerontokan rambut saat perawatan

Ilustrasi perawatan rambut

Kerontokan rambut dapat disebabkan oleh berbagai faktor, mulai dari faktor genetik hingga gaya hidup dan perawatan yang tidak tepat.

Oleh karena itu, penting untuk memahami langkah-langkah yang dapat diambil untuk mencegahnya. 

Simak panduan mudah dalam mencegah kerontokan rambut saat perawatan, dilansir dari laman American Academy of Dermatology Association.

1. Pilih Sampo Terbaik

Merawat rambut yang mulai rontok atau tipis membutuhkan perhatian khusus agar tidak menyebabkan kerusakan lebih lanjut. Salah satu langkah yang penting adalah memilih produk perawatan rambut yang tepat.

Sampo yang lembut adalah pilihan terbaik, karena beberapa sampo memiliki kandungan bahan kimia yang dapat menghilangkan kelembapan alami dari rambut Anda. Penggunaan sampo yang lembut membantu menjaga kelembapan dan kesehatan rambut.

2. Penggunaan Kondisioner

Selain menggunakan sampo yang tepat, penggunaan kondisioner juga sangat penting. Kondisioner berfungsi untuk melapisi helai rambut Anda, membantu mengurangi kerusakan dan mencegah ujung rambut bercabang.

Penggunaan kondisioner setelah setiap keramas dapat membantu menjaga kelembapan rambut dan membuatnya lebih mudah untuk diatur.

3. Pilih Sisir Rambut yang Aman

Tidak hanya itu, penggunaan kondisioner tanpa dibilas atau penyisir rambut juga sangat dianjurkan. Kondisioner tanpa dibilas atau leave-in conditioner membantu menjaga kelembapan rambut lebih lama, sehingga dapat mengurangi kerusakan, ujung rambut bercabang, dan kusut.

Aplikasikan kondisioner tanpa dibilas setiap kali setelah mencuci dan mengkondisikan rambut akan memberikan perlindungan tambahan dan membantu memperbaiki kondisi rambut yang rentan rusak.

4. Pakai Handuk Mikrofiber

Bungkus rambut Anda dengan handuk mikrofiber untuk membantu mengeringkannya lebih cepat. Ini membantu mengurangi waktu yang Anda habiskan untuk mengeringkan rambut dengan hairdryer.

5. Hindari perawatan minyak panas

Beberapa perawatan yang ada di salon memerlukan adanya minyak dalam memanaskan rambut, hal ini dapat merusak rambut yang rapuh.

6. Hindari mewarnai rambut dan pelurusan kimia

Saat Anda ingin menggunakan produk-produk ini, carilah salon yang mengkhususkan diri dalam layanan yang inginkan dan memiliki profesional yang tahu cara memeriksa kulit kepala dan rambut untuk menemukan produk yang paling cocok.

Pastikan salon menggunakan kondisioner pelembap setelahnya.

7. Batasi penggunaan alat dengan suhu panas

Penggunaan catokan, alat pelurus rambut, dan sisir panas, gunakan hanya saat acara khusus, seperti pernikahan atau wawancara kerja. Alat-alat ini memanaskan rambut Anda, yang dapat melemahkannya.

8. Pakai pengaturan terendah hairdryer

Jika memungkinkan, biarkan rambut Anda mengering secara alami daripada menggunakan hairdryer. Untuk mengulangi, membungkus rambut basah Anda dengan handuk mikrofiber dapat membantu mengeringkan rambut Anda lebih cepat.

Dengan memperhatikan langkah-langkah tersebut, Anda dapat merawat rambut Anda tanpa menyebabkan trauma atau kerusakan lebih lanjut, terutama bagi mereka yang mengalami kerontokan rambut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU

×