kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45893,43   -4,59   -0.51%
  • EMAS1.333.000 0,53%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%
AKTUAL /

Intip Bisnis yang Dilirik Warren Buffett Saat Inflasi


Minggu, 28 April 2024 / 06:16 WIB
Intip Bisnis yang Dilirik Warren Buffett Saat Inflasi
ILUSTRASI. Buffett percaya bahwa melindungi diri Anda dari inflasi mungkin dilakukan jika Anda mengikuti salah satu filosofi intinya. REUTERS/Scott Morgan

Reporter: Barratut Taqiyyah Rafie | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

PETUAH WARREN BUFFETT - Warren Buffett merupakan salah satu orang terkaya dunia. Tidak seperti beberapa miliarder sezamannya, CEO Berkshire Hathaway ini tampaknya menikmati hidup sederhana.

Selain itu, strateginya untuk berinvestasi secara cerdas dan cara Buffett mengumpulkan kekayaan tidak terlalu rumit — bahkan pada saat inflasi.

Melansir Money Wise, meskipun sangat sedikit orang yang memiliki kehebatan berinvestasi seperti Buffett, miliarder ini percaya bahwa melindungi diri Anda dari inflasi masih mungkin dilakukan jika Anda mengikuti salah satu filosofi intinya.

“Hal terbaik yang dapat Anda lakukan adalah menjadi sangat ahli dalam suatu hal,” katanya pada rapat pemegang saham tahunan Berkshire Hathaway beberapa tahun lalu. 

Dia menambahkan, “[Orang-orang] akan memberi Anda sebagian dari apa yang mereka hasilkan sebagai imbalan atas apa yang Anda berikan.”

Buffett mengatakan Anda dapat mengurangi dampak inflasi dengan berfokus pada perbaikan diri terus-menerus dan tetap menjadi yang terdepan di bidang pilihan Anda.

“Kemampuan apa pun yang Anda miliki tidak dapat diambil dari Anda. Mereka tidak bisa dibesar-besarkan jauh dari Anda. Investasi terbaik sejauh ini adalah segala sesuatu yang dapat mengembangkan diri Anda sendiri, dan tidak dikenakan pajak sama sekali,” paparnya.

Baca Juga: Warren Buffett: Awan Gelap Ekonomi Bakal Turunkan Hujan Emas

Itu bisa berarti mendapatkan gelar sarjana, menyelesaikan kursus pelatihan, bekerja dengan seorang mentor, atau sekadar membaca lebih banyak dan mendidik diri sendiri tentang berbagai budaya, bahasa, inovasi, dan sebagainya.

Buffett mengatakan Anda tidak perlu bersusah payah mengejar keterampilan yang tidak bermanfaat bagi Anda, terutama di masa inflasi yang sulit ini. 

Sebaliknya, lanjut Buffett, Anda harus berusaha melakukan aktivitas sehari-hari dengan sangat baik. Misalnya, komunikasi yang kuat adalah salah satu keterampilan terpenting yang ada.

“Salah satu cara mudah untuk menjadi bernilai setidaknya 50% lebih tinggi dari Anda sekarang… adalah dengan mengasah keterampilan komunikasi Anda,” katanya.

Buffett menambahkan, “Jika Anda tidak dapat berkomunikasi, itu seperti mengedipkan mata pada seorang gadis dalam kegelapan – tidak terjadi apa-apa. Anda dapat memiliki semua kekuatan otak di dunia, tetapi Anda harus mampu mentransmisikannya, dan transmisinya adalah komunikasi.”

Tentu saja, bertahan di masa inflasi memerlukan lebih dari sekadar keterampilan komunikasi yang kuat. Setelah Anda berinvestasi pada diri Anda sendiri, Anda mungkin ingin mempertimbangkan untuk berinvestasi pada beberapa lindung nilai populer lainnya terhadap inflasi.

Baca Juga: Penulis Biografi: Warren Buffett Prediksi Kejatuhan Sektor Perumahan

Real Estate

Melansir Money Wise, real estat umumnya merupakan “investasi yang baik” selama masa inflasi, menurut Buffett.

Dia menjelaskan: “Ini adalah bisnis yang Anda beli sekali dan kemudian Anda tidak perlu terus melakukan investasi modal setelahnya… jadi, Anda tidak menghadapi masalah investasi ulang terus-menerus yang melibatkan dolar yang semakin besar karena inflasi.

“Jika Anda membangun rumah Anda 55 tahun yang lalu seperti yang dilakukan Charlie [Munger], atau membangun rumah Anda 55 tahun yang lalu seperti yang saya lakukan, itu adalah pengeluaran satu kali … dan Anda mendapatkan ekspansi inflasi dalam modal pengganti tanpa harus mengganti diri Anda sendiri.”

Bisnis terburuk saat inflasi

Market Watch memberitakan, Ketua dan CEO Berkshire Hathaway Warren Buffett, selama rapat pemegang saham 2015, mencatat bahwa:  

“Bisnis terbaik selama inflasi adalah bisnis yang Anda beli sekali dan kemudian Anda tidak harus terus melakukan investasi modal setelahnya.”  

Baca Juga: Warren Buffett Bocorkan 12 Hal yang Bikin Hidup Seseorang Selalu Miskin

Di sisi lain, bisnis yang harus dihindari adalah: 

“Bisnis apa pun dengan investasi modal besar.”  

Warren Buffett menyoroti real estat sebagai barang bagus selama inflasi, yang dapat Anda beli sekali dan kemudian juga mendapatkan kenaikan nilainya.  

Sementara itu Warren Buffett menyebut bisnis seperti utilitas dan rel kereta api sebagai investasi yang tidak baik selama inflasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Practical Business Acumen Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

×