kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.326.000 0,53%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%
AKTUAL /

Manfaat Air Lemon Untuk Kesehatan, Cocok Diminum Saat Buka Puasa


Jumat, 29 Maret 2024 / 13:27 WIB
Manfaat Air Lemon Untuk Kesehatan, Cocok Diminum Saat Buka Puasa
ILUSTRASI. Air lemon

Penulis: Ryan Suherlan

Manfaat Air Lemon - Manfaat air lemon untuk kesehatan bisa didapatkan jika dikonsumsi secara rutin. Selain itu, air lemon juga cocok diminum saat buka puasa.

Air lemon, dengan rasa segarnya yang khas, bukan hanya minuman penyegar biasa. Pasalnya, air lemon bisa diolah menjadi berbagai jenis minuman yang enak dikonsumsi.

Kombinasi air dan perasan lemon memiliki sejumlah manfaat kesehatan yang luar biasa, membuatnya menjadi pilihan yang cerdas untuk diperkenalkan ke dalam rutinitas harian Anda.

Baca Juga: Manfaat Air Rebusan Daun Salam Untuk Kesehatan, Apa Saja?

Melansir dari WebMD, air lemon mengandung vitamin C dan antioksidan dan membantu penurunan berat badan.

Selain itu, berikut berbagai manfaat air lemon untuk kesehatan:

Sumber Antioksidan Tinggi

Lemon mengandung vitamin C, sejenis antioksidan yang membantu melawan radikal bebas dalam tubuh. Antioksidan berperan penting dalam melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan oksidatif dan mendukung sistem kekebalan tubuh.

Detoksifikasi Tubuh

Air lemon dapat membantu membersihkan tubuh dari toksin dan limbah. Kandungan asam sitrat dalam lemon merangsang enzim pencernaan, membantu proses detoksifikasi alami tubuh, dan meningkatkan fungsi hati.

Baca Juga: Kenali 8 Manfaat Bawang Bombay Untuk Kesehatan Jika Diolah Dengan Baik

Meningkatkan Hidrasi

Hidrasi tubuh yang cukup adalah kunci utama kesehatan. Menambahkan sedikit rasa lemon pada air dapat membuatnya lebih menarik dan meningkatkan niat untuk minum lebih banyak, membantu menjaga tubuh tetap terhidrasi.

Penyokong Pencernaan

Asam sitrat dalam lemon tidak hanya mendukung detoksifikasi, tetapi juga merangsang produksi cairan pencernaan dan enzim. Ini dapat membantu mengurangi masalah pencernaan seperti sembelit dan menjaga kesehatan sistem pencernaan.

Peningkatan Energi

Air lemon mengandung elektrolit dan vitamin B yang dapat memberikan dorongan energi alami. Minuman ini dapat membantu mengatasi kelelahan dan meningkatkan fokus, terutama saat dikonsumsi di pagi hari.

Baca Juga: Sering Ada di Kue Lebaran, Ini 6 Manfaat Kismis Untuk Kesehatan

Menjaga Berat Badan Ideal

Kandungan serat dalam lemon dapat memberikan rasa kenyang, yang dapat membantu mengontrol nafsu makan. Air lemon rendah kalori dan dapat menjadi alternatif sehat untuk minuman bersoda atau berenergi.

Mendukung Kesehatan Kulit

Vitamin C dalam lemon membantu dalam produksi kolagen, protein yang penting untuk kekencangan kulit. Konsumsi air lemon secara teratur dapat membantu menjaga kulit tetap sehat dan bercahaya.

Menyegarkan Napas

Aroma segar lemon dapat membantu mengurangi bau mulut dan memberikan napas yang lebih segar. Ini bisa menjadi solusi alami untuk mengatasi masalah bau mulut.

Baca Juga: Manfaat Olahraga Angkat Beban Untuk Kesehatan, Ada 6 Hal Menarik

Menurunkan Risiko Batu Ginjal

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa konsumsi air lemon dapat membantu mencegah pembentukan batu ginjal. Kandungan asam sitratnya dapat membantu menghambat pembentukan kristal yang menyebabkan batu ginjal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU

×