kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45900,82   11,02   1.24%
  • EMAS1.333.000 0,45%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%
AKTUAL /

Manfaat Air Rebusan Daun Salam Untuk Kesehatan, Apa Saja?


Kamis, 28 Maret 2024 / 22:35 WIB
Manfaat Air Rebusan Daun Salam Untuk Kesehatan, Apa Saja?
ILUSTRASI. daun salam

Penulis: Ryan Suherlan

KONTAN.CO.ID - Manfaat air rebusan daun salam untuk kesehatan bisa didapatkan dengan mudah. Namun, takaran rebusan daun salam juga perlu diperhatikan untuk bisa memaksimalkan manfaat yang didapatkan.

Daun salam, yang biasa digunakan sebagai bumbu dapur, tidak hanya memberikan aroma harum pada masakan, tetapi juga memiliki sejumlah manfaat kesehatan yang luar biasa. 

Masyarakat telah lama mengenal khasiat daun salam, dan salah satu cara paling umum untuk mengekstrak manfaatnya adalah melalui air rebusan daun salam. 

Baca Juga: Manfaat Biji Semangka Untuk Kesehatan, Ada 9 Hal Tidak Terduga

Melansir dari Healthshots, air rebusan daun salam membantu pergerakan usus yang lebih baik dan membantu pencernaan yang lebih baik.

Untuk lebih jelasnya, berikut beberapa manfaat air rebusan daun salam di antaranya:

Menyehatkan Sistem Pencernaan

Air rebusan daun salam dapat membantu meningkatkan kesehatan sistem pencernaan. Kandungan seratnya membantu memperlancar pencernaan, mengurangi risiko sembelit, dan mendukung fungsi usus yang sehat.

Baca Juga: Cocok Jadi Takjil, Ini 9 Manfaat Jus Pisang Untuk Kesehatan

Menurunkan Kolesterol

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa daun salam dapat membantu menurunkan kadar kolesterol. Senyawa aktif dalam daun salam dapat mengikat kolesterol LDL (kolesterol jahat) dan membantu mengeluarkannya dari tubuh.

Mengontrol Gula Darah

Rebusan daun salam diketahui memiliki efek positif pada kontrol gula darah. Ini dapat membantu penderita diabetes dalam mengelola kadar gula darah mereka. Meskipun bukan pengganti pengobatan medis, konsumsi rutin dapat memberikan dukungan tambahan.

Anti-inflamasi

Daun salam mengandung senyawa anti-inflamasi yang dapat membantu mengurangi peradangan dalam tubuh. Ini bermanfaat untuk mengurangi risiko penyakit inflamasi, seperti arthritis.

Baca Juga: Kenali 7 Manfaat Buncis Untuk Kesehatan Jika Dikonsumsi Secara Rutin

Pengelolaan Berat Badan

Serat dalam daun salam dapat memberikan rasa kenyang lebih lama, membantu mengendalikan nafsu makan, dan dengan demikian, mendukung upaya pengelolaan berat badan.

Antioksidan dan Perlindungan Sel

Daun salam mengandung antioksidan yang melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan oksidatif. Antioksidan membantu melawan radikal bebas dan mendukung kesehatan sel secara keseluruhan.

Mengatasi Gangguan Pernapasan

Khasiat anti-inflamasi dan antimikroba dalam daun salam dapat membantu meredakan gangguan pernapasan, seperti batuk dan pilek. Rebusan daun salam dapat digunakan sebagai obat alami untuk meredakan gejala.

Baca Juga: Manfaat Jahe Putih Untuk Kesehatan, Ada 7 Hal Menarik

Meningkatkan Kesehatan Jantung

Dengan kemampuannya dalam menurunkan kadar kolesterol dan memiliki efek anti-inflamasi, rebusan daun salam dapat mendukung kesehatan jantung secara keseluruhan, mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.

Mengurangi Stres

Aroma daun salam diketahui memiliki efek menenangkan, yang dapat membantu mengurangi tingkat stres dan meningkatkan suasana hati.

Peningkatan Kekebalan Tubuh

Kandungan nutrisi dalam daun salam, seperti vitamin A dan C, dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, membuat tubuh lebih tahan terhadap infeksi dan penyakit.

Sebelum mengintegrasikan rebusan daun salam ke dalam rutinitas harian, disarankan untuk berkonsultasi dengan profesional kesehatan, terutama bagi mereka yang memiliki kondisi medis tertentu atau sedang mengonsumsi obat-obatan tertentu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

×