kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45909,32   10,54   1.17%
  • EMAS1.325.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%
AKTUAL /

Manfaat Kacang Panjang Untuk Kesehatan, Ada 10 Hal Menarik


Sabtu, 30 Maret 2024 / 08:00 WIB
Manfaat Kacang Panjang Untuk Kesehatan, Ada 10 Hal Menarik
ILUSTRASI. Kacang panjang

Penulis: Ryan Suherlan

KONTAN.CO.ID - Manfaat kacang panjang untuk kesehatan tubuh bisa didapatkan dengan mudah bisa diolah dan dikonsumsi dengan benar. Tidak hanya itu, manfaat kacang panjang juga telah terbukti khasiatnya.

Selain itu, cara mengkonsumi kacang panjang juga perlu diperhatikan untuk bisa mendapatkan manfaat kacang panjang secara maksimal.

Tidak hanya itu, kacang panjang juga bisa diolah menjadi berbagai jenis makanan yang enak dikonsumsi.

Baca Juga: Manfaat Air Lemon Untuk Kesehatan, Cocok Diminum Saat Buka Puasa

Melansir dari WebMD, kacang panjang kaya akan serat, yang merupakan nutrisi penting yang dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung dengan menurunkan kadar kolesterol LDL (kolesterol jahat).

Selain itu, berikut berbagai manfaat kacang panjang untuk kesehatan:

Kaya akan Nutrisi Penting

Kacang panjang mengandung sejumlah nutrisi penting seperti vitamin A, C, dan K. Vitamin A penting untuk kesehatan mata, vitamin C berperan dalam sistem kekebalan tubuh, dan vitamin K membantu dalam pembekuan darah dan kesehatan tulang.

Baca Juga: Apa Manfaat Bengkuang Untuk Kesehatan? Catat 7 Hal Ini

Sumber Serat yang Baik

Kacang panjang kaya akan serat, baik serat larut maupun tidak larut. Serat membantu menjaga kesehatan saluran pencernaan, mencegah sembelit, dan mengatur kadar gula darah. Konsumsi serat juga dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung.

Mengandung Antioksidan

Kacang panjang mengandung antioksidan, seperti flavonoid dan karotenoid, yang membantu melawan radikal bebas dalam tubuh. Antioksidan ini dapat membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan oksidatif yang dapat menyebabkan berbagai penyakit kronis.

Menyediakan Zat Besi

Kacang panjang merupakan sumber zat besi, yang penting untuk pembentukan hemoglobin dalam darah. Hemoglobin membantu transportasi oksigen ke seluruh tubuh, dan kekurangan zat besi dapat menyebabkan anemia.

Baca Juga: 7 Tempat Wisata di Bandung Cocok Untuk Liburan Lebaran 2024

Mendukung Kesehatan Jantung

Serat, vitamin, dan antioksidan dalam kacang panjang dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung. Konsumsi sayuran ini secara teratur dapat membantu menjaga kesehatan pembuluh darah, menurunkan tekanan darah, dan mengurangi kadar kolesterol.

Membantu Pengelolaan Berat Badan

Kacang panjang rendah kalori dan mengandung serat tinggi, sehingga dapat menjadi pilihan makanan yang baik untuk membantu pengelolaan berat badan. Serat membantu memberikan rasa kenyang lebih lama, sehingga dapat mengurangi keinginan untuk ngemil.

Menjaga Kesehatan Mata

Kandungan vitamin A dalam kacang panjang dapat mendukung kesehatan mata. Vitamin A diperlukan untuk menjaga kejernihan penglihatan dan mencegah masalah mata seperti rabun senja.

Baca Juga: Segar Untuk Buka Puasa, Ini 8 Manfaat Jus Apel untuk Kesehatan Tubuh

Mendukung Kesehatan Tulang

Vitamin K yang terdapat dalam kacang panjang memiliki peran penting dalam pembentukan dan pemeliharaan tulang. Ini dapat membantu mencegah osteoporosis dan menjaga kekuatan tulang.

Mengandung Asam Folat

Kacang panjang merupakan sumber asam folat, yang sangat penting selama kehamilan untuk mencegah kelainan pada janin. Asam folat juga diperlukan untuk produksi sel-sel darah dan pertumbuhan jaringan.

Mengurangi Risiko Diabetes

Kacang panjang dapat membantu mengatur kadar gula darah karena seratnya yang tinggi. Ini dapat membantu mengurangi risiko diabetes tipe 2 dan membantu dalam pengelolaan kondisi ini.

Penting untuk dicatat bahwa untuk mendapatkan manfaat maksimal, konsumsilah kacang panjang bersamaan dengan pola makan seimbang dan gaya hidup sehat secara umum. Selalu konsultasikan dengan ahli gizi atau profesional kesehatan sebelum membuat perubahan signifikan dalam pola makan Anda.

Selanjutnya: Intip Mobil Bekas Tahun 90an untuk Mudik Lebaran, Ada Toyota hingga Daihatsu

Menarik Dibaca: Yuk, Intip Cara Cepat Menaikkan Gula Darah Berikut Ini, Tertarik Coba?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

×