kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45900,82   11,02   1.24%
  • EMAS1.333.000 0,45%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%
AKTUAL /

Apa Manfaat Bengkuang Untuk Kesehatan? Catat 7 Hal Ini


Jumat, 29 Maret 2024 / 13:26 WIB
Apa Manfaat Bengkuang Untuk Kesehatan? Catat 7 Hal Ini
ILUSTRASI. Bengkuang

Penulis: Ryan Suherlan

Manfaat Bengkuang Untuk Kesehatan - Manfaat bengkuang untuk kesehatan tubuh bisa didapatkan jika dikonsumsi secara rutin. Selain itu, bengkuang juga memiliki manfaat yang telah teruji khasiatnya.

Bengkuang, atau yang sering disebut sebagai singkong Thailand, adalah buah yang sering diabaikan namun kaya akan manfaat untuk kesehatan tubuh. 

Selain itu, bengkuang juga memiliki rasa yang khas dan bisa diolah menjadi berbagai jenis makanan yang enak untuk dikonsumsi.

Baca Juga: Manfaat Air Rebusan Daun Salam Untuk Kesehatan, Apa Saja?

Melansir dari WebMD, bengkuang kaya serat yang bisa mencegah sembelit, menurunkan kolesterol, dan mengurangi risiko terkena kanker usus besar serta penyakit jantung.

Untuk lebih jelasnya, berikut beberapa manfaat bengkuang untuk kesehatan:

Kaya Serat

Bengkuang mengandung serat tinggi, yang sangat bermanfaat untuk pencernaan. Serat membantu mengurangi risiko sembelit, mempromosikan pergerakan usus yang sehat, dan mendukung penyerapan nutrisi dalam tubuh. Konsumsi yang cukup serat juga dapat membantu menjaga berat badan dan mengontrol kadar gula darah.

Baca Juga: Kenali 8 Manfaat Bawang Bombay Untuk Kesehatan Jika Diolah Dengan Baik

Menyediakan Antioksidan

Buah bengkuang mengandung antioksidan seperti vitamin C dan flavonoid. Antioksidan berperan dalam melawan radikal bebas dalam tubuh yang dapat merusak sel-sel dan menyebabkan berbagai penyakit. Dengan mengonsumsi bengkuang secara teratur, Anda dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan menjaga kesehatan sel-sel Anda.

Mendukung Kesehatan Kulit

Kandungan vitamin C dalam bengkuang tidak hanya membantu melawan radikal bebas, tetapi juga merangsang produksi kolagen. Kolagen adalah protein yang penting untuk elastisitas kulit, sehingga konsumsi bengkuang dapat membantu menjaga kelembapan kulit, mengurangi kerutan, dan memberikan tampilan kulit yang lebih sehat.

Menurunkan Tekanan Darah

Bengkuang mengandung kalium, mineral yang berperan dalam menjaga keseimbangan cairan dan tekanan darah. Dengan menjaga tekanan darah tetap normal, Anda dapat mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke. Oleh karena itu, konsumsi bengkuang dapat menjadi bagian dari pola makan yang mendukung kesehatan kardiovaskular.

Baca Juga: Sering Ada di Kue Lebaran, Ini 6 Manfaat Kismis Untuk Kesehatan

Membantu Manajemen Berat Badan

Bengkuang rendah kalori dan mengandung serat, sehingga cocok untuk mereka yang ingin menjaga atau menurunkan berat badan. Serat membantu memberikan rasa kenyang lebih lama, yang dapat mengurangi keinginan untuk ngemil atau makan berlebihan.

Mendukung Kesehatan Mata

Kandungan vitamin A dalam bengkuang mendukung kesehatan mata. Vitamin A penting untuk menjaga kesehatan retina dan dapat membantu mencegah masalah penglihatan seperti rabun senja. Konsumsi bengkuang dapat menjadi tambahan yang baik untuk menjaga kesehatan mata Anda.

Baca Juga: Manfaat Buah Ceri Untuk Kesehatan, Ada 8 Hal Menarik

Menjaga Kesehatan Tulang

Kandungan mineral seperti tembaga, mangan, dan seng dalam bengkuang berperan penting dalam menjaga kesehatan tulang. Mineral-mineral ini mendukung pembentukan tulang dan menjaga kepadatan tulang, sehingga dapat membantu mencegah osteoporosis.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

×